Perencanaan dalam manajemen industri

  • Published on
    16-Apr-2017

  • View
    500

  • Download
    6

Transcript

PERENCANAAN DALAM MANAJEMEN INDUSTRI

PERENCANAAN DALAM MANAJEMEN INDUSTRIDi susun Oleh :Hani Prasetyo1410502060Ryan Try Prasetyo1410502079Andhi Setyo P.1410502046Imam Ibnu P.1410502057Muhamad Amin1410602069

Fakultas teknikUniversitas Tidar2015

Perencanaan merupakan proses dimana manajemen merumuskan suatu tujuan dan bagaimana cara untuk dapat mencapainya, proses perencaan terjadi disemua tipe.Jadi perencan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan kepeutusan selanjutnya tentang apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana dan oleh siapa. Adapun perencanaan merupakan proses yang tidak berakhir bila rencana tersebut telah ditetapkan bahkan disahkan dan rencana harus diimplemntasikan.

Tahap- Tahap Perencanaan Semua kegiatan perencanaan pada dasarnya melalui empat tahap, yaitu:

Tahap 1: Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan. Tahap 2: Merumuskan keadaan sekarang/saat ini. Tahap 3: Mengidentifikasikan segala kemudahan dan hambatan yang dapat terjadi. Tahap 4: Mengembangkan rencana ataupun serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan.

Alasan Perlunya PerencanaanSetiap perencanaan kadang-kadang memiliki suatu kelemahan, tetapi manfaat yang didapat dari proses perencanaan jauh lebih banyak. Oleh karana itu, perencanaan tidak hanya seharusnya dilakukan, tetapi memang harus dilakukan. seperti yang telah ketahui, fungsi-fungsi manajemen tidak akan berjalan tanpa adanya suatu proses perencanaan.

How Did We Get Here?Any relevant historical informationOriginal assumptions that are no longer valid

Tahap perencanaan dalam manajemen

Tipe Perencanaan dan RencanaPerencanaan dan rencana dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara yang berbeda, adapun paling tidak lima dasar pengklarifikasian perencanaan, seperti berikut:Bidang FungsionalTingkat OrganisasiKarakteristik PerencanaanWaktuUnsur-unsur Rencana.

Adapun tipe rencana antara lain:Rencana-rencana strategik.Rencana operasional.Rencana sekali pakai.Rencana tetap.

Perencanaan StrategikPerencanaan strategik ialah suatu proses pemilihan tujuan-tujuan organisasi, penentuan strategi, kebijaksanaan, program-program yang diperlukan dan penetapan metode yang diperlukan untuk menjamin bahwa strategi dan kebijaksanaan telah diimplementasikan

langkah-langkah proses penyusunan rencana strategik dapat diuraikan sebagai berikut:Penentuan misi dan tujuan.Pengembangan profil perusahaan.Analisa lingkungan external (luar peruahaan).Analisa lingkungan internal yang meliputi kekuatan serta kelemahan dalam organisasi.Mengidentifiksi kesempatan maupun ancaman strategik.Pembuatan keputusan strategik.Pengembangan strategi perusahaan.Implementasi strategi.Peninjauan kembali dan evaluasi

Keunggulan dan Kelemahan Rencana Strategik

Setiap perencanaan biasanya memiliki suatu keunggulan maupun kelemahan dalam pelaksanaanya, begitupun dengan rencana strategik. Kelebihan dari rencana ini ialah memiliki dasar pedoman yang konsisten bagi organisasi. Sedangkan kelemahannya yaitu dalam proses perencanaannya kadang-kadang cenderung membatasi organisasi terhadap pilihan yang rasional dan cenderung bebas resiko.

Hambatan-Hambatan Perencanaan

Kurangnya pengetahuan tentang organisasi. Kurang memahami lingkungan (internal dan external). Ketidak mampuan melakukan prediksi secara efektif. Kesulitan perencanaan operasi-operasi yang sekali pakai. Terkendala biaya. Takut gagal atau kurang percaya diri. Ketidak sediaan untuk menyingkirkan tujuan-tujuan alternatif (jalan pintas)

Kriteria Penilaian Efektifitas Rencana

Kegunaan.Ketepatan.Ruang Lingkup.Efektifitas Penggunaan Biaya.Akuntabilitas.Ketepatan Waktu

SEKIAN DAN TERIMAKASIH