Mos juli 2015 (1)

  • Published on
    26-Jul-2016

  • View
    280

  • Download
    6

DESCRIPTION

coba ajaaa

Transcript

  • Editor-in-Chief: Riadi SoegionoEditor:Iskandar MudaEditorial Staff:Iqbal Reza, Nurul,Teguh AfriantoDesign & Layout:T. Klaresta & TungManaging Director:JhoniBusiness Director:FranandezAccount Director:Via WinataSocial Media Manager:Dennis Agustinus

    Advertising:marketing@majalahmos.com

    Inquiries:info@majalahmos.com

    Mobile Operating System | Applications | Games

    DisclaimerThe publisher cannot accept responsibility for any unsolicited material lost or dam-aged in the post or email. All text and layout is the copyright of MOS Magazine. Noth-ing in this magazine may be reproduced in whole or part without the written permis-sion of the publisher. All copyrights are recognised and used specifically for the purpose of criticism and review. Although the magazine has endeavoured to ensure all information is correct at time of published, prices and availability may change. This magazine is fully independent and not affiliated in any way with the companies mentioned herein.

    If you submit material to MOS Magazine via post, email, social network or any other means, you automatically grant MOS Mag-azine an irrevocable, perpetual, royalty-free license to use the images across its entire portfolio, in print, online and digital, and to deliver the images to existing and future clients, including but not limited to international licensees for reproduction in international, licensed editions of MOS Magazine products. Any material you sub-mit is sent at your own risk and, although every care is taken, neither MOS Magazine nor its employees shall be liable for the loss or damage

    3

    moswelcome toJULI 2015 | EDISI II

    Jl. K.H. Moh. Mansyur No.24Jakarta 10140 - IndonesiaTelephone: +6221 3222 3333Website: www.majalahmos.comWhatsapp: +62822 82222 333Line: majalahmosBBM: 57585829

    Mobile Operating System | Applications | Games

    mos

    STALK US @majalahMOS

    Available at following platforms

    Hey MOSer! Terima kasih ya sudah mengunduh majalah MOS. Bagi yang baru pertama kali membaca MOS dan ingin memberikan kritik serta saran, jangan sungkan untuk langsung kirim email ke mos@majalahmos.com dan tumpahin deh uneg-unegnya. Mau jadi kontributor? Boleh banget. Kirim contoh tulisan yang pernah dibuat dan apabila cocok dengan gaya penulisan di majalah MOS maka kami akan pertimbangkan untuk masuk pada edisi berikutnya.

    Edisi kedua ini, majalah MOS menampilkan artikel-artikel yang bertemakan Ramadan dan Lebaran. Dari pembahasan mengenai aplikasi yang mempermudah mencari makanan berbuka, aplikasi shalat yang keren, aplikasi penyerta untuk menjadikan mudik lebih asyik, aplikasi pemantau rumah yang ditinggal mudik, review headphone yang keren atau ikutin tutorial bikin wajah jadi lebih cantik di Hijab Make-up Salon. Buat penggila game, simak rubrik PlayTime yang akan kasih contekan buat pemula untuk memainkan Brave Frontier jadi lebih menarik.

    Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah.

    Riadi SoegionoEditor-in-Chief

    Available at the following platforms

  • 4CONTENTS JULI 2015 | EDISI IINEWCOMER

    ADVETORIAL

    FEATURE6

    38

    10

    168

    Glitchr

    Dagelan Rilis Mobile Game Perdana Bertajuk Dazzle

    Aplikasi Pemantau Rumah SaatDitinggal Mudik

    Kitchen Stories

    Moleskine Timepage

    Twicer

    Aplikasi Memasak All-in-one,Lebih Menggugah!

    Aplikasi Agenda Pintar Bukan Sekadar Beauty & Brains

    Aplikasi Video Recorder yang Simple & Smart

    Aplikasi Penunjang Bulan Ramadan

    28 Membedah Android M Lebih Dalam

    32 Aplikasi Penangkal Lapar

    Sulap Barang Bekas Jadi Uang Lewat Aplikasi Ini

    22 Aplikasi Pilihan Pendamping Ngabuburit

    36

  • 5TIPS&TRICK

    TUTORIAL

    PLAYTIME

    GADGET

    PROFILE

    NEWSVERSUS

    54

    64

    65

    66

    67

    68

    78

    82

    83

    62

    55

    56

    58

    59

    71 74

    72 7573

    76

    60

    Blokir Iklan Mengganggu Dengan Adblock Browser

    Sharp AquosCrystal SH825Wi

    Asus Zenfone Selfie ZD551KL

    Samsung Galaxy Tab E 9.6

    Lily Camera

    Indovidgram

    Sony Cybershot RX10 II

    Acer Revo One RL85

    DX0 One

    VIVO X5 Pro

    BraveFrontier

    Game Kerap Forced Closed?Pakai Clean Master (Boost & AppLock)

    Cara Mudah Percantik Wajah Dengan Perfect365

    Hijab Make Up Salon

    Sulap Foto Bidikan Smartphone Jadi Sekualitas DSLR

    Cara Cerdas Selamatkan iPhone yang Terendam Air

    Lebih Intim Dengan Windows Phone

    Tips Menghemat Baterai iPhone 6

    Mudik Pintar Pakai Smartphone

    Tips Melacak Android yang Hilang

    Maksimalkan Fitur Accesibility Pada Android

    Cara Instal Windows 10 Technical Preview - Gratis

  • Glitchr

    Efek Gameboy

    Untuk efek yang tersedia, Anda bisa memakai efek Original Gameboy, dimana foto Anda akan disulap menjadi ala tampilan retro Nintendo Gameboy. Lalu, Anda juga bisa mengoptimalkan foto Anda dengan efek Gameboy Camera. Hasilnya tidak terlalu jauh berbeda dengan efek Original Gameboy, namun yang pasti efek ini akan `menurunkan kualitas` gambar yang ada di foto Anda, mengingat Gameboy Camera menghasilkan foto beresolusi rendah.

    NEWCOMER

    Aplikasi ini cocok bagi yang gemar memberikan efek foto pada hasil jepretan sendiri. Glitchr memberikan efek yang tidak biasa dan berbeda dari aplikasi photo editing lainnya. Glitchr hadir secara ekslusif di Android dengan menghadirkan segudang filter dan tools yang dapat menyulap foto Anda menjadi unik, dengan sentuhan distorsi yang terkesan aneh namun menarik.

    Tampilan user interface pada aplikasi ini terlihat `sederhana` dan dikemas dengan balutan grafik dua dimensi (2D). Mungkin sang developer, Apporio, ingin menyuguhkan kesan retro pada penggunanya agar sesuai dengah tools efek yang diberikan.

    Anda bisa memberikan efek khusus pada foto yang telah dibidik lewat smartphone. Beberapa efek yang ditawarkan Glitvhr bervariasi dan menghadirkan keunikan tersendiri. Bahkan Anda bisa menggabungkan efek-efek yang tersedia di aplikasi ini untuk memberikan elemen unik pada foto Anda. (im)

    Developer: Apporio

    OS: Android

    Price: Free

    4.1 of 5

    6

  • 7Berikutnya, masih di cakupan filter Nintendo, efek yang bisa digunakan adalah NES Effect. Jika Anda pernah memainkan game Nintendo Entertainment System, pastinya Anda tahu gambar yang diperlihatkan seperti apa. Ya, foto Anda akan dibalut dalam tampilan bit retro yang begitu unik dan berkarakter. Selain NES Effect, Anda bisa memoles foto dengan memberikan efek ASCII Art, dimana foto Anda akan disulap menjadi gambar hitam putih dengan pikselasi yang rendah.

    Efek 3D dan VHS

    Berikutnya ada efek 3D Anaglyph, yang menghasilkan efek tampilan 3D seperti pada saat Anda menonton film 3D di bioskop tanpa menggunakan kacamata 3D. Jika belum puas dengan efek 3D Anaglyph tersebut, Anda masih bisa mengubahnya ke efek VHS, dimana foto Anda akan diubah menjadi tampilan video VHS zaman dulu lengkap dengan

    Efek ZX Spectrum

    Efek selanjutnya yang patut Anda coba adalah ZX Spectrum. Efek ini lebih bermain ke warna kontras, namun menurunkan pikselasi foto sehingga menghasilkan gambar resolusi rendah ala game retro. Mirip dengan NES, namun efek ini terlihat lebih berani dengan memainkan warna terang. Yup, aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengubah foto-foto menjadi lebih unik dan memiliki karakteristik art yang kuat. Secara keseluruhan, Glitchr sepertinya ingin menjadi salah satu aplikasi unik di ranah Android. Interface-nya bisa dibilang agak aneh, namun itulah yang ingin Glitchr tampilkan untuk menjadi aplikasi `berkarakter` yang bisa dipakai penggunanya yang segmented, yakni para pengguna yang mencintai dunia seni dan video game.

    NEWCOMER

    hiasan garis distorsi. Efek yang berikutnya adalah Glitch Art Effect, dimana akan memberikan sentuhan yang mirip dengan efek VHS, namun lebih `rusak` dan dapat memberikan karakter foto absurd yang begitu kuat di hasil foto bidikan Anda. Efek ini biasa digunakan di foto selfie agar memberikan citra art yang begitu kental. Cukup tematik dan menarik, bukan? (im)

    Aplikasi ini gratis dan tidak ada iklan ataupun konten In-App Purchases. Hasil foto yang dipoles pun sangat unik, sesuai dengan karakter dari masing-masing efek.

    Glitchr sepertinya harus menghadirkan update dengan memberikan lebih banyak efek yang unik dan menarik.

    -

    Kesimpulan

  • 8NEWCOMER

    Kitchen Stories

    Twicer

    Aplikasi Memasak All-in-one, Lebih Menggugah!

    Aplikasi Video Recorder Yang Simple & Smart

    Developer: Apporio

    OS: Android

    Price: Free

    4.1 of 5

    Developer: Kitchen Stories

    OS: Android. iOS

    Price: Free

    4.5 of 5

    Developer: Apporio

    OS: Android

    Price: Free

    4.1 of 5

    Developer: Kwarter Inc

    OS: iOS

    Price: Free

    4.4 of 5

    Bagi Anda penggila kuliner dan bingung ingin memasak apa untuk hidangan buka puasa ataupun santap sahur, aplikasi Kitchen Stories bisa menjadi alternatif jitu bagi Anda yang butuh panduan lengkap dari A-Z terkait resep makanan apa yang dibutuhkan.Aplikasi ini mengusung konsep All-in-one dimana Anda tak hanya duduk manis melihat video pembuatan resep makanan yang diinginkan. Di sini Anda bisa melihat video How-To yang mengajarkan Anda dasar-dasar memasak dan ilmu dapur, lalu Anda juga bisa membuat resep sendiri dan berbagi dengan teman Anda lewat aplikasi ini.

    Kitchen Stories merupakan aplikasi kuliner yang bisa dibilang berbeda dengan aplikasi lainnya. Tak hanya mendompleng desain antarmuka yang begitu interaktif dan menarik, daftar makanan yang disajikan pun bervariasi.

    Twicer merupakan aplikasi terbaru untuk perangkat iPhone dan iPod Touch, dimana pengguna dapat merekam

    Mulai dari baking food, makanan western, eastern, fusion, dessert, dan masih banyak lagi. Yummy!

    Yang menjadi keunikan aplikasi ini adalah jika Anda mengambil salah satu resep yang tersaji di aplikasi ini, maka Anda akan dihadapkan dengan tampilan resep yang begitu unik dan tidak membosankan untuk dilihat. Anda tinggal scroll down ke bawah untuk terus melihat proses masak resep tersebut sampai selesai dan bahkan langsung bisa melihat video yang disisipkan secara bersamaan. (ir)

    video menggunakan kedua kamera depan dan belakang. Aplikasi ini bahkan menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna men-share video ke berbagai macam jejaring sosial dan bahkan ke channel yang dipilih.

    Selain itu, Editors Picks yang ada di aplikasi ini akan membuat para pengguna melihat deretan konten video unik yang tersedia, tentunya direkam lewat aplikasi Twicer. Mekanisme perekaman Twicer sangat sederhana, cukup merekam

    video, tambahkan komentar, dan jangan lupa aktifkan kamera depan Anda agar wajah Anda terekam di saat yang bersamaan Anda merekam video tersebut.

    Aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik, diantaranya para pengguna dapat merekam video, meng-import video yang sudah direkam ke perangkat smartphone-nya, atau share video ke beberapa jejaring sosial yang tersedia. Bahkan bisa berkirim video privat lewat

  • 9Moleskine TimepageAplikasi Agenda Pintar Bukan Sekadar Beauty & Brains

    Developer: Apporio

    OS: Android

    Price: Free

    4.1 of 5

    Developer: Moleskine

    OS: iOS

    Price: +/- IDR 66.000

    4.4 of 5

    Bagi Anda yang sering menggunakan notebook Moleskine, pasti Anda akan familiar dengan tampilan aplikasi terbarunya yang dirilis untuk perangkat iOS ini. Ya, Moleskine Timepage memang merupakan aplikasi agenda, namun sebenarnya tidak sekadar berfungsi sebagai agenda saja. Aplikasi ini justru merupakan gabungan dari aplikasi weather, maps, kontak, dan bawaan aplikasi kalendar yang Anda miliki dan tersinkronisasi lewat Google, iCloud, dan Exchange.

    Hasilnya? Bisa dilihat sendiri, layaknya produk Moleskine, aplikasi ini hadir dengan tampilan desain yang minimalis, namun manis dan stylish. Lewat aplikasi ini, Anda bisa mengkustomisasi tampilan hari, tanggal, dan bulan berdasarkan yang Anda inginkan. Selain kalendar, fitur weather di Moleskine Timepage ini juga

    terbilang cukup sempurna.Anda bahkan bisa mengecek kondisi cuaca dalam hitungan jam, hari atau beberapa minggu dengan visualisasi cuaca yang begitu adaptif dan menarik. Timepage bahkan bisa berperan menjadi mini assistant Anda dengan mengirimkan saran kontak iOS ketika Anda ingin membuat event, mengintegrasikan lokasi Anda ketika Anda sedang membuat even atau perjanjian, mengarahkan navigasi, bahkan menghadirkan pop-up aplikasi Uber jika Anda berada di tengah jalan dan membutuhkan kendaraan. (ir)

    NEWCOMER

    aplikasi ini ke sesama teman yang menggunakan Twicer. Konsep yang diusung Twicer bisa dibilang unik dan begitu jenius, sehingga mampu mengubah pandangan para pengguna untuk dapat membuat video cerdas yang menyampaikan pesan khusus bagi yang melihatnya. (ir)

  • FEATURE

    Aplikasi Pemantau Rumah Saat

    Ditinggal MudikBagi Anda yang setiap tahunnya melaksanakan `ritual mudik` untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman saat hari raya Lebaran, tentunya merasa was-was jika meninggalkan rumah

    dalam waktu lama. Yup, faktor keamanan terhadap

    kondisi rumah dan harta benda yang ditinggal pergi

    kerap menjadi momok yang mengkhawatirkan.

    Namun, Anda tak perlu cemas karena banyak aplikasi

    smartphone yang bisa dijadikan alat pemantau rumah

    yang praktis dan terjangkau. Dari beberapa aplikasi

    monitoring yang tersedia di pasaran, setidaknya ada

    lima yang kami nilai sangat baik dan mudah digunakan.

    Berikut ini adalah aplikasi monitoring rumah yang bisa

    Anda akses setiap saat dari perangkat mobile Anda. (im)

    10

  • FEATURE

    Presence

    Aplikasi yang hanya kompatibel dengan perangkat iOS ini dapat diakses melalui koneksi Wi-Fi atau jaringan seluler dengan format video live streaming. Presence bukan hanya sekadar aplikasi berkamera video, karena dilengkapi dengan fitur pengawasan, seperti peringatan deteksi gerakan, video dua arah, dan audio. Untuk menggunakan Presence, Anda membutuhkan dua perangkat iOS, minimal berbasis sistem operasi (OS) iOS 5.0. Satu perangkat menjadi kamera, dan satu perangkatnya lagi untuk dijadikan monitor. Meskipun Presence memiliki portal web, tetapi kemampuannya terbatas - tidak dapat melihat secara real-time - hanya bisa menyajikan rekaman video setelah aplikasi mendeteksi gerakan.

    Pertama-tama, download dan instal aplikasi pada kedua perangkat iOS, membuat akun, dan memberikan permission untuk mengakses kamera yang tertanam di perangkat Anda. Setiap perangkat dapat digunakan secara bergantian, baik sebagai kamera atau monitor, dan Anda bisa

    Developer: People

    OS: iOS

    Price: Free

    4 of 5

    menghubungkannya ke banyak perangkat untuk satu akun.Agar bisa melakukan streaming video, letakkan salah satu perangkat sebagai kamera di area yang ingin Anda pantau dan pilih `Use me as a video camera` pada menu utama. Dalam mode streaming, Anda dapat menyesuaikannya sesuai keinginan, seperti mengubah nama perangkat, menyalakan deteksi gerakan, memilih fungsi remote control, dan lainnya. Anda juga dapat meredupkan layar untuk menghemat daya baterai. Untuk melihat live streaming pada perangkat yang dijadikan monitor, buka aplikasi dan tap `Camera Remote `. Proses ini tergantung dari koneksi internet yang Anda miliki. Semakin responsif koneksi internet, kian cepat pula proses monitoring tersebut. Dari perangkat monitor, Anda dapat menikmati video/audio dengan perangkat video. Fungsi ini bermanfaat bila Anda memiliki hewan peliharaan di rumah.

    Presence bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi pemantau rumah gratis terbaik yang beredar di pasaran. Aplikasi ini bahkan bisa bekerja dengan baik pada perangkat `iOS jadul`, termasuk iPhone 3GS, iPad 2, dan iPod touch generasi keempat.

    Control with PresenceControl smart plugs, energy meters, and robotic viewing stands

    11

  • FEATURE

    Developer: Mindprobe Labs

    OS: Android

    Price: Free

    4 of 5

    iCamSpy Pro

    Berbeda dengan Presence yang membutuhkan dua perangkat, aplikasi khusus perangkat Android ini membutuhkan satu perangkat Android sebagai pemantau sertra PC dengan webcam dan mikrofon untuk pengawasan. iCamSpy bukanlah aplikasi gratis, pun demikian Anda akan memperoleh sesuatu yang lebih dari aplikasi besutan Mindprobe Labs tersebut, yaitu tampilan antarmuka dan video yang berkualitas.

    Setelah men-download dan menginstal aplikasi ini pada perangkat Android Anda, lakukan registrasi dengan memasukkan alamat email dan password. Lalu setting PC dengan cara login ke Recorder Web Tool di iCamSpy.com. Langkah ini memungkinkan aplikasi untuk mengakses webcam dan mikrofon serta melakukan video dan audio live streaming ke perangkat Android Anda.

    Perlu diingat bahwa iCamSpy adalah aplikasi pemantau, bukan monitor bayi. Fitur ini tidak memiliki fitur dua arah seperti Presence, sehingga Anda tidak dapat berkomunikasi dengan hewan peliharaan Anda. Namun, iCamSpy memiliki fitur pendeteksi gerakan, yang mampu mengenal pergerakan di kamera dan mengirim suara peringatan ke smartphone Android Anda.

    Anda juga dapat memilih untuk menerima pemberitahuan melalui email, dan Anda dapat mengatur sensitivitas gerakan dari rendah, sedang, atau tinggi. Untuk melakukan pemantauan secara long-term, aplikasi ini dapat merekam klip video berdurasi 5 detik ketika mendeteksi gerakan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu terus-menerus memantau keadaan rumah.

    iCamSpy mungkin bukanlah aplikasi dengan fitur terlengkap, tetapi aplikasi ini memiliki penglihatan yang bagus, antarmuka yang bersahabat, dan mampu menampilkan video berkualitas tinggi. Ketika Anda terhubung ke iCamSpy untuk melihat kondisi rumah, aplikasi ini

    akan bertanya apakah Anda ingin melakukan pemantauan melalui koneksi Wi-Fi atau mode 3G/4G? Namun, iCamSpy akan memberikan peringatan bahwa koneksi 3G tidak dapat memberikan tampilan video yang mulus. Koneksi Wi-Fi adalah pilihan yang direkomendasikan.

    Pada mode Wi-Fi, tampilan video iCamSpy terlihat sangat baik, halus, dan berkualitas HD. Dalam mode 3G, video yang ditampilkan terkadang patah-patah (lag). Dalam mode Wi-Fi, Anda juga dapat memantau audio, memeriksa status jaringan, dan pendeteksi gerakan. Secara keseluruhan, iCamSpy adalah aplikasi pemantau rumah yang patut dijadikan pilihan.

    12

  • FEATURE

    Developer: iChano

    OS: iOS dan Android

    Price: Free

    4 of 5

    AtHome Camera -Home Security

    Aplikasi ini mudah digunakan dan memiliki kinerja andal. AtHome Camera Home Security memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat mobile atau komputer sebagai kamera keamanan - streaming video langsung ke sejumlah perangkat - seperti perangkat iOS atau Android dan PC atau Mac. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai mikrofon, sehingga Anda juga dapat mendengar apa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar dan speaker sehingga Anda benar-benar dapat berkomunikasi secara real-time.

    Aplikasi ini juga dilengkapi detektor gerakan, yang dapat bekerja dengan sangat baik. Anda bahkan dapat menjadikan AtHome Camera Home Security untuk merekam video secara otomatis selama sehari penuh.

    Untuk menggunakan aplikasi ini, download aplikasi AtHome Camera Home Security dari toko aplikasi dan menginstalnya ke perangkat mobile Anda. Kemudian download dan instal aplikasi ini di perangkat lain sebagai monitor, lalu buka aplikasi, lakukan registrasi, dan login.

    Selanjutnya pilih `Add by CID` atau `By QR Code` untuk menambahkan kamera. Cukup mudah, bukan? Aplikasi ini bahkan dapat bekerja dengan lancar, baik saat menggunakannya melalui koneksi WiFi atau jaringan seluler 3G/4G - meskipun ada sedikit lag ketika dalam mode 3G. Cara terbaik untuk menggunakan aplikasi ini adalah dengan menggunakan perangkat mobile sebagai kamera.

    Pastikan baterai pada device yang digunakan terisi penuh atau dalam keadaan di-charge. Dengan cara ini Anda dapat memeriksa dan memantau rumah secara streaming video kapanpun Anda suka. Secara keseluruhan, AtHome Camera Home Security dapat bekerja dengan baik, cerdas, dan dirancang untuk mudah digunakan. Namun sayangnya, aplikasi ini tidak bisa digunakan dengan beberapa kamera yang berbeda sekaligus.

    Namun setidaknya, aplikasi ini bisa memberikan rasa tenang saat Anda meninggalkan rumah ketika mudik. Dan yang tak kalah penting, aplikasi ini gratis sehingga Anda tak perlu mengeluarkan kocek berlebih.

    13

  • 14

    FEATURE

    iCam -Webcam Video Streaming

    iCam - Webcam Video Streaming memungkinkan Anda untuk menghubungkan beberapa Mac atau PC, memberikan Anda akses ke live video streaming dari mana saja. Kami memilih aplikasi ini karena memiliki beberapa fitur menarik. iCam menggunakan webcam dari Mac atau PC Windows untuk streaming video ke iPhone atau perangkat Android.

    Developer: SKJM LLC

    OS: iOS dan Android

    Price: +/- IDR 60.000

    4 of 5

    iCam - Webcam Video Streaming memungkinkan Anda untuk menghubungkan beberapa Mac atau PC, memberikan Anda akses ke live video streaming dari mana saja. Kami memilih aplikasi ini karena memiliki beberapa fitur menarik. iCam menggunakan webcam dari Mac atau PC Windows untuk streaming video ke iPhone atau perangkat Android.

    Hebatnya, aplikasi ini mampu berkomunikasi dengan empat laptop di sudut yang berbeda sekaligus sehingga Anda tidak perlu membeli kamera keamanan berharga mahal. Aplikasi gratis ini juga dilengkapi motion detector yang akan mengirimkan notifikasi ketika mendeteksi gerakan. Dengan demikian, Anda dapat melakukan perjalanan mudik dengan tenang tanpa harus khawatir dengan keadaan rumah.

    Dengan fitur itu Anda tak perlu memantau kamera terus-menerus. Anda bahkan bisa menyesuaikan sensitivitas sensor gerak pada kamera untuk mencegah peringatan dari gerakan ringan, seperti pergerakan yang berasal dari angin atau hewan peliharaan yang lalu lalang di rumah. Menariknya, iCam kompatibel dengan beberapa kamera yang berbeda sekaligus, sehingga Anda dapat mengatur sejumlah laptop untuk memantau rumah.

    iCam mampu menyajikan empat video secara bersamaan, sehingga Anda bisa melihat kondisi rumah dari berbagai angle. Tap video streaming untuk melihatnya pada layar penuh dan bahkan mendengarkan audio. iCam juga mendukung beberapa login pada akun yang sama, sehingga keluarga Anda dapat memantau rumah dari perangkat mobile mereka masing-masing.

    Perangkat lunak pada iCam dirancang untuk bekerja pada sistem operasi Windows dan Mac OS X, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan hampir semua jenis laptop atau PC desktop dengan webcam. iCam juga dapat bekerja dengan kamera jaringan MJPEG, yang dihubungkan ke iPhone, iPod Touch, iPad, dan perangkat Android.

    Salah satu fitur menakjubkan yang ada pada aplikasi ini adalah memerlukan sedikit setup. iCam berjalan secara otomatis melalui server developer yaitu SKJM LLC, yang berarti Anda dapat

    mengakses kamera dari mana saja. Anda tidak perlu memiliki IP eksternal atau setup nama domain pada kamera Anda. Cukup ketik username dan password yang Anda masukkan pada komputer Anda yang menjalankan perangkat lunak webcam dan iCam.

  • FEATURE

    TinyCam Monitor

    TinyCam Monitor adalah aplikasi Android yang dilengkapi dengan fitur canggih - membantu Anda untuk mengelola kamera CCTV atau IP Camera system. Anda dapat menggunakannya untuk memantau kondisi rumah, dimana aplikasi ini akan memberikan username dan password untuk masuk ke sistem dengan tampilan video streaming. TinyCam Monitor bahkan memungkinkan Anda untuk melihat video dari empat kamera pada waktu bersamaan.

    Developer: Tiny Solutions LLC

    OS: iOS dan Android

    Price: +/- IDR 60.000

    4 of 5

    Anda dapat memasang smartphone Android dengan IP Camera di rumah, dan memonitornya langsung dari smartphone Android lain di tempat lain yang jauh dari rumah, asalkan ada koneksi 3G/4G atau WIFI. Namun sebelumnya Anda terlebih dulu harus mengatur menu Hostname dan masukkan alamat IP dari salah satu kamera pengawas.

    Aplikasi ini juga dilengkapi antarmuka yang friendly dengan kinerja berkecepatan tinggi dan mampu menampilkan video berkualitas. Dengan TinyCam

    Monitor, Anda bisa menghubungkan kamera dan mengontrolnya. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur auto switch yang akan menampilkan setiap video kamera secara acak. Sementara pada versi berbayar dari aplikasi ini, Anda bisa menambahkan kamera tanpa harus memasukkan data secara manual. TinyCam Monitor dapat membantu Anda memantau rumah lebih dari 16 kamera. Versi berbayar TinyCam Monitor bisa Anda peroleh dengan harga US$ 3.99. Kabar baiknya, pada versi berbayar sudah kompatibel dengan Android Wear.

    Itu berarti Anda dapat memantau rumah dari wearable device seperti smartwatch, tanpa perlu menghubungkannya ke smartphone. Namun yang pasti, kualitas video pada smartwatch sangat terbatas. Pun demikian, opsi ini cukup bermanfaat dimana Anda dapat mengecek kondisi rumah dengan lebih cepat ketimbang lewat smartphone.

    15

  • 16

    FEATURE

    AplikasiPenunjang

    BulanRamadhanDetik berganti menit, menit berganti jam, jam berganti hari, hari berganti minggu,

    dan seterusnya. Tanpa terasa, bulan yang penuh kemulian, Ramadhan,

    kembali mengunjungi umat Muslim di seantero dunia. Selama satu

    bulan penuh, kita digembleng untuk mengendalikan segala hawa nafsu

    keduniawian dengan lebih mendekatkan diri kepada Sang Khalik.

    Agar ibadah puasa Anda tahun ini lebih bermakna, ada baiknya

    melengkapi perangkat mobile kesayangan dengan mengunduh

    berbagai aplikasi religi. Berikut tim redaksi MOS menyajikan

    parade aplikasi bernuansa Islami yang sangat cocok untuk

    menemani ibadah puasa Anda. (tgh)

    16

  • 17

    Rampak Ramadan

    FEATURE

    Untuk menunggu waktu berbuka puasa, game gratisan besutan Sinergi Studio ini bisa menjadi salah satu aplikasi yang layak diunduh. Selain memiliki aransemen musik yang enak didengar, lantunan lagu yang dimainkan juga sangat kental dengan nuansa bulan puasa dan budaya Indonesia. Tidak hanya itu, tampilan animasi yang disuguhkan juga terlihat atraktif, sehingga akan membuat Anda betah berlama-lama memainkannya. Menariknya, lagu-lagu yang diperdendangkan berasal dari berbagai alat musik perkusi, seperti botol, kentongan, gendang, panci, dan

    Developer: Sinergi Studio

    OS: iOS | Android

    Price: Free

    +-

    Grafis menarik, dapat dimainkan secara offline, bernuansa budaya Indonesia

    Lagu terbatas hanya 8, tidak tersedia fitur tutorial

    4 of 5

    masih banyak lagi. Setidaknya tersedia tiga tingkat kesulitan yang akan Anda lalui, yakni easy, medium, dan hard. Jika gagal di setiap tantangan, akan muncul sosok Mak Ijah membawa ember berisi air yang siap menyiram Anda.

    Ainun

    Developer: Weirdsgn - dss

    OS: iOS | Android

    Price: Free

    +

    -

    Dapat ditambah kaligrafi, kutipan inspiratif dariAl-Quran, edit foto, terintegrasi dengan berbagai media sosial populer

    Kerap force close

    4 of 5

    Bagi Anda yang ingin berbagi momen indah selama Ramadhan, aplikasi gratis ini sangat layak untuk djjajal. Sepintas, Ainun tak berbeda jauh dengan aplikasi berbagi momen kebanyakan seperti Instagram. Walaupun sama-sama menawarkan fitur photo sharing, namun aplikasi ini lebih terasa kental aroma Islaminya, dimana Anda bisa menambahkan tulisan indah atau kaligrafi di foto yang akan dibagikan. Serunya lagi, sebelum Anda bagi ke keluarga atau sahabat ke Facebook, Instagram, Twitter, Path, ataupun Google+, Anda juga bisa menorehkan berbagai kutipan inspiratif dari ayat-ayat suci Al-Quaran di foto tersebut. Agar lebih keren, Anda juga bisa memoles foto-foto tadi dengan 10 filter menarik, seperti tagging lokasi, stempel waktu, ramalan cuaca, tagging lokasi, dan stempel waktu.

    17

  • FEATURE

    InstaDeen Lite

    Makan Di Mana

    Developer: Adiman Muhammad

    OS: iOS

    Price: Free

    +-

    Antarmuka sederhana, tersedia ornamen pemanis foto, bisa tag ke media sosial

    Tidak dilengkapi tutorial

    4 of 5

    Dari nama yang dibawanya, bisa ditebak dengan mudah jika aplikasi asal negeri Jiran ini menawarkan sesuatu yang tidak berbeda jauh dari Instagram, yakni berbagi foto. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah hadirnya ornamen pemanis foto berbau Islami, seperti kutipan Ayat Al-Quran, Hadist, waktu sholat, dan masih banyak lagi. Serunya, hasil foto yang sudah dipercantik dengan berbagai ornamen, bisa Anda tunjukkan ke teman ataupun keluarga lewat media sosial yang sudah terintegrasi, semisal Facebook, Twitter, dan Instagram. Antarmuka dan jenis font-nya juga terlihat sederhana tapi tetap tidak meninggalkan kesan segar.

    Developer: PT Agranet Multicitra Siberkom

    OS: Android, Windows Phone, BlackBerry

    Price: Free

    +-

    Dapat berinteraksi dengan Bondan Maknyus, dilengkapi menu dan harga, menyuguhkan promo dari restoran, mudah digunakan

    Koleksi restoran perlu ditambah

    4 of 5

    Aplikasi ini sangat membantu Anda pada saat sudah mendekati waktu berbuka puasa ataupun ketika ingin sahur, karena berisi informasi tempat makan terdekat di sekitar Anda. Selain dapat memilih restoran sesuai kategori, Anda juga dapat melihat daftar menu lengkap dengan harganya. Asyiknya lagi, Makan Di Mana juga menyuguhkan beragam promo menarik yang digelar tempat makan, dan Anda dapat berinteraksi langsung dengan `Bondan Mak Nyus` melalui Twitter. Baik antarmuka maupun navigasinya boleh dikata cukup simpel, sehingga dapat digunakan dengan mudah.

    1818

  • FEATURE

    Muslim Pro Azan, Quran, Qibla

    Juz Amma - Indonesia

    Agar ibadah puasa Anda lebih bermakna, tidak ada salahnya untuk mengunduh aplikasi gratisan yang satu ini. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi asal Singapura ini boleh dibilang cukup lengkap. Sebut saja pengingat waktu shalat wajib lima waktu sesuai dengan lokasi dimana Anda berada. Saat masuk waktu sholat, aplikasi ini akan mengumandangkan suara adzan secara otomatis. Kerennya lagi, kini Anda juga akan dengan mudah mencari arah kiblat pada saat sedang bepergian ke sebuah destinasi. Ibadah puasa pun akan terasa lebih khusyuk dengan turut hadirnya Al-Quran digital. Yang tidak kalah menarik, Anda bahkan dapat mememukan Masjid atau restoran halal terdekat, kalendar hari besar Islam, 99 Asmaul Husna, dan Shalawat Nabi Muhammad.

    Developer: Bitsmedia Pte Ltd

    OS: Android, iOS, BlackBerry

    Price: Free

    +-

    Mudah digunakan, fitur dan konten lengkap, antarmuka menarik

    Re-lokasi pada saat restart

    4.5 of 5

    Juz Amma- Indonesia boleh dikata cukup layak diunduh untuk Anda yang super sibuk namun tetap ingin

    Developer: Biminasoft

    OS: Android, iOS

    Price: Free

    +-

    Antarmuka cantik, mudah digunakan, audio tidak perlu internet

    Tidak semua surat ada

    4.5 of 5

    beribadah dengan membaca surat-surat pendek Al-Quran. Sesuai namanya, aplikasi gratisan ini berisikan 114 surat pendek bertuliskan huruf Arab lengkap dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, aplikasi besutan Bininasoft ini juga telah dibekali transliterasi atau cara membaca yang benar surat-surat tersebut. Kerennya lagi, tersedia juga fitur audio yang tidak memerlukan koneksi internet. Tampilan antarmukanya sendiri cukup menyejukan, dengan navigasi yang sangat mudah.

    19

  • 20

    FEATURE

    Kalkulator Zakat

    Buka Di Mana

    Untuk melengkapi ibadah puasa di bulan Ramadhan, setiap muslim yang sudah memiliki penghasilan tetap bulanan atau memiliki bisnis sendiri wajib membayar zakat sebelum tiba waktu shalat ied. Nah untuk Anda yang merasa bingung berapa zakat yang harus dikeluarkan, gunakan saja aplikasi gratisan yang satu ini. Aplikasi ini secara akurat dapat menghitung berapa zakat harta, profesi, dan usaha, selama setahun. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, Anda tinggal pilih zakat mana yang akan dihitung, lalu jawab beberapa pertanyaan yang diajukan secara benar. Setelah itu tap kolom Lihat Zakat Anda, maka secara otomatis aplikasi ini akan menghitungnya.

    Developer: OnebitMobile

    OS: Android

    Price: Free

    +-

    Mudah digunakan, antarmuka sederhana

    Terkadang force closed

    4.5 of 5

    Untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi, aplikasi Buka Di Mana bisa sangat bermanfaat saat bulan Ramadhan seperti saat ini. Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mencari dan menemukan tempat makan paling dekat dari lokasi Anda berada. Hebatnya, aplikasi ini juga bisa memberitahu perkiraan jarak yang ditempuh dari posisi Anda berada menuju tempat makan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih asal negara masakan yang ingin Anda cicipi untuk berbuka puasa. Yang tidak kalah menarik, tersedia juga jadwal waktu buka puasa, sehingga Anda bisa mempersiapkan diri beberapa saat sebelum berbuka.

    Developer: Onebit Mobile

    OS: Android

    Price: Free

    +-

    Desain simpel, mudah digunakan

    Kerap force close, fitur kurang lengkap

    3 of 5

  • 21

    FEATURE

    Sesuai dengan nama yang diboyongnya, aplikasi gratisan karya anak bangsa ini menawarkan jadwal puasa selama tahun 2015. Tidak hanya menampilkan jadwal puasa bulan Ramadhan, aplikasi ini juga menyajikan kalender puasa Arafah, puasa Senin Kamis, puasa Ayyamul Nids, puasa Asyura Tasua, dan kapan waktu haram melakukan ibadah puasa. Antarmukanya sangat sederhana, dan diberi tanda berupa warna mencolok untuk membedakan setiap jadwal puasa. Dengan pemberian warna tersebut, Anda tentunya dapat mengetahui dengan pasti jadwal ibadah puasa yang akan dilakukan.

    Developer: The WALI studio

    OS: Android, Windows Phone

    Price: Free

    +-

    Dapat digunakan secara offline, jadwal puasa lengkap

    Tidak disertai tutorial

    4.5 of 5

    Kalender Puasa 2015

    Ramadan 2015

    Walaupun tampilan antarmukanya terlihat sederhana, namun aplikasi ini menawarkan berbagai hal penting seputar ibadah puasa. Salah satunya adalah mengenai manfaat yang bisa Anda petik menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Aplikasi ini juga telah dibekali dengan waktu sahur plus alarm dan jam berbuka puasa, serta pengingat sholat lima waktu. Tidak hanya itu, Ramadan 2015 juga sudah dipersenjatai dengan beberapa doa saat berpuasa dalam bahasa Arab lengkap dengan terjemahannya dan audio. Kerennya lagi, Anda juga bisa memperbanyak amalan berkat turut disertainya 99 Asmaul Husna, dan bisa berbagi informasi melalui berbagai sosmed yang ada.

    Developer: PXL Apps

    OS: Android

    Price: Free

    +-

    Dapat digunakan secara offline, fitur lengkap, antarmuka sederhana

    Sering muncul pop-up iklan baris dan iklan satu halaman

    4.5 of 5

  • FEATURE

    Aplikasi Pilihan Pendamping Ngabuburit

    Menunggu waktu berbuka memang terasa begitu lama jika Anda terus-terusan melihat jam. Ada baiknya Anda memanfaatkan smartphone

    kesayangan Anda untuk menjadi

    `wahana` khusus mengulur waktu sembari

    menunggu waktu berbuka. Kelima aplikasi

    berikut ini hadir dengan keunikan masing-

    masing.

    Dijamin Anda akan lupa waktu ketika

    mencoba kelebihan dari masing-masing

    aplikasi menarik ini. Mulai dari aplikasi

    dubbing yang menghadirkan segudang

    koleksi audio lucu, aplikasi selfie yang

    dijamin tidak akan membuat Anda

    bergerak melihat ke arah jam, bahkan

    sampai aplikasi edukatif yang mengusung

    teknologi augmented reality.

    Tanpa berpanjang lebar, mari kita simak

    apa saja aplikasi yang bisa menemani

    waktu `ngabuburit` Anda sepanjang bulan

    Ramadhan. (ir)

    22

  • Dubsmash

    FEATURE

    Dubsmash dibuat oleh sekelompok developer aplikasi asal Jerman, Jonas Druppel, Roland Grenke, dan Daniel Taschik pada November 2014. Sampai sekarang, aplikasi ini telah diunduh hingga lebih dari sepuluh juta pengunduh. Aplikasi yang sedang nge-hits di kalangan anak muda ini menawarkan fitur yang sederhana. Anda tinggal merekam dan mengikuti suara dari audio yang telah tersedia di library Dubsmash.

    Sejatinya, Dubmash membuat para penggunanya melakukan video selfie hanya dalam waktu beberapa detik, dan di saat yang bersamaan melakukan lipsync mengikuti audio yang tersedia. Jadi, dengan kata lain, aplikasi ini memaksa Anda harus sekreatif mungkin membuat video dub dalam hitungan detik dengan cara yang menghibur dan unik.

    Koleksi suara yang disimpan di library pun bervariasi, mulai dari audio lagu, cuplikan dialog film, pembacaan pidato, suara hewan bahkan sampai suara alien sekalipun. Semua jenis suara sepertinya memang tersimpan di library Dubsmash yang ajaib ini.

    Anda pun bisa melihat deretan koleksi audio berdasarkan kategori, mulai dari Trending yang terbagi ke beberapa sub kategori, seperti kartun, film, lagu, iklan dan masih banyak lagi; Latest yaitu koleksi suara yang baru saja dibuat oleh penggunanya; dan Soundboard dimana Anda bisa membuat suara Anda sendiri dan bisa dipakai oleh orang lain sebagai dub.

    Uniknya, Anda pun dapat mengatur pengaturan bahasa yang ada di aplikasi ini. Artinya, Anda dapat mengisi suara dengan koleksi audio berbahasa Indonesia. Tak sedikit koleksi audio berbahasa Indonesia yang bertengger di library Dubsmash, bahkan sampai lagu dangdut saja ada. Setelah Anda merekam prosesi video dub Anda, Dubsmash secara otomatis akan memberikan opsi apakah Anda mau mengunggahnya di jejaring social atau ingin menyimpannya ke galeri pribadi smartphone.

    Android iOS

    Developer: Mobile Motion GmbH

    OS: Android, iOS

    Price: Free

    4.5 of 5

    Aplikasi ini sangat cocok untuk mengulur waktu Anda selama ngabuburit, sekadar untuk lucu-lucuan, tidak masalah.

    23

  • FEATURE

    B612 - Selfie from the heart

    Jangan terkecoh dengan namanya, sekilas memang mirip sabun cuci. Aplikasi besutan LINE Corporation ini diperkenalkan pada Agustus 2014 dengan menghadirkan fitur selfie yang begitu unik dan sangat sempurna. Dijamin, waktu ngabuburit Anda akan terasa menjadi sangat cepat ketika menggunakan aplikasi ini.

    Meskipun memiliki antarmuka yang sederhana, B612 justru mengedepankan efek filter yang disajikan. Prosesi selfie Anda akan dimanjakan oleh kemolekan masing-masing efek filter yang hadir di setiap jepretan. Bahkan, untuk menggunakan aplikasi ini pun begitu gampang dan tidak repot.

    B612 mengusung konsep selfie praktis dan cepat, dimana para pengguna tak perlu repot mengedit setelah menjepret foto selfie. Dengan kata lain, Anda dapat langsung memilih filter yang diinginkan bersamaan sebelum Anda menjepret foto selfie.

    Aplikasi ini memiliki tiga buah ikon yang diletakkan di bagian bawah, yakni Border, Filter, dan Random. Border berisi berbagai template kolase foto. Ketika memilih salah satunya, katakanlah template dua kotak pada rasio 1:1, Anda akan melihat panduan pengambilan gambarnya pada preview foto. Sedangkan fitur Filter berisi 53 efek yang bisa dipilih sesuai selera. Bahkan, didalamnya terdapat dua fitur tambahan, yakni tilt-shift dan vignette.

    Developer: LINE Corporation

    OS: Android, iOS

    Price: Free

    4 of 5

    Tilt-shift bisa dipilih jika ingin memberikan efek miniatur dengan menempatkan efek blur pada bagian atas dan bawah foto, sementara itu Vignette digunakan untuk menambahkan efek cahaya hitam di pinggir foto yang bisa membuat obyek foto lebih terfokus. Anda bahkan tak hanya dapat menjepret foto selfie, tapi juga dapat merekam video selfie dengan tap layar sedikit lebih lama untuk merekam.

    Untuk fitur Random, bisa digunakan jika Anda malas memilih filter satu per satu ketika melakukan selfie. Jadi, Anda hanya tap fitur ini agar langsung menghasilkan kombinasi efek filter, tilt-shift, dan vignette secara acak di foto selfie Anda. Perlu diingat, B612 tak memberikan tombol shutter untuk mengambil foto. Di sini, Anda hanya cukup tap layar, tepatnya di bagian preview untuk mulai ber-selfie ria.

    Tiap foto yang diambil dari B612 tak akan menghasilkan suara apapun alias silent. Jadi Anda tak akan mengganggu siapapun saat ber-selfie. Aplikasi ini pun memiliki fitur timer yang tersembunyi di dalam Border. Anda cukup tap opsi

    ini untuk mendapatkan jeda waktu tiga detik ketika mengambil foto. Sayangnya, Anda tak bisa mengatur berapa lama jeda waktu yang akan digunakan. Setelah selesai, hasil foto tidak secara otomatis tersimpan di smartphone.Jadi, Anda harus menyimpannya secara manual. Selain itu, Anda juga bisa share hasil foto dengan B612 ke berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Semua hasil foto akan memiliki watermark berupa ikon B612 di pojok kanan bawah. Namun, tenang saja, Anda bisa menghilangkan watermark ikon B612 ini sesuai selera.

    24

  • FEATURE

    Membaca buku bisa menjadi salah satu alternatif untuk memanfaatkan waktu ngabuburit Anda. Namun, dengan memanfaatkan smartphone, Anda dapat menggunakan aplikasi yang satu ini. Audible adalah sebuah aplikasi audio book yang memungkinkan Anda menikmati buku bacaan favorit Anda dengan mendengarkannya.Terdapat sekitar 150.000 audio book berupa buku novel, termasuk koran, majalah, dan masih banyak lagi.

    Audible memungkinkan Anda menggunakan kepraktisan ketika Anda ingin membaca sesuatu. Dengan hadirnya fitur search box, Anda bisa langsung mengetik input judul buku apa yang Anda cari, mulai dari penulis, judul atau keyword. Jika Anda lebih ingin browsing kategori bukunya ketimbang mengetik di search box, Anda bisa memilih ke tab kategori dan terdapat banyak kategori buku yang hampir semua tersedia, mulai dari fiksi, kesehatan, politik, psikologi, ilmu sosial, komunikasi, dan masih banyak lagi.

    Aplikasi ini juga memiliki fitur best-sellers list yang dapat memberikan rekomendasi audio book terpopuler

    Developer: Audible Inc.

    OS: Android, iOS

    Price: Free

    4.2 of 5

    Audible yang pantas untuk didengarkan. Audible memiliki antarmuka yang user-friendly, bersih dan tidak terlalu diramaikan oleh iklan. Aplikasi ini juga memiliki navigasi yang begitu mudah dan fungsi search yang begitu efektif. Lebih lanjut, terkait setiap buku yang akan diperdengarkan, Anda akan memiliki customer reviews, dimana Anda dapat menulis review audio book yang sedang dibaca agar dapat dilihat oleh pengguna Audible lainnya, apakah audio book tersebut memiliki read value yang tinggi.

    Namun, jika Anda merupakan orang tipikal yang ingin mendengar audio book berdasarkan review, Anda dapat melihat rekomendasi audio book lain berdasarkan review para pengguna. Audible juga menyisipkan sample audio di masing-masing audio book-nya agar setidaknya Anda dapat mendengarkan sedikit isi dari buku tersebut. Kualitas suara yang diperdengarkan pun tentunya cukup high-quality.

    Tak hanya buku saja, jika Anda termasuk orang yang sibuk tetapi ingin tetap update dengan informasi, Anda dapat melakukan subscription dengan beberapa judul koran dan majalah populer yang ada di aplikasi ini. Kebanyakan dari buku yang ada di Audible memang dijual dan tidak gratis, namun Anda masih bisa menikmati audio book tersebut cuma-cuma hanya dalam waktu trial 30 hari, ataupun bisa mendapatkan promosi diskon tertentu dari masing-masing audio book yang memberikan diskon khusus.

    25

  • FEATURE

    Jika membuat video dubbing, selfie, atau menikmati layanan audible book belum cukup mengisi waktu ngabuburit Anda, sebaiknya Anda coba aplikasi yang satu ini. Anda akan dibuat terpesona oleh canggihnya teknologi augmented reality lewat aplikasi besutan developer asal Bandung ini. Animal 4D+ adalah aplikasi `mainan` augmented reality yang memperlihatkan animasi gambar hewan secara langsung yang tersaji di layar ponsel atau tablet terlihat bergerak dan bersuara.

    Developer: Octagon Studio

    OS: Android, iOS

    Price: Free

    4.5 of 5

    Animal 4D+

    Kala dipandang dari sudut tertentu, hewan itu terlihat realistis. Unsur edukasi yang kental pun ditambahkan dengan menampilkan penjelasan singkat mengenai hewan yang tersaji. Mungkin karena tidak spesifik menyasar pengguna di Indonesia, Animal 4D+ tak menggunakan bahasa Indonesia. Nama-nama hewan disusun berdasarkan alfabet dan memakai bahasa Inggris. Misalnya, ant (semut), bear (beruang), cow (sapi), dog (anjing), dan masih banyak hewan lainnya sampai alfavet terakhir. Deskripsi hewan juga ditulis dalam bahasa Inggris.

    Ketika membuka aplikasi ini, Anda akan langsung dihadapkan dengan layar yang memunculkan kotak informasi untuk meminta Anda meletakkan kartu menghadap kamera. Nah, di sini Anda harus menggunakan `kartu ajaib` agar bisa membuat hewan bergerak di dalam layar ponsel Anda.Tak perlu bingung, kartu yang dimaksud adalah flashcard (semacam kartu remi/permainan) yang bergambar hewan. Tekanlah tombol get the card yang tersaji di layar ponsel. Anda juga bisa langsung menuju ke laman resmi Octagon untuk mengunduh kartu itu.

    Usai mengunduh kartu tersebut, Anda boleh mencetaknya di selembar kertas, boleh pula sekadar menyimpannya di layar ponsel atau tablet lain yang Anda miliki. Untuk langsung menyulap gambar tersebut menimbulkan hewan, arahkan kamera ke gambar tersebut. Jarak antara kamera dan gambar jangan terlalu dekat, jangan pula terlalu jauh. Kira-kira satu jengkal.

    Setelahnya, Anda akan melihat seekor hewan yang tercetak dari gambar atau kartu itu bergerak. Gerakkan ponsel atau tablet itu sampai menemukan sudut pandang yang terbaik. Anda juga boleh bereksperimen dengan mengubah posisi gambar yang diarahkan ke kamera. Sangat menarik dan menghibur, bukan?

    26

  • FEATURE

    Jika keempat aplikasi tersebut menurut Anda masih `kurang`

    menyita waktu ngabuburit Anda, maka pilihan terakhir

    yang terbaik adalah aplikasi meditasi dimana Anda dapat

    memanfaatkan waktu ngabuburit dengan merenung dan juga

    berdoa. Aplikasi pembunuh stres ini merupakan aplikasi favorit yang

    kerap kali digunakan oleh pengguna perangkat iOS dan Android.

    Developer: Headspace

    OS: Android, iOS

    Price: Free

    4.5 of 5

    Headspace

    Headspace memiliki fitur narasi yang akan memberikan instruksi meditasi yang dinarasikan oleh penemunya sendiri, Andy Puddicombe. Bagi Anda yang kerap mengalami stres dan tekanan di aktivitas harian Anda, patut mencoba aplikasi ini. Terlebih, aplikasi ini bisa menjadi `personal trainer` emosi Anda ketika menjalani ibadah puasa.

    Headspace menghadirkan fitur meditasi 10-13 menit dan kurang lebih terdapat 70 sesi khusus yang dapat melatih emosi Anda, dimana Anda dapat menikmati sajian animasi yang lucu dan dapat memanjakan mata Anda. Terdapat tiga mode meditasi yang bisa diikuti: SOS, on the go, dan Classic.

    Dengan memanjakan mata Anda, maka pikiran akan terfokus bersamaan dengan meditasi pikiran yang dapat mengubah pola pikir Anda menjadi positif. Selain itu, rangkaian sesi khusus yang hadir lewat aplikasi ini mampu membangun kembali aura positif dari sistem `nervous` Anda dan dapat menolong Anda melepas aura negatif dan rasa stres yang tertimbun selama ini.

    Dengan kekuatan visualisasi dan suara motivasi dari sang narator, dalam 10 menit Anda akan kembali me-recharge kepenatan yang telah Anda rasakan dan mampu menjadikan Anda pribadi yang lebih baik dan terlepas dari energi negatif.

    27

  • FEATURE

    MembedahAndroid MLebihDalam

    Perhelatan akbar Google I/O 2015 baru saja digelar di San Francisco,

    Amerika Serikat, akhir Mei 2015.

    Dalam konferensi ini terungkap informasi

    resmi terkait sistem operasi terbaru Android

    yang diberi nama kode Android M. Dalam sesi

    Android M Developer Preview yang dibawakan

    langsung oleh VP of Engineering Google, Dave

    Burke, muncul preview perdana Android M yang

    memperlihatkan deretan fitur terbaru yang akan

    hadir di sistem operasi anyar ini.

    Di kesempatan preview perdananya, Burke

    menjelaskan bahwa dengan hadirnya sistem

    operasi Android M, tentunya dapat meningkatkan

    core user experience, dan juga menjadikan Android

    M sebagai salah satu sistem operasi Android yang

    mengusung product excellence. Google sepertinya

    memang berusaha keras memoles Android M untuk

    dapat menghadirkan sistem operasi yang best of the

    best.

    2828

  • Android M sampai sekarang memang belum diluncurkan. Bahkan, tidak

    diperlihatkan secara keseluruhan di Google I/O 2015. Update sistem operasi ini

    pun masih sedang dalam tahap pengembangan lebih lanjut. Google bahkan belum

    mengungkap nama resmi dari Android M. Pun begitu, beberapa kandidat kuat sudah

    santer terdengar ke ranah publik, mulai dari Macarons, Milkshake, Marshmallow,

    Mars sampai Macadamia Nut Cookie.

    Di preview perdananya kali ini, setidaknya dibeberkan beberapa tools dan fitur

    terbaru yang akan hadir di Android M. Terungkap pula bahwa preview kedua dan

    ketiga Android M akan diperlihatkan dalam waktu dekat. Sedangkan perilisan sistem

    operasi ini akan digelar pada kuartal ketiga 2015. Langsung saja, simak dan telusuri

    lebih mendalam terkait fitur dan tools Android M yang telah diperkenalkan oleh

    Burke di Developer Preview Perdana Google I/O 2015. (ir)

    Android M nantinya akan menghadirkan fitur App Permission, dimana setiap aplikasi akan melakukan request permission sebelum dibuka. Bahkan, pada saat keadaan tertentu, para pengguna nanti bisa memilih untuk menerima permission tersebut atau menolaknya. Pada saat preview perdana di Google I/O 2015, Burke mendemonstrasikan fitur permission ini dengan menggunakan aplikasi WhatsApp.

    Ketika di tap ikon microphone untuk mengirim pesan suara, sebuah box muncul dan akan langsung menanyakan permission WhatsApp untuk memakai microphone perangkatnya. Jadi, bagi Anda yang teledor dan terlalu cepat mengakses aplikasi, tidak perlu khawatir lagi dengan adanya fitur anyar ini. Fitur App Permission akan hadir di setiap aplikasi dengan keperluan ijin aksesibilitas yang berbeda.

    FEATURE

    App Permission

    Web Experience

    Android Pay

    Ketika berinteraksi dengan aplikasi dan website, Google telah mengeksplor sebuah tren konten web agar para pengguna memanfaatkannya secara user-experience dan interaktif. Nantinya, Web Experience yang tersaji di Android M akan menghadirkan Chrome Custom Tabs. Sebuah fitur baru yang memberikan setiap developer memanfaatkan kapabilitas Chrome. Chrome Custom Tabs akan

    Setelah menghadirkan fitur Near Field Communications (NFC) di Gingerbread dan Host Card Emulation di Kitkat untuk mengembangkan fitur Android Pay, kini Android M kembali memantapkan fitur tersebut untuk membuat para penggunanya semakin aman dan mudah ketika menggunakan perangkat Android untuk melakukan proses pembayaran. Android Pay diharapkan akan mengusung konsep keamanan, pilihan, dan kemudahan bagi para penggunanya.

    membuat semua aplikasi membuka jendela Chrome baru yang terkustomisasi di atas aplikasi yang sedang aktif, ketimbang meluncurkan aplikasi Chrome secara terpisah. Tentunya, fitur ini menyajikan user-experience yang lebih cepat dan intuitif ketika pengguna melakukan navigasi antar aplikasi dan web. Chrome Custom Tabs akan mendukung sistem sign-in yang terautomasi, saved passwords, autofill, dan bahkan sistem keamanan multi proses untuk membantu integrasi aplikasi dan web experience.

    29

  • FEATURE

    RAM Manager

    App Drawer App Links

    Google telah memperkenalkan RAM Manager terbaru yang akan tampil di Android M. Nantinya pengguna akan lebih bisa melihat informasi komprehensif terkait pemakaian maksimum dan rata-rata aplikasi yang digunakan. Menu tersebut bisa ditemukan di Settings > Apps > Options (pilihan ikon tiga titik) > Advanced > Memory. Lewat informasi ini, Anda akan lebih jelas melihat konsumsi aplikasi Anda.

    Salah satu perubahan tampilan visual yang akan terjadi di Android M adalah perubahan App Drawer. Ya, nantinya App Drawer akan men-scroll daftar aplikasi Anda secara vertikal, bukan secara horizontal lagi. Lebih lanjut, App Drawer akan memiliki latar warna putih dan tidak akan memakai latar shade dari wallpaper. Di atas menu, nantinya Anda akan melihat deretan aplikasi yang baru dipakai dan di sisi kiri akan tersedia huruf alphabet berdasarkan aplikasi.

    Masalah yang sedang dihadapi Google sebelum mengembangkan Android M adalah ketika pengguna memilih weblink. Di situlah Android tidak dapat mengambil keputusan apakah mau mengarahkannya ke web-browser atau ke aplikasi lain yang mendukung akses link tersebut.

    Mungkin Anda familiar dengan box dialog Open With yang muncul ketika Anda mencoba untuk membuka tautan dengan sebuah aplikasi di Android. Anda bisa saja dihadapkan dengan beberapa pilihan mau buka lewat aplikasi mana, entah itu YouTube atau Chrome.

    Di Android M, sistem App Links akan diubah dan akan menjadi lebih `tegas` ketika Anda membuka sebuah tautan. Contohnya, ketika Anda membuka sebuah tautan Twitter di email, aplikasi Twitter akan langsung terbuka tanpa harus menanyakan Anda terlebih dahulu.

    3030

  • FEATURE

    Fingerprint SupportDoze Power Saving

    Tema Dark and Light

    Android M juga sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint yang dapat memudahkan proses Android Pay untuk konfirmasi pembelian hanya dengan menyentuhkan jari. Google akan menstardardisasikan dukungan untuk scanner fingerprint yang berjalan di Android M. Fungsionalitas baru ini tak hanya akan mengoptimalkan proses belanja dengan menggunakan fingerprint, namun juga untuk kepentingan lainnya, seperti unlock layar smartphone dan juga kebutuhan security.

    Burke juga menjelaskan bahwa Android M akan memperkenalkan fitur power saving terbaru yang bernama Doze. Doze sendiri menggunakan kapabilitas sensor motion built-in yang ada di perangkat Android. Jika perangkat Android tidak dipegang oleh penggunanya dan ditinggalkan terlalu lama, Doze akan mematikan perangkat Android untuk menghemat daya tahan baterai.

    Bagaimanapun, perangkat Android Anda tidak akan mati total, Anda masih bisa memanfaatkan fitur alarm ataupun masih tetap mengetahui notifikasi pesan yang datang. Lebih lanjut, Burke mengungkap bahwa pihak Google telah melakukan uji coba power saving ini di kedua tablet Nexus 9 yang masing-masing berjalan di atas sistem operasi Android L dan Android M. Nyatanya, Android M mampu bertahan lebih lama dua jam dibanding Android L.

    Selain itu, perubahan minor yang diungkap Burke pada Android M juga dibeberkan. Android M akan menghadirkan fitur kontrol smarter-text selection dan juga fitur kontrol volume stream.

    Ada beberapa opsi yang dapat menggantikan tampilan tema di perangkat Android. Nantinya, para pengguna dapat mengaktifkan opsi developer. Setelah mengaktifkan opsi tersebut, mereka bisa memilih tampilan tema Light, Dark, atau bahkan tema Automatic. Kedua pilihan tema pertama, Light dan Dark sudah dijelaskan lebih dulu, dimana bisa diganti tergantung preferensi para penggunanya nanti.

    Namun, yang menjadi daya tarik fitur ini adalah tema terakhir yang hadir, yakni Automatic. Tema Automatic dapat membuat perangkat Android melakukan pengaturan screen brightness secara otomatis. Jadi, ketika Anda berada di tempat yang terlalu terang atau terlalu gelap, maka tema tampilan perangkat Android Anda akan langsung berubah secara otomatis.

    31

  • Aplikasi Penangkal

    Lapar

    Makan sahur dan menunggu waktu berbuka puasa merupakan dua hal yang tidak bisa lepas dari serunya bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Namun, apa jadinya jika Anda tidak sempat mempersiapkan menu untuk aktivitas penting tersebut lantaran terbentur oleh rutinitas yang super padat, seperti mempersiapkan proposal untuk klien atau harus menyelesaikan tugas kantor yang sudah mendekati tenggat waktu?

    Tenang saja, seiring dengan kian canggihnya teknologi, kini Anda bisa mempersiapkan hidangan santap sahur atau menu berbuka puasa tanpa harus repot-repot menelepon dan keluar kantor atau rumah terlebih dahulu. Cukup dengan mengunduh dan menginstal aplikasi layanan pesan antar makanan di smartphone atau tablet PC, berbagai macam menu yang Anda inginkan akan segera diantar. Berikut kami sajikan beberapa aplikasi pesan-antar makanan yang layak bersemayam di perangkat mobile Anda. (tgh)

    32

    FEATURE

    32

  • FEATURE

    Tampilan antarmuka aplikasi ini terbilang cukup sederhana, namun tidak meninggalkan kesan dinamis. Untuk memesan makanan pun cukup mudah, tinggal ketuk menu lalu pilih alamat. Setelah itu masukkan kota dan area, maka Foodpanda akan menyajikan berbagai nama restoran, lengkap dengan informasi minimal order, alamat, jam operasional, metode pembayaran, dan stempel halal. Tidak hanya itu, melalui fitur Deals, Anda dapat mengetahui promo berupa diskon yang digelar oleh sebuah restoran. Koleksi restonya pun cukup beragam, mulai dari yang menjajakan menu lokal hingga western, serta restoran cepat saji. Melalui menu Sortir, Anda dapat menyaring restoran yang berlabel halal, menerima voucher, bebas ongkir, menu yang disajikan, dan masih banyak lagi.

    Foodpanda

    Kulineran

    Developer: Foodpanda GmbH

    OS: Android, iOS, Windows Phone

    Price: Free

    4 of 5

    Developer: JogjaCamp

    OS: Android, iOS

    Price: Free

    4 of 5

    Untuk Anda yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya, aplikasi gratisan ini merupakan solusi tepat kala perut mulai keroncongan. Aplikasi ini boleh dikata sangat mudah digunakan, karena hanya dengan memasukKan lokasi Anda berada, Kulineran akan menyajikan berbagai restoran terdekat secara otomatis. Restoran yang ditampilkan juga cukup beragam, mulai dari kedai minuman, makanan tradisional, makanan Jepang, Tiongkok hingga kuliner ala Western. Guna memudahkan Anda dalam memesan makanan, aplikasi ini juga menyuguhkan harga dan jumlah

    masakan yang dipesan. Jika sudah selesai, tinggal masukkan ke dalam daftar keranjang, dan secara otomatis akan tertera total harga yang harus dibayar. Jangan lupa, masukkan kapan pesanan akan diantar, dan siapkan juga pecahan Rp 10 ribu untuk jasa pengiriman.

    33

  • Developer: Klik-Eat.com

    OS: Android, iOS

    Price: Free

    4 of 5

    Walaupun tidak banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, namun informasi yang disajikan terbilang cukup lengkap dan mudah digunakan. Hanya dengan memasukan kota dan area, maka Klik-Eat akan menyuguhkan berbagai resto terdekat dari tempat dimana Anda berada. Setelah memilih restoran, secara pintar Klik-Eat akan memberikan berbagai informasi seputar restoran tersebut, mulai dari alamat, jam operasional, area cakupan pengantaran, dan menu yang dijajakan, serta harga

    Untuk Anda yang ingin memasak sendiri menu berbuka puasa atau sahur namun tidak ingin repot terjebak macet saat ingin membeli bahan-bahan utamanya, aplikasi ini cukup layak dilirik. Sesuai dengan nama yang disandangnya, aplikasi ini terlihat segar dengan warna-warni bahan makanan. Penggunaannya pun cukup mudah. Anda cukup memasukkan wilayah dimana Anda tinggal, lalu pilih apakah akan berbelanja di Farmers Market atau Ranch Market terdekat. Maka aplikasi ini akan menyajikan berbagai bahan makanan yang masih segar dan kebutuhan sehari-hari. Beragam bahan makanan bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari sayur mayur, daging, buah, yang dibagi dalam beragam kategori seperti fresh product, meat & seafood, non-halal, deli, diary, bakery, dan masih banak lagi. Menariknya, bahan makan tersebut disajikan lengkap dengan gambar dan harga per gramnya. Tidak ketinggalan, aplikasi ini

    Klik-Eat HappyFresh

    yang dipatok untuk setiap menu. Untuk memudahkan pengiriman makanan, jangan lupa isi secara lengkap data Anda pada saat registrasi.

    juga menyuguhkan jenis pembayaran yang bisa Anda pilih apakah cash on delivery atau melalui kartu kredit, dan kapan pesanan tersebut ingin diantar.

    FEATURE

    Developer: iCart Group Pte Ltd

    OS: Android

    Price: Free

    4 of 5

    3434

  • Developer: PT Go-Jek Indonesia

    OS: Android, iOS

    Price: Free

    4.5 of 5

    Developer: Tritronik

    OS: Android

    Price: Free

    4 of 5

    Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang bingung mencari tempat makan saat hendak berbuka puasa ataupun ketika ingin makan sahur di Kota Bandung. Cukup dengan mengetuk menu Cari Restoran, lalu pilih Bandung dan sekitarnya, maka secara cerdas aplikasi ini akan menyuguhkan puluhan resto untuk memesan makanan. Informasi yang disajikan juga sangat detil, mulai dari alamat, batas waktu pemesanan, jam operasional, pesanan minimum, jenis pembayaran, waktu pengiriman, area pengantaran, dan masih banyak lagi. Layanan aplikasi ini sendiri akan segera menyambangi dua kota besar lainnya, yakni Batam dan Jakarta. Tidak lupa, aplikasi ini juga menyediakan kolom komentar.

    Salah satu layanan dari aplikasi transportasi Go-Jek ini memungkinkan Anda dapat memesan makanan di sekitar Jabodetabek secara mudah dan cepat. Setidaknya tersedia 15 ribu tempat makan mulai dari kelas kaki lima hingga bintang lima yang telah bermitra dengan Go-Jek, yang telah dibagi ke dalam 25 kategori berbeda. Kategorinya seperti aneka nasi, bakmie, sate, martabak, seafood, aneka makanan serta minuman, dan masih banyak lagi. Hadirnya fitur Near Me memungkinkan Anda dapat mencari restoran terdekat, sehingga waktu pengiriman akan kebih cepat. Sama seperti aplikasi pesan-antar makanan kebanyakan, layanan ini juga memberlakukan ongkos kirim sebesar Rp 10 ribu. Menariknya, tersedia juga fitur yang belum banyak dimiliki aplikasi sejenis, yakni membatalkan pesanan.

    Go-Food by Go-Jek

    Pesan-Aja

    FEATURE

    35

  • 36

    FEATURE

    Sulap Barang Bekas Jadi Uang Lewat

    Aplikasi Ini

    Bagi Anda yang ingin membeli atau menjual barang, aplikasi gratisan yang satu ini cukup layak untuk dicoba. Dalam menu utama, Anda akan disuguhkan beberapa pilihan seperti mencari barang, barang populer, barang diskon, login, dan register. Kategori barang yang dijajakan juga sangat beragam, mulai dari batu akik, sepeda, kamera, handphone, elektronik, dan masih banyak

    Bukalapak

    Developer: PT Bukalapak.com

    OS: Android

    Price: Free

    4.4 of 5

    lagi. Sedangkan melalui menu filter, Anda bisa menyaring top seller, kondisi barang, lokasi penjual, dan lainnya. Anda juga bisa menngurutkan harga barang dari yang termahal hingga paling murah. Nah, jika Anda ingin menjual barang dan menggunakan berbagai fitur lainnya, Anda harus register terlebih dahulu untuk membuat akun.

    Seperti dua sisi mata uang logam, menjelang Idul Fitri dan mudik, banyak orang berburu berbagai barang anyar atau seken seperti smartphone, motor, busana, dan lainnya. Namun tidak sedikit pula orang yang menjual beragam barang miliknya lantaran

    dana dikantong pas-pasan. Bagi Anda yang tidak ingin ribet dengan urusan jual-beli, beberapa aplikasi berikut ini bisa menjadi jawabannya. Jadi, selamat berbelanja dan semoga barang yang Anda jajakan cepat terjual. (tgh)

    3636

  • 37

    FEATURE

    Aplikasi ini menyajikan beberapa kategori barang dijual yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, seperti mobil, motor, properti, elektronik & gadget, dan masih banyak lagi. Informasi dari setiap kategori juga lengkap karena tersedia sub menu. untuk memudahkan Anda dalam proses pencarian,

    Untuk dapat menikmati layanan jual-beli di aplikasi ini, Anda cukup masuk ke menu FJB Category. Di menu ini tersedia berbagai kategori yang bisa Anda pilih, seperti alat musik, alat olahraga, handphone, barang antik, gemstone, obat-obatan, otomotif, dan masih banyak lagi. Melalui akun yang Anda miliki, Anda bisa membuat Created Thread, Start Selling, dan Want To Buy.

    Sebelum masuk ke aplikasi ini, Carmudi akan memiinta Anda memasukkan data kawasan benua, negara asal, dan pilihan bahasa. Tidak hanya mobil dari kelas SUV, MPV, ataupun APV, Carmudi juga menyajikan sarana jual beli kendaraan niaga dan roda dua. Untuk mencari mobil idaman, cukup memasukkan mereknya, lalu seri mobil tersebut, tahun pembuatan, range budget yang Anda miliki, pilih lokasi si penjual, dan kondisi mobil. Anda juga bisa menambahkan filter lainnya untuk menyaring lebih detil mobil incaran, seperti jenis transmisi, BBM, penjual, dan warna pilihan. Asyiknya lagi, Anda juga dapat menjajal kendaraan melalui aplikasi ini dengan mengisi beberapa

    Kaskus Carmudi

    OLX

    Developer: Kaskus Networks

    OS: Android | iOS

    Price: Free

    4.2 of 5

    Developer: Carmudi GmbH

    OS: Android | iOS

    Price: Free

    4.1 of 5

    Developer: OLX, Inc

    OS: Android | iOS Windows Phone | BlackBerry

    Price: Free

    4.3 of 5

    gunakan saja menu Filter yang akan menyaring lokasi di sekitar Anda, kategori barang yang dicari, serta range budget yang Anda miliki. Anda juga dapat menjual barang melalui aplikasi ini, hanya dengan menambahkan foto (dibatasi hingga 8 foto), judul, kategori, deskripsi, lokasi, alamat, dan telepon.

    Serunya lagi, Anda bisa melihat Hot Threads dengan berbagai topik yang menarik di halaman pertama.

    data terlebih dahulu. Bahkan, Anda bisa mendapatkan berita terbaru seputar kendaraan berkat hadirnya fitur Mari Bicara Mobil.

    37

  • 38

    Dagelan Rilis Mobile Game Perdana Bertajuk Dazzle

    NEWS

    Jakarta 8 Mei 2015 Dagelan, akun Instagram hiburan milikPT INFIA Media Pratama, merilis mobile game perdana bertajuk Dazzle pada 8 Mei 2015. Nama Dazzle diambil dari akronim Dagelan Puzzle. Game ini diciptakan dengan tujuan mengasah ketangkasan berpikir dan strategi para pemain, dan mendekatkan mereka dengan para karakter Dagelan (Dudu, Sisi, Bimo, Demi dan Mike).

    Dazzle dibuat dengan kemasan yang menarik, lucu dan menyenangkan serta mudah dimainkan oleh segala usia. Dazzle tidak membutuhkan koneksi internet saat bermain, sehingga pemain bisa memainkan game ini di mana saja dan kapan saja. Untuk saat ini, Dazzle baru dapat diunduh di Google Play Store secara gratis. Namun dalam waktu dekat akan segera tersedia di App Store.

    Danny Syah Aryaputra selaku Chief Marketing Officer (CMO) Dagelan menjelaskan, Dazzle mengambil kisah perjalanan setiap karakter Dagelan dari mereka kecil hingga dewasa. Setiap kali gambar yang sama disatukan, maka gambar itu akan naik tahap dan berubah bentuk dengan urutan bayi-sd-smp-sma-kuliah-dewasa.

    Dalam projek perdana ini, Dagelan menggandeng developer sekaligus publisher game lokal ternama yaitu, Touchten. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan industri game tanah air. Menurut Danny Syah Aryaputra, Dagelan memilih TouchTen karena mereka sudah terpercaya dengan menelurkan game-game mobile yang sukses di taraf internasional. Dan juga untuk meningkatkan perhatian masyarakat Indonesia terhadap developer game lokal. Kami melihat bahwa TouchTen adalah salah satu perusahaan game terbaik di Indonesia dan kenyataan ini, membuat kami yakin bahwa memilih mereka adalah keputusan yang tepat, lanjut Danny.

    Anton Soeharyo sebagai Chief Executive Officer (CEO) Touchten menyatakan, Sudah saatnya kreator Indonesia menjadi raja di negaranya sendiri. Kolaborasi dengan tim Dagelan adalah sebuah impian menjadi kenyataan. Saya harap masyarakat luas dapat mendukung buatan dalam negeri dan turut memajukan Indonesia dengan mengunduh game ini, tutup Anton.

    Dazzle secara halus mengajari tentang tahapan dan rintangan dalam kehidupan manusia, antara lain:

    Pendidikan: perubahan gambar karakter mengajari tahapan seorang anak menjalani kebutuhan pendidikan agar menjadi dewasa.

    Sosial: penyatuan gambar mengajari bahwa mencapai tujuan tidaklah bisa dilakukan sendiri. Ide, visi, dan misi dari beberapa kepala haruslah di satukan dan dijalani bersama.

    Kehidupan: rintangan menuju skor tinggi dalam game mengajari bahwa dalam perjalanan mencapai sebuah tujuan, halangan pasti timbul dari lingkungan, dan orang-orang. Maka seseorang butuh modal pendidikan dan dukungan dari orang lain.

    Berdasarkan laporan AppAnnie, perusahaan analisis aplikasi mobile, pada Desember 2014 di Indonesia, tingkat download mobile game tercatat naik sebesar 85% dari tahun 2013 ke 2014. Hal ini bisa tercapai berkat agresifnya pertumbuhan pengguna smartphone di tanah air yang meningkat dari 13,2% ke 21,3% persen antara tahun 2013 hingga 2014, dan diproyeksi akan terus naik ke angka 26,3% pada tahun 2015 atau sama dengan 60 juta pengguna smartphone.

    Tingkat download aplikasi dan game pada perangkat Android melalui Google Play Store di tanah air mencapai angka 85%. Hanya terpaut sekitar 15% lebih rendah dibandingkan dengan Korea Selatan yang notabene merupakan negara maju dan sudah terkenal sebagai salah satu basis game. Dalam grafik tersebut juga terlihat bahwa Indonesia mempunyai tingkat download yang lebih tinggi dibandingkan empat negara lain di Asia Tenggara yakni Thailand, Filipina, Malaysia dan Vietnam.

    ADVERTORIAL

  • 39

    TENTANG DAGELAN

    TENTANG TOUCHTENTouchten Games merupakan perusahaan mobile game developer Indonesia yang didirikan pada 2009 oleh Anton Soeharyo, Roki Soeharyo, dan Dede Indrapurna. Touchten Games dibangun dengan visi untuk merubah dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui game-game yang dibuatnya. Saat ini, tim Touchten memiliki lebih dari 30 personil yang berdedikasi dan masih terus berkembang.

    Prestasi tertinggi hingga saat ini adalah mencapai top 10 peringkat di iOS App Store di 43 negara melalui game Infinite Sky. Selain Infinite Sky, beberapa judul lain yang juga menjadi sorotan adalah Sushi Chain, Ramen Chain, Cute Kill, Amazing Cupid, dan Teka Teki Saku. Di antara game-game lainnya, Sushi Chain telah meraih lebih dari 3 juta download. Prestasi lainnya adalah kerjasama Touchten Games dengan 9GAG yang menghasilkan game pertama dari 9GAG dengan dengan judul Red-head Redemption, juga

    Salah satu kelebihan dari game-game Touchten Games adalah adanya Touchten Platform yang dimana user dapat menukarkan point yang mereka dapat dari game yang mereka mainkan dengan reward serta undian menarik dari merchant yang bekerjasama dengan Touchten.

    Nama dagelan diambil dari bahasa jawa yang berarti Lelucon/ humor dalam bahasa Indonesia. Dengan memakai nama dan menyisipkan emoticon :D pada logo Dagelan, kami berharap bisa terus menjadi sebuah media hiburan yang memberikan senyum maupun tawa dimanapun dan kapanpun bagi seluruh netizen di Indonesia. Saat ini Dagelan merupakan akun instagram dengan jumlah followers terbanyak di Indonesia. Dagelan juga mempunyai kanal informasi lain bernama INFIA dengan berbagai kanal informatif di dalamnya.

    Karakter Dagelan :

    DUDU : Karakter utama dari :Dagelan, terlihat polos namun sebenarnya jahil, tapi dia juga suka menolong, dan selalu tersenyum dalam suka atau duka. Dudu adalah sahabat baik Bimo.

    MIKE: Malaikat yang bisa berubah jenis kelamin cewek. Dia baik, tabah, dan sering memberi masukan positif meski tak jarang bersikap labil.

    DEMI: Dia adalah iblis yang sangat jahil, dan juga suka membisiki hal-hal buruk pada setiap karakter. Dia sangat senang bila bisa mengalahkan Mike

    SISI : Karakter perempuan yang simpel, energik, ceria, suka dandan, dan juga shopaholic. TTM dari Dudu, dan juga pujaan hati Bimo, namun mereka tetap berteman.

    BIMO : Sahabat baik Dudu yang sangat suka makan. Biarpun terlihat besar namun hatinya rapuh. Dia sifatnya sabar, terkadang lebay, histeris. Dia diam-diam suka dengan Sisi.

    kerjasama Touchten Games dengan composer music game legendaris Megaman, Manami Matsumae yang membuat lagu untuk game terbaru Touchten yang akan datang, Target Acquired.

    ADVERTORIAL

  • 40

    Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik menjelang hari raya, sebaiknya persiapkan berbagai macam kebutuhan yang diperlukan. Khususnya bagi Anda yang mudik dengan transportasi darat dan memakan waktu yang cukup lama. Power bank saja tidak cukup! Anda perlu sesuatu yang dapat menghibur diri. Untuk itu cobalah perbarui kembali smartphone kesayangan Anda dengan deretan game anyar yang dirilis untuk iOS dan Android. Judul-judul game di bawah ini dijamin dapat membuat Anda lupa waktu di tengah panjangnya perjalanan mudik yang dirasa cukup membosankan. Genrenya pun bervariasi, mulai dari endless run, adventure bahkan sampai game fighting. Dijamin Anda akan ketagihan dan membuat Anda terus bersemangat di tengah perjalanan mudik. Yuk, simak ulasan 5 (lima) game seru berikut ini. (ir)

    REVIEW

    5 Mobile Game Seru Untuk

    Teman Mudik

    4040

  • 41

    Game ini adalah seri ke sepuluh Mortal Kombat (MK), permainan legendaris yang pertama kali menjajaki eksistensinya di dunia mobile game dan mampu menjadi sorotan gamer. Pun begitu, sepertinya NetherRealm Studios selaku developer game fighting ini berusaha meminimalisir gameplay yang tampil secara total di konsol dan hadir dengan tampilan `seadanya` di mobile. Ini bukan berarti Mortal Kombat X mobile `jelek`. Namun, Anda jangan berharap bisa mengontrol kombatans (sebutan karakter Mortal Kombat) sesuka Anda layaknya di konsol. Di versi mobile, kombatans hanya bisa melancarkan serangan dan manuver dasar berdasarkan kontrol sentuh dan swipe. Sepanjang pertarungan, Anda hanya bisa tap, swipe, tap, swipe dan seterusnya untuk melancarkan aksi kombatans

    Mortal Kombat X

    Developer: NetherRealm Studios

    Tampilan grafik cukup sempurna, adanya sistem Kard, Koin dan Souls, dan tetap hadirnya fitur Fatality/Brutality meskipun terbatas.

    Developer game ini agak sedikit memaksakan semua fitur untuk tetap hadir, namun harus diakses dengan beberapa persyaratan.

    OS: iOS | Android

    Price: Free

    Specification

    +

    -

    4.5 of 5

    REVIEW

    melawan musuh. Anda juga bisa melakukan block dengan tap dua jari secara bersamaan. Anda juga bisa tap ikon yang setiap kali muncul, jika bar meter sudah penuh di ujung kiri bawah untuk bisa melancarkan special move. Terkadang, swipe juga bisa melakukan eksekusi serangan kombo yang lebih kuat. Meskipun navigasi kontrol memang terbatas, Anda bisa melakukan swapping kombatans, layaknya sebuah pertarungan tag team. Sangat memungkinkan untuk mengganti kombatans kapanpun Anda mau. Mortal Kombat memang sangat terkenal dengan aksi finishing move-nya yang disebut Fatality dan juga Brutality. Yang akan menjadi pertanyaan para fans MK ketika memainkan versi mobile game ini, apakah kedua aksi tersebut akan

    hadir? Tentunya, kedua aksi brutal tersebut tetap akan hadir di versi mobile. Namun, jangan berharap sama seperti yang ada di konsol. Anda hanya bisa melakukan aksi Fatality ketika Anda melawan karakter special boss. Selain itu, game ini memiliki sistem Kard, Koin dan Souls. Yang menjadi kelebihan game ini adalah sistem Kard atau kartu. Ya, Anda bisa melakukan kustomisasi karakter baik dari ability, equipment dan bahkan kostum berdasarkan dari Kard yang didapatkan.

    Sama seperti Injustice dan WWE Immortals, Anda akan mendapatkan `mata uang` untuk tetap bisa melakukan upgrade cepat ke karakter

    Anda. Game ini memiliki Souls dan Koins yang tentunya bisa didapat setelah memenangkan pertarungan. Anda pun bisa membeli bundel Koins dan Souls secara langsung di Store yang tersedia di game ini. Anda bahkan bisa memakai Koins tersebut untuk membeli karakter. Ya, total 24 karakter yang tersedia cuma-cuma di versi konsol, harus dibeli dengan Koins di versi mobile Mortal Kombat X kali ini.

    41

  • 42

    Impian Square Enix menghadirkan seri Tomb Raider dalam versi mobile akhirnya menjadi kenyataan. Kali ini, seri anyar Tomb Raider yang berjudul Lara Croft: Relic Run resmi dirilis untuk perangkat iOS dan juga Android. Namun demikian, Anda jangan terperangah dulu. Anda tidak akan bisa bebas mengontrol Lara, karakter utama Tomb Raider, begitu menjelajah lokasi berbahaya untuk mencari artifak sebagaimana yang dilakukan di game Tomb Raider yang sudah hadir lebih dulu untu PlayStation dan Xbox. Kali ini Anda harus mengontrol Lara lari terus tanpa henti di dalam dunia endless running yang begitu menantang. Square Enix telah memegang lisensi untuk game action-adventure Tomb Raider. Bersama dengan developer Crystal Dynamics, terdapat dua judul game (termasuk Rise of the Tomb Raider) yang telah digarap. Seolah tak hanya ingin ditujukan bagi gamer konsol yang notabene mayoritas, maka Square Enix membawanya ke pangsa pasar yang lebih luas lagi di ranah game mobile lewat Lara Croft: Relic Run.

    Mengingat game ini adalah game bergenre endless run, jangan heran bila gameplay-nya mirip dengan Temple Run atau Subway Surfer. Perbedaan mencolok di sini adalah Anda bisa mengontrol karakter utama yang begitu cantik dan adventurous . Lengkap dengan atribut senjata dan segala jenis kemampuan parkour-nya ketika terus berpacu di lintasan lari.Ketika pertama kali membuka game, Anda akan langsung disambut menu utama. Menu game ini bisa dibilang sangat ramai

    Lara Croft: Relic Run

    Developer: Square Enix

    OS: iOS | Android

    Price: Free

    4.5 of 5

    Specification

    Adanya elemen role-playing, dimana dengan koin yang Anda kumpulkan selama berlari bisa berfungsi untuk melakukan upgrade, membeli kostum, senjata, dan lain-lain.

    +

    Rintangannya sulit ditebak, dan terkadang tingkat sensitivitas tidak akurat.

    -

    dengan berbagai macam menu opsi yang terletak di sisi sebelah kiri layar. Menu opsi tersebut terdiri dari Travel, Store, Leaderboard, Achievements, Relics, dan Setting. Ketika membuka menu Travel, Anda akan menemukan adanya tiga lokasi yang telah disiapkan oleh Square Enix, yakni Jungle Temple, Desert Ruins, dan Mountain Pass.

    Tiga lokasi ini akan menjadi tempat Lara untuk berlari. Hanya saja, pertama-tama Anda baru bisa menggunakan satu lokasi saja, yakni Jungle Temple. Untuk bisa mengakses dua lokasi lainnya, Anda diharuskan untuk mengumpulkan beberapa Relic. Relic berarti barang peninggalan objek utama yang harus dikumpulkan di samping Anda berlari untuk menorehkan skor. Skor terbaik akan terpampang pada menu Leaderboard, dimana akan dihitung berdasarkan skor mingguan dan bulanan. Tak hanya soal jarak, skor terbagi ke dalam beberapa kategori, yakni High Score, Boss Kills, Curses Survived, dan Friend Scores. Untuk memulai permainan, Anda cukup tap di bagian layar manapun. Lara yang Anda gunakan, pertama-tama menggunakan kostum yang standar, yakni

    kostum tanktop berwarna biru dan celana pendek cokelat.Anda akan berlari di tiga lini yang telah disiapkan, yakni tengah, kiri, dan kanan. Untuk bisa berpindah jalur, Anda cukup kontrol swipe kiri atau kanan. Sementara untuk menghindari lubang atau pohon yang melintang, cukup swipe ke atas atau ke bawah. Jalur lari yang ditawarkan game ini cukup menantang dan begitu tricky. Salah sedikit, Anda bisa terjatuh atau menabrak bangunan yang melintang.

    Selain melompat dan menunduk, Lara juga dapat berlari menyamping di atas tembok. Bahkan, game ini memiliki efek slow motion ketika Lara meloncati sebuah jurang. Secara keseluruhan, game ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin `pemanasan` dengan

    REVIEW

    game Tomb Raider. Terlebih, game endless run besutan Square Enix ini berbeda dari game endless run lainnya.

  • 43

    Skiing Yeti Mountain

    Game bergenre arcade sports ini sekilas memiliki tampilan grafis yang sangat sederhana. Namun, Anda jangan pandang remeh game yang dapat membuat adiktif ini. Skiing Yeti Mountain menghadirkan gameplay sliding, dimana Anda mengontrol si karakter utama berseluncur menuruni gunung salju dengan banyak rintangan yang menghadang.

    Developer: Featherweight

    OS: iOS | Android

    Price: Free

    4.7 of 5

    Specification

    Banyaknya karakter unik yang hadir, tampilan pixel art yang interaktif dan menarik

    +

    Game ini terasa kurang menantang-

    REVIEW

    Di awal permainan, Anda harus mengontrol karakter untuk terus berseluncur menuruni pegunungan dengan menahan jempol dan mengarahkan karakter Anda. Sekilas terlihat begitu mudah, namun jangan sampai salah fokus. Karena jika Anda kehilangan kendali, maka sang karakter akan menabrak pohon dan otomatis permainan akan berakhir. Dengan kata lain, Anda harus bertahan menghindari rintangan sampai waktu yang telah ditentukan agar bisa level up.

    Seiring karakter Anda level up, Anda akan unlock lebih banyak gear untuk perlengkapan ski Anda, mulai dari helmet, jet black skis, dan masih banyak lagi. Cukup variatif! Yang menjadi hal adiktif di game ini adalah ketika Anda game

    over, Anda akan tergoda lagi untuk mencoba permainan ini dari awal agar dapat mengembangkan karakter hingga level up. Selain itu, kontrol gerakan karakter sangat dipengaruhi dari gerakan jempol Anda, sehingga harus membuat Anda konsentrasi ketika mengontrol karakter berseluncur.Belum lagi, seiring berjalannya level, Anda akan menemukan banyaknya karakter yang muncul selama perjalanan, bahkan sampai makhluk Yeti sekalipun. Secara keseluruhan, Skiing Yeti Mountain merupakan game sederhana yang menghadirkan segudang fitur seru dan menarik, mulai

    dari konten gear sampai karakter yang bermunculan di sepanjang perjalanan ski.

    Selain itu, yang menjadi ciri khas game ini adalah tampilan visual pixel art-nya yang begitu halus dan tidak terkesan norak. Bahkan, sound effect yang hadir di game ini terbilang sempurna dan begitu atmosferik, sehingga membuat pengalaman bermain menggunakan earphone menjadi lebih seru dan nyata.Skiing Yeti Mountain cocok dicoba bagi Anda yang ingin membunuh kebosanan di perjalanan mudik. Game ini tidak sekadar menghadirkan gameplay Arcade Sport yang seru, tetapi mampu memperlihatkan aspek alam yang dibalut sedemikian rupa dalam tampilan pikselasi sederhana namun artsy.

  • 4444

    Crossy Road

    Game dengan tampilan pixel art yang lucu dan menggemaskan ini wajib Anda coba. Genrenya pun tidak terlalu berat jika dibandingkan dengan game-game yang kami ulas sebelumnya. Pun begitu, Crossy Road wajib dimainkan karena dapat mengisi waktu luang Anda selama perjalanan mudik ke kampung halaman. Gameplay yang diusung sangat sederhana, Anda hanya harus membawa karakter (awalnya Anda akan mendapatkan karakter ayam) untuk terus maju menyeberangi jalan sejauh mungkin yang Anda bisa. Ingat, namanya menyeberang, Anda harus tengok kiri kanan terlebih dahulu agar tidak tertabrak.Ya, Anda harus berhati-hati ketika jalan menyeberangi jalan, karena ketika Anda tertabrak, maka otomatis permainan akan berakhir dan disitulah Anda akan mendapatkan skor terakhir (skor tertinggi). Di sepanjang jalan terdapat aliran sungai dan rel kereta yang masing-masing membutuhkan timing yang tepat untuk bisa dilintasi dengan selamat.

    Ketika menyeberangi sungai, Anda harus menggunakan kayu yang terapung dan membutuhkan strategi yang jeli, karena pergerakan Anda akan dibatasi oleh panjang kayu yang dipijak. Anda juga harus waspada terhadap sinyal rel untuk memperkirakan kedatangan kereta yang melintas secepat kilat. Apabila Anda luput sekali saja di dalam perjalanan, maka permainan akan berakhir. Karakter hewan Anda akan terlindas mobil, tercebur

    Developer: Hipster Whale

    OS: iOS | Android

    Price: Free

    4.5 of 5

    Specification

    Unlock variasi karakter super lucu, tampilan pixel art yang penuh warna, kontrol begitu mudah dan ringkas

    +

    Kemungkinan mendapatkan skor tinggi sangatlah sulit

    -

    REVIEW

    ke dalam sungai, hanyut terbawa arus, atau bahkan lenyap dihantam kereta. Ouch! Jika Anda mau cari aman dengan diam saja, itu juga merupakan langkah yang salah. Ragu-ragu menyeberang atau berdiam terlalu lama di satu tempat juga berbahaya, karena karakter bisa disambar elang dan lenyap.Walau nasib si karakter hewan super lucu ini berakhir tragis, namun visualisasi dari keapesan para karakter digambarkan secara jenaka dan begitu komikal. Tidak perlu waktu lama untuk bisa segera menguasai pergerakan karakter Anda. Kontrol game ini dikendalikan dengan sentuhan pada layar yang simpel. Cukup tap untuk bergerak maju dan swipe ke arah yang dimaksud untuk membuat karakter hewan bergerak menyamping atau mundur.

    Jika Anda bosan dengan karakter utama yang sedang dimainkan, jangan khawatir. Crossy Road menghadirkan lebih dari satu karakter hewan yang begitu lucu. Berbagai variasi karakter tersebut hanya bersifat penggantian skin karakter saja. Semua kemampuan karakter pada dasarnya sama, dalam artian tidak ada kemampuan khusus ataupun power boost yang hanya dimiliki karakter

    tertentu. Anda bisa unlock karakter baru lewat sebuah mesin gachapon dengan menukarkan seratus koin skor per satu kali kesempatan. Jika Anda ingin langsung karakter yang spesifik, Anda dapat langsung membeli karakter tersebut secara In-App Purchases seharga Rp 12.000. Namun masing-masing karakter memiliki ciri khusus yang membedakan mereka dengan karakter lainnya. Sebagai contoh, karakter vampir bisa berubah menjadi kelelawar. Ada juga karakter unicorn yang dapat meninggalkan jejak sinar pelangi ketika melompat-lompat sambil meringkik. Variasi keunikan karakter inilah yang menjadi pemanis Crossy Road dan pastinya akan membuat Anda penasaran untuk unlock lebih banyak karakter.

    Kesimpulannya, Crossy Road adalah game yang sangat asyik untuk dimainkan ketika Anda sedang memiliki waktu senggang atau bahkan sedang jenuh. Terlebih, selain gameplay-nya yang simpel dan menarik, game ini memiliki banyak karakter yang bisa di-unlock. Tampilan pikselasinya juga begitu lucu dan penuh warna.

  • 4545

    Jurassic World: The Game

    Developer: Ludia Inc

    Tampilan grafis begitu memukau, detil taman dan bangunan begitu sempurna.

    Konsep gameplay simulasinya stagnan dan hampir sama dengan Jurassic Park The Builder

    OS: iOS | Android

    Price: Free

    Specification

    +

    -

    4.5 of 5

    The park is open! Jika Anda sudah menonton seri terbaru dari Jurassic Park, jangan melewatkan game yang dirilis ekslusif untuk mobile ini. Jurassic World: The Game, sejatinya menawarkan permainan dengan campuran genre simulasi dan juga fighting pada saat yang

    bersamaan. Gameplay-nya sekilas bisa dibilang tipikal game Jurassic Park Builder yang sudah lebih dulu hadir untuk mobile. Secara gamblang, Jurassic World: The Game bisa dibilang sebagai game simulasi yang benar-benar mengadaptasi film aslinya. Hanya saja, game

    ini cuma bisa digambarkan dari penggabungan gameplay simulasi pembangunan taman dinosarus dan juga simulasi dino battle. Layaknya game simulasi, Anda harus memulai game dari 0. Anda harus melakukan `ternak` dinosaurus, membangun gedung dan kandang yang dilengkapi pelindung listrik, dan masih banyak lagi.

    Intinya adalah taman Anda

    harus mendapatkan banyak uang agar dapat melakukan ekspansi taman lebih besar lagi. Seperti yang sudah dijelaskan, game ini mengadaptasi langsung film aslinya. Tak heran aspek struktur dan arsitektur gedung yang Anda buat selama simulasi mirip dengan gedung yang ada di film Jurassic World. Namun, terlepas dari semua hal yang sudah dibahas, tidak ada perbedaan yang begitu mencolok jika dibandingkan dengan seri Jurassic Park Builder.

    Jika bosan membangun taman dinosaurus, mungkin Anda harus mencoba fitur dino battle. Ya, fitur ini setidaknya menjadi satu sorotan yang akhirnya membuat Anda berpikir bahwa game tersebut memiliki satu perbedaan dibanding Jurassic Park Builder. Lewat dino battle, Anda diharuskan mengontrol dinosaurus untuk bertarung melawan dinosaurus musuh secara turn based. Trik yang harus dilakukan adalah dengan menyusun strategi attack dan defense secara berurutan agar dapat melancarkan pertarungan. Perlu diingat, semakin kuat

    dinosaurus yang Anda miliki, semakin besar serangan yang akan dilancarkan. Dapat disimpulan bahwa game ini tidak ada yang terlalu mencolok dibanding seri terdahulunya, kecuali fitur dino battle dan suasana ambience adaptasi Jurassic World yang begitu kental.

    REVIEW

  • 46

    REVIEW

    4 Launcher Pemanis Tampilan Android Bila merasa tampilan antarmuka di smartphone Android Anda membosankan, kini saatnya Anda berburu aplikasi launcher untuk mengkostumisasi tampilan handset kesayangan Anda. Ada banyak jenis aplikasi launcher yang bisa Anda peroleh secara gratis di toko aplikasi Google Play Store. Dari semua launcher yang `bertebaran` di app store tersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan fitur yang berbeda.

    Untuk memperoleh launcher yang terbaik, Anda harus pintar memilah-milihnya. Jangan sampai launcher yang Anda unduh dan instal, malah justru membuat kinerja smartphone Android Anda lemot. Ada baiknya untuk memilih aplikasi launcher yang ringan dengan ukuran file yang tak lebih dari 10 MB. Berikut ini kami sajikan 4 (empat) launcher dengan kualitas terbaik dan cukup diganderungi pengguna Android di Tanah Air. (im)

    Apex Launcher

    Apex Launcher menyediakan fitur untuk kostumisasi Homescreen sampai 9 halaman dengan dock maksimal 7 ikon per halaman. Berbagai efek memukau bisa Anda gunakan untuk mempercantik tampilan smartphone Android Anda. Aplikasi launcher ini juga menyediakan sejumlah tema untuk icon packs, skin, dan bahkan bisa menyembunyikan aplikasi. Sekilas tampilannya terlihat mewah, tapi sebenarnya aplikasi ini sangat simple dan minimalis. Pada menu Setting, Anda bisa mengkostumisasi Homescreen, Drawer, Dock, Folder, Theme, dan lain sebagainya.

    Apex Launcher hadir dalam dua jenis yaitu berbayar dan gratis, keduanya tentu memiliki fitur yang berbeda. Pada versi berbayar terdapat fitur finger gesture untuk membuka beberapa aplikasi hanya dengan sentuhan jari dan tersedia pula fitur

    Developer: Android Does

    OS: Android

    Price: Free

    4.3 of 5

    Specification

    Dapat merubah ikon sesuai selera, bisa menyembunyikan aplikasi, dan menyuguhkan banyak efek transisi.

    +

    Tak bisa digunakan pada OS di bawah Android 4.1 dan tampilannya terlalu sederhana.

    -

    pembaca notifikasi. Namun sayangnya, aplikasi launcher ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi (OS) android 4.1 atau di atasnya.

    4646

  • 47

    REVIEW

    EverythingMe Launcher

    Nova Launcher

    EverythingMe menyuguhkan banyak fitur untuk memudahkan Anda dalam mengoperasikan smartphone Android. Tak hanya menyajikan tampilan yang segar, launcher ini juga akan membantu pencarian beragam aplikasi, contact, dan website lewat kotak pencarian di Homepage. EverythingMe juga memungkinkan Anda melakukan kostumisasi tampilan antarmuka sesuai dengan kebutuhan, seperti lokasi, waktu, selera individu, dan lain sebagainya.

    Beberapa fitur pintar dari aplikasi ini adalah Smart Folders yang merapikan seluruh aplikasi, Prediction Bar untuk menyajikan aplikasi berdasarkan konteks,

    Nova Launcher memungkinkan Anda untuk melakukan segala hal yang dibutuhkan agar tampilan smartphone Android kesayangan Anda terlihat semakin keren. Mulai dari mengubah icon, warna , layout, animasi, drawer, dan lain sebagainya. Meskipun memiliki fitur yang cukup lengkap, aplikasi launcher ini tidak memakan memori RAM. Maka tak heran bila Nova Launcher diunduh oleh banyak pengguna di Google Play Store.

    Selain ringan, kinerja Nova Luncher juga responsif dengan pilihan setting kostumisasi yang beragam dan menarik. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan back up yang dapat digunakan untuk menyimpan kostumisasi yang sudah Anda buat. Pada setiap kostumisasi yang ditawarkan, menyediakan berbagai pilihan yang sangat menarik. Misalnya, Anda bisa menambahkan hingga tujuh halaman pada homescreen dengan setting wallpaper dan scrolling yang bisa diatur sendiri. Anda bahkan bisa menyembunyikan aplikasi tertentu agar tidak digunakan oleh orang lain.

    Developer: EverythingMe

    OS: Android

    Price: Free

    4.5 of 5

    Specification

    Dilengkapi pencarian super cepat, menyediakan folder cerdas, dan memberitahu saran aplikasi terbaru.

    +

    Meskipun terlihat sempurna, namun EverythingMe sepertinya harus menambahkan fitur tambahan seperti tema lockscreen.

    -

    Developer: TeslaCoil Software

    OS: Android

    Price: Free

    4.6 of 5

    Specification

    Aplikasi ringan dan responsif, mudah digunakan, dan memiliki tampilan antarmuka beragam.

    +

    Hanya kompatibel untuk perangkat Android versi 4.0 atau di atasnya.

    -

    Lightning Fast Search yang berguna untuk mencari segala hal yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Anda juga akan diberikan rekomendasi aplikasi berdasarkan kebiasaan Anda selama menggunakan smartphone. Misalnya, di smartphone Anda terdapat beberapa aplikasi media sosial, EverythingMe akan membacanya dan memberi Anda rekomendasi aplikasi-aplikasi media sosial yang sering Anda gunakan.

    Buzz Launcher

    Buzz Launcher memiliki fitur yang tidak dimiliki aplikasi launcher kebanyakan, yaitu Homepack. Pada fitur ini Anda dapat memasang widget, icon pack dan wallpaper dengan mudah (cukup download dan instal). Ada lebih dari 10.000 homepack yang bisa Anda pilih untuk mempercantik tampilan smartphone Android Anda. Homescreen Pack pada Buzz Launcher bahkan selalu update setiap hari.

    Disediakan pula fitur widget dengan desain unik, seperti jam, tanggal, dan baterai. Personalisasi homescreen juga dapat diatur sesuai selera dengan dukungan ratusan ribu tema gratis. Sayangnya, meskipun ukuran file Buzz Launcher tak lebih dari 10 MB, akan tetapi aplikasi ini bisa menguras memori RAM pada smartphone Anda. Namun Anda tak perlu

    khawatir karena Anda bisa menyiasatinya dengan tidak memakai banyak widget.

    Developer: Buzz Launcher Team

    OS: Android

    Price: Free

    4.4 of 5

    Specification

    Menyediakan banyak Homepacks, mudah digunakan, dan tersedia ratusan ribu tema gratis.

    +

    Tampilan di Homepack agak rumit dan cukup menguras memori RAM.

    -

    47

  • 48

    PhotoMathGuru Matematika Berukuran Saku

    Aplikasi ini terbilang unik karena dapat memecahkan soal matematika secara cepat hanya dengan menggunakan kamera yang tertanam di smartphone. PhotoMath bahkan memiliki file yang sangat kecil yaitu hanya 4,25 MB sehingga tidak menguras memori smartphone. PhotoMath diklaim sebagai aplikasi kamera kalkulator pertama dunia.

    Cara penggunaannya pun cukup mudah, arahkan kamera ke salah satu soal matematika. Kemudian kamera akan memindai atau melakukan scanning dan PhotoMath langsung menampilkan jawaban atau hasil yang benar di layar smartphone Anda. PhotoMath juga dilengkapi teknologi pengenalan karakter untuk membaca soal matematika tertentu, sehingga dapat meresponsnya dan memberikan jawaban.Dengan menekan tombol Step, Anda dapat melihat langkah demi langkah solusi yang diberikan secara lengkap. Tentunya PhotoMath sangat berguna ketika Anda terjebak dengan soal matematika yang sulit. Namun jangan sampai Anda menggunakan aplikasi ini pada saat ujian metematika, karena sama saja Anda mencontek dan bersikap tidak jujur.

    Developer: Microblink

    OS: iOS | Android

    Price: Free

    4.3 of 5

    Specification

    Mudah digunakan, responsif, dan tidak ada iklan pop-up yang mengganggu.

    +

    Aplikasi ini perlu ditingkatkan karena ada beberapa soal matematika dengan karakter tertentu yang tidak bisa terbaca.

    -

    Anda bisa memanfaatkan PhotoMath untuk anak-anak sebagai alat yang membantu mereka belajar matematika. Sementara orangtua dapat menggunakannya untuk memeriksa pekerjaan rumah mereka. Dengan aplikasi ini, Anda seakan memiliki seorang guru matematika di dalam saku Anda. Bahkan pada update terbaru kali ini, PhotoMath mendukung aritmatika dasar, pecahan, angka desimal, persamaan linear, dan beberapa fungsi lainnya seperti logaritma. Sebagai informasi, aplikasi ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak 3 tahun lalu oleh seorang ilmuwan asal Kroasia, namun kala itu belum diperkenalkan secara luas. Damil Sabol selaku CEO PhotoMath mengungkapkan bahwa penciptaan aplikasi ini ditujukan untuk membuat matematika menjadi lebih mudah dan sederhana

    dengan mendidik para pengguna memecahkan soal matematika. Ke depannya, Sabol berharap mata pelajaran matematika sudah tidak lagi menjadi suatu hal yang menakutkan serta dihindari. (im)

    REVIEW

    4848

  • 49

    REVIEW

    Emoji Keyboard-TouchPal Ungkapan Emosi Menjadi Lebih Berwarna

    Developer: TouchPal Emoji Keyboard Team

    OS: iOS | Android

    Price: Free

    4.6 of 5

    Specification

    Menyediakan ratusan emoji, tema keyboard dapat dikostumisasi sesuai selera, dan menjaga privasi pengguna.

    +

    Beberapa emoji yang disajikan terlihat sangat berlebihan sehingga berpeluang dapat mengganggu teman chat Anda.

    -

    Aplikasi ini menggoda kami untuk mengunduh dan menginstalnya karena Emoji Keyboard-TouchPal masuk dalam jajaran Top 10 aplikasi gratis di Google Play Store di bulan ini. Ukuran file pada aplikasi keyboard inovatif ini adalah sekitar 16 MB. Lumayan besar untuk sebuah aplikasi keyboard. Namun semua itu terbayar ketika kami selesai mengunduh dan menginstalnya di smartphone Android yang kami gunakan. Pasalnya, ada banyak tema yang tersedia untuk keyboard ini. Dengan aplikasi ini Anda dapat menggunakan sekitar 800 emoji untuk mengirim teks kepada orang lain, emoticon, smiley dan teks, memberikan prediksi kata secara akurat, dan masih banyak lagi. Emoji Keyboard-TouchPal bahkan menyediakan lebih

    dari 85 bahasa, sehingga sebagian besar dari populasi penduduk dunia bisa menggunakannya. Maka tak heran bila Emoji Keyboard-TouchPal meraih penghargaan Mobile Innovation Global Award. Saat membuka aplikasi ini Anda akan diperintahkan untuk mengatur Emoji Keyboard-TouchPal secara default di keyboard smartphone Anda. Jangan khawatir soal keamanan karena aplikasi ini mengklaim tidak akan menyimpan password, PIN kartu kredit atau mobile banking, dan semua hal yang berbau privasi. Setelah itu pilih tema keyboard sesuai selera, atur keyboard shortcut, pilih bahasa, dan kemudian Anda akan

    dibawa ke menu Settings.

    Di sini Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan Keypress sound, mengatur Keypress vibration, memilih Keypress popup, ukuran font, komposisi keyboard, urutan nomor, dan lain sebagainya. Selama menggunakan aplikasi ini kami merasa tidak ada batasan karena memungkinkan pengguna merancang tema sesuai selera, yaitu tema DIY. Anda dapat mengatur gambar sebagai latar belakang keyboard. Emoji Keyboard-TouchPal juga memberikan beberapa saran saat mengetik, untuk membuatnya jauh lebih mudah.Terlebih Anda dapat menggunakan fitur Swype agar aktivitas mengetik lebih cepat. Fitur ini

    membuat Anda lebih mudah untuk memasukkan kata atau kalimat, karena tidak harus menekan huruf atau angka secara berulang-ulang di layar. Fitur teks prediktif yang ada juga membuat Anda tidak perlu menulis sebuah kata dengan lengkap untuk menyelesaikannya. Secara teori, fitur ini menjadikan proses memasukkan teks menjadi lebih ringkas.

    Fitur menarik lainnya, dengan hanya menggesek layar ke atas, Anda akan menemukan sejumlah emoji berbentuk unik dengan teman menarik. Beberapa diantaranya adalah Emoji art dengan enam pilihan tema berbentuk rangkaian gambar dan kata-kata unik serta Emoticon yang juga menyediakan enam tema. Fitur lain yang juga patut dicoba adalah Anda bisa memasukkan angka dan tanda baca dengan cara menggesek tombol secara relevan ke atas dan ke bawah.

    49

  • akan melihat daftar pengguna yang tengah bersiaran langsung. Bila ingin memulai streaming video sendiri, tekan tombol Broadcast di bagian tengah. Di fitur ini Anda akan menemukan tiga tombol lainnya untuk mengaktifkan lokasi, video private dan pilihan untuk mem-posting di Twitter. Sementara saat Anda menekan tombol People, akan ditemukan daftar akun yang bisa di-follow. Bila ingin mencari suatu akun, tekan ikon kaca pembesar di sudut kiri atas. Jika ingin melakukan pengaturan akun, cukup menekan ikon di pojok kanan atas. Jika Meerkat memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan video streamingnya, lain halnya dengan Periscope. Periscope justru memungkinkan pengguna menonton ulang siaran dalam kurun waktu

    24 jam, dimana fitur ini tidak dimiliki oleh Meerkat. Untuk sistem follower, Periscope menampilkan semua orang yang bisa Anda follow di Twitter. Hal ini memudahkan Anda mencari pengguna Periscope yang dikenal.

    REVIEW

    Jalin Silaturahmi dengan Meerkat dan Periscope

    Mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Itulah kalimat yang kerap terdengar ketika Anda menggunakan jejaring sosial untuk berkomunikasi dengan keluarga dan rekan Anda yang tinggal jauh dari rumah. Bulan suci Ramadhan merupakan momen yang pas untuk menjalin hubungan silaturahmi lebih erat ke semua orang. Apalagi menjelang Lebaran, jejaring sosial sering dimanfaatkan sebagai wadah untuk menyampaikan permintaan maaf ke semua rekan dan keluarga, tanpa terkecuali. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjalin silaturahmi lewat jejaring sosial. Untuk membuat permintaan maaf Anda lebih terasa nyata dan sampai kepada rekan Anda,

    tidak ada salahnya mengirimkan permintaan maaf ataupun sekadar bertegur sapa lewat video. Bagaimana ya caranya? Gunakanlah layanan jejaring sosial streaming video.

    Setidaknya terdapat dua layanan jejaring sosial berbasis streaming video yang sedang digandrungi banyak orang yaitu Meerkat dan Periscope. Kedua aplikasi ini memungkinkan para penggunanya membuat streaming video dan membagikannya secara real time kepada follower Twitter-nya di seluruh dunia. Apa saja keunggulan dari Meerkat dan Periscope? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. (ir)

    Periscope

    Developer: Twitter Inc

    OS: Android

    Price: Free

    Specification

    Proses livestream video mudah, antarmuka sederhana dan minimalis, membantu Anda mencari stream video yang popular.

    +

    Tidakdapat mem-posting komentar Twitter-

    4 of 5

    Serupa dengan Meerkat, aplikasi besutan Twitter ini hadir dengan mengusung layanan jejaring sosial video yang cukup interaktif. Periscope sendiri dibuat oleh Keyvon Beykpour dan Joe Bernstein. Aplikasi ini sebenarnya sudah hadir setahun lalu dan pada Januari 2015, Twitter membeli aplikasi ini senilai US$ 100 juta. Dengan mengakuisisi Periscope, Twitter pada nyatanya ingin meningkatkan layanan video mereka.

    Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, Twitter telah menguji iklan video dan memungkinkan pengguna meng-upload dan mengedit video mereka. Berbeda dengan Meerkat, Periscope lebih unggul di segi antarmuka dan tampilan. Mengusung konsep simplicity, Periscope hanya menyematkan tiga tombol di bawah layar, yakni Watch, Broadcast, dan People.Saat menekan Watch, Anda

    Berbeda dengan Meerkat yang memainkan sistem nilai agar dapat memperlihatkan akun terpopuler, Periscope justru tidak berfokus ke segi penilaian. Aplikasi ini justru hanya menampilkan daftar pengguna yang mendapatkan hati/like terbanyak. Jika Meerkat secara otomatis mem-posting semua komentar Twitter sebagai @replies, Periscope sayangnya tidak melakukan hal tersebut dan malah menyimpannya di aplikasi. Bila ingin rekan Anda tetap keep in touch dengan segala kegiatan yang Anda lakukan, Periscope sangatlah cocok untuk menjadi wadah video streaming agar mereka dapat melihat setiap detil kegiatan atau kabar yang akan disampaikan.

    5050

  • 51

    REVIEW

    Meerkat

    Developer: Twitter Inc

    OS: Android

    Price: Free

    Specification

    Proses livestream video mudah, antarmuka sederhana dan minimalis, membantu Anda mencari stream video yang popular.

    +

    Tidakdapat mem-posting komentar Twitter-

    4 of 5

    Meerkat sebelumnya sudah lebih dulu dikenal sebagai AIR dan Yevvo. Didirikan oleh Ben Rubin pada 2012, aplikasi ini baru saja menerima kucuran pendanaan sebesar US$ 14 juta dari perusahaan pemodal ventura Sillicon Valley. Meerkat memulai debutnya di festival SXSW pada Februari 2015. Dari segi tampilan antarmuka, Meerkat tidak memiliki menu baru di bagian bawah.

    Meerkat menempatkan live streaming di bagian depan. Selain itu, aplikasi ini tidak menampilkan

    bagian profil foto dan tempat untuk mendeskripsikan profil pengguna. Pada dasarnya, aplikasi ini lebih memfokuskan para penggunanya hanya untuk memposting dan menonton siaran. Lebih lanjut, Meerkat memungkinkan pengguna menjadwalkan siarannya sendiri. Aplikasi ini juga secara otomatis akan tweet link ketika live streaming dimulai.

    Namun demikian, hal ini agak sedikit mengganggu jika pengguna yang tidak ingin follower-nya di Twitter

    menonton live streaming tersebut. Soal sistem follower di Meerkat, Anda bisa ekspansi akun hanya dengan melihat orang yang dikenal dengan cara mencari nama mereka. Penguna Meerkat yang popular adalah mereka yang mendapatkan nilai tertinggi.

    Nilai tersebut didapat dari sistem kombinasi jumlah penonton dengan lamanya durasi video yang dilihat, serta bagaimana proses interaksi yang ada di dalamnya. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna mengomentari live streaming milik mereka sendiri seperti halnya para penonton siaran tersebut. Tapi Meerkat secara otomatis memposting semua komentar ke Twitter sebagai @replies.

    Aplikasiini bahkan memungkinkan viewer-nya memberikan tanda `like` di sebuah live streaming. Sekali Anda menekan layar, ikon hati akan tampil. Semakin banyak orang yang menekan layar, semakin banyak pula hati yang akan diterima sang pemilik siaran. Secara keseluruhan, aplikasi ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin live streaming aktivitas yang dilakukan di bulan

    suci Ramadhan atau di hari Hari Raya Lebaran. Meerkat menjadi sebuah jejaring sosial video yang paling sederhana dan memungkinkan Anda langsung melakukan live streaming dari smartphone.

    51

  • 52

    Giat Salat Lewat Aplikasi BermanfaatMengingat fungsinya yang begitu penting yakni sebagai tiang agama, salat lima waktu bagi umat muslim merupakan ibadah wajib yang tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan apapun. Namun terkadang, kewajiban tersebut tidak bisa Anda jalankan tepat waktu atau bahkan lolos sama sekali lantaran kesibukan yang super padat.

    Untungya, kini telah tersedia berbagai aplikasi salat yang bisa Anda unduh di beragam toko aplikasi. Dengan hadirnya aplikasi tersebut, sekarang tidak ada alasan lagi untuk lupa, tidak sempat, atau meninggalkan kewajiban salat. (tgh)

    Salatuk

    Developer: Masarat App

    OS: Android | iOS

    Price: 2.99 US$ (iOS)

    Specification

    Dilengkapi alarm, jadwal sholat, kiblat, masjid terdekat, mudah digunakan.

    +

    Koleksi masjid terdekat masih kurang.-

    4.6 of 5

    REVIEW

    Kali pertama masuk aplikasi ini, Anda akan disodorkan bahasa apa yang ingin digunakan, Inggris, Indonesia, Perancis atau Arab. Setelah itu, Salatuk akan mendeteksi lokasi Anda secara otomatis. Setelah lokasi Anda tertangkap aplikasi ini, Anda bisa melihat jadwal waktu salat lima waktu. Selain itu, Anda juga bisa mencari masjid terdekat agar bisa menjalankan salat secara berjamaah. Serunya lagi, agar tidak ketinggalan waktu salat,

    tersedia fitur alarm berupa Adzan yang lantunannya bisa Anda pilih sesuai selera. Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah hadirnya kompas, untuk menentukan dimana arah kiblat. Dan yang tidak kalah menariknya, Anda bisa membagikan berbagai fitur yang ada di aplikasi ini ke akun media social, seperti Facebook atau Twitter.

    5252

  • 53

    Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla

    Masjidku

    Meskipun tergolong sangat sederhana, namun pengembang aplikasi boleh dikata cukup rajin memperbaharuinya. Salah satu fitur yang dibenamkan dalam aplikasi ini adalah kompas yang berfungsi untuk mencari arah kiblat. Jangan lupa untuk mengisi data lokasi terlebih dahulu yang bisa Anda pilih secara otomatis atau manual guna mendeteksi keberadaan Anda. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyuguhkan informasi jadwal waktu salat secara lengkap, mulai dari waktu salat saat ini,

    Aplikasi gratisan ini sangat cocok untuk Anda yang sedang dalam perjalanan dan ingin melaksanakan ibadah salat lima waktu di masjid terdekat. Untuk mencari masjid terdekat, Anda harus memasukkan lokasi terlebih dahulu. Selain itu, tersedia juga fitur kompas yang memudahkan Anda dalam menentukan arah kiblat. Dan yang tidak kalah penting adalah fitur Jadwal Salat, sehingga Anda bisa mempersiapkan diri beberapa saat sebelum Adzan berkumandang. Menariknya, aplikasi ini juga menyediakan layanan infaq yang sangat membantu Anda jika

    Developer: Kodelokus Cipta Aplikasi

    OS: Android

    Price: Free

    Specification

    Antarmuka sederhana, mudah digunakan+Sedikit terganggu dengan iklan baris, koleksi kota kurang

    -4.6 of 5

    Developer: Algostudio

    OS: Android | iOS

    Price: Free

    Specification

    Fitur lengkap, mudah digunakan, antarmuka menarik plus gambar, artikel up to date

    +

    Koleksi masjid masih kurang banyak, kadang force closed

    -4.7 of 5

    berapa menit lagi menuju waktu salat berikutnya, dan waktu salat lima waktu, hingga jadwal salat hari berikutnya. Anda juga bisa melakukan pengaturan untuk menavigasi beberapa fitur, seperti vibrasi, nada notifikasi, volume adzan, dan masih banyak lagi.

    ingin beramal. Anda juga akan mendapatkan update berita-berita terbaru seputar kegiatan masjid berkat hadirnya fitur Pemberitahuan.

    AlQiblaWalaupun nama aplikasinya alQibla, namun di dalamnya tersedia juga jadwal salat lima waktu, mulai dari Shubuh hingga Isya. Menariknya, selain menyajikan jadwal salat pada hari ini, alQibla juga menyuguhkan waktu salat untuk keesokan harinya. Melalui menu metode kalkulasi, Anda bisa mengatur jenis cara penghitungan waktu salat yang ingin digunakan. Anda juga bisa mengatur notifikasi jika waktu salat lima waktu telah tiba. Lamanya waktu notifikasi pengingat waktu salat juga bisa Anda atur berapa lama durasinya. Bahkan, Anda diijinkan untuk mengatur lokasi secara manual.

    Developer: Utility Apps

    OS: Android | iOS

    Price: Free

    Specification

    Antarmuka terlihat segar, tersedia menu metode kalkulasi.

    +Banyak iklan pop-up yang muncul, kadang force closed.

    -4.5 of 5

    REVIEW

    53

  • TUTORIAL

    Blokir Iklan Mengganggu Dengan Adblock Browser Banyak pengguna smartphone Android yang menghabiskan waktu ngabuburit-nya dengan melakukan aktivitas browsing, namun tak sedikit juga yang mengeluh kerap menemukan advertisement yang tiba-tiba muncul secara pop-up ketika sedang asyik berseluncur di web favorit. Jangan heran bila banyak orang yang menyarankan, smartphone Anda harus di-root terlebih dahulu.

    Pada dasarnya, untuk menghilangkan iklan yang kerap muncul dan menganggu di smartphone Android memang membutuhkan akses root. Tapi pada kenyataannya, banyak dari pengguna Android enggan untuk melakukan root pada Android mereka. Lalu bagaimana cara mudah untuk menghilangkan iklan tersebut?

    Untuk mengatasi permasalahan iklan yang sering menganggu aktivitas browsing di Android, sekarang sudah ada cara yang jauh lebih sederhana agar bisa browsing nyaman tanpa gangguan iklan, bahkan tanpa harus di-root sekalipun. Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi Adblock Browser.

    Berhubung aplikasi ini tidak tersedia di toko apliksi Google Play Store, Anda dapat mengunduh file APK-nya di web. Namun, pastikan bahwa aplikasi tersebut dapat diinstal di perangkat Android Anda. Caranya masuk ke Setting -> Security -> dan berikan centang pada bagian Device Administration -> Unknown Sources. Hal ini akan membuat aplikasi yang diunduh dari unknown sources bisa terinstal di perangkat Android Anda. Jika Anda ingin menonaktifkan unknown source lagi, klik centang setelah nantinya Anda berhasil menginstal Adblock Browser. (ir)

    Langkah berikutnya, unduh file APK Adblock Browser langsung dari web (langkah yang tim Redaksi Majalah MOS lakukan adalah mengunduhnya dari www.apkthing.com). Lalu pilih download. Setelah diunduh, file APK tersebut secara otomatis akan terinstal di perangkat Android Anda. Pilih Accept untuk memproses lebih lanjut dan aplikasi Adblock Browser telah berhasil diinstal, dan kemudian pilih Open untuk membuka aplikasi tersebut.

    Setelah membuka Adblock Browser, jangan kaget dengan tampilannya. Seperti namanya, aplikasi ini memang berfungsi sebagai browser. Aplikasi ini mirip dengan Mozilla Firefox, mulai dari fitur dan tampilannya sangat mirip. Jadi, jangan heran ketika pertama kali membukanya, Anda malah mengira bahwa ini adalah `kloningan` dari Firefox for Android.

    Belum, Anda belum selesai. Anda harus melakukan `pencegahan` terhadap iklan-iklan yang nantinya bisa menganggu kembali. Untuk itu tekan tombol navigasi menu di perangkat Android Anda dan secara otomatis daftar pilihan akan muncul, dan pilihlah Settings. Setelah masuk ke Settings, yang berikutnya harus dilakukan adalah Anda masuk ke pilihan Adblocking. Selanjutnya pilih direktori Exceptions -> Acceptable Ads.

    Setelah masuk ke direktori Acceptable Ads, hilangkan centang yang ada di pilihan `Allow some non-intrusive advertising` untuk mencegah munculnya advertisement nakal. Nah, setelah itu, cobalah browsing dengan menggunakan aplikasi ini. Dijamin Anda tidak akan menemukan iklan-iklan yang menganggu lagi. Selamat mencoba!

    TUTORIAL

    1

    3

    5 6 7 8 9

    2

    4

    5454

  • 55

    TUTORIAL

    Game Kerap Forced Closed? Pakai Clean Master(Boost & AppLock)

    Jika Anda merupakan pengguna Android yang gemar bermain game, kira-kira bagaimana rasanya ketika Anda sedang asyik bermain game di tengah waktu ngabuburit, tiba-tiba game yang sedang dimainkan forced closed? Kalau masalah forced closed belum cukup, keluhan lain yang gamer sampaikan pun cukup serius.

    Game yang dimainkan loading-nya bisa sangat lama, ataupun tampilan grafik yang dihadirkan patah-patah. Padahal perangkat Android yang digunakan memiliki spesifikasi yang cukup baik. Di tutorial kali ini, kami akan mengajak Anda untuk berhenti bermain game sejenak dan melihat cara singkat untuk membuat game yang dimainkan di perangkat Android tidak mudah forced closed dan terhindar dari gangguan lainnya.

    Dengan aplikasi Clean Master, Anda cukup menggunakan fitur Game Booster dan semua akan kembali seperti semula. Pertama, pastikan aplikasi ini sudah terinstal di perangkat Android Anda.

    Ketika pertama kali membuka Clean Master, buka pilihan Start, dan Anda akan dihadapkan pada menu utama. Pertama kali, pilih Junk Files untuk menghapus file Junk.

    Setelah itu, Anda akan kembali ke menu utama Clean Master, pilih Phone Boost. Setelah Anda masuk ke direktori Phone Boost, pilih ikon kontroler game di sudut kanan atas untuk melakukan boosting game yang terinstal di perangkat Android Anda.

    Setelah Anda masuk ke Game Booster, Anda akan disajikan jajaran game yang terinstal di perangkat Android Anda. Pilih game yang akan di-boost, lalu pilih pilihan Boost.

    Proses akhir akan memperlihatkan berapa persen game yang telah di-boost oleh aplikasi ini. Selamat mencoba! (ir)

    1

    2 3 4

    Developer:Cheetah Mobile

    OS: Android

    Price: Free

    Specification

    4.7 of 5

    55

  • 56

    TUTORIAL

    1

    3

    2

    Cara Mudah Percantik Wajah

    Dengan Perfect365

    Developer: ArcSoft Inc

    OS: Android | iOS

    Price: Free

    Specification

    4.2 of 5

    Lets get back into the business. Siapa sih yang tidak suka selfie? Orang yang tidak suka selfie sekalipun pasti setidaknya pernah sekali atau dua kali mencoba melakukan tren yang lagi hangat-hangatnya di dunia teknologi dan lifestyle ini. Sambil mengulur waktu menunggu berbuka, cobalah bermain dengan aplikasi Perfect365.

    Aplikasi populer ini tentunya sudah diketahui banyak orang, khususnya penggila selfie lantaran menghadirkan segudang fitur yang dapat memoles wajah Anda menjadi berbeda 365 derajat. Tidak percaya? Coba saja! hanya dalam waktu kurang dari 5 menit, foto selfie Anda akan dipoles habis-habisan sesuai selera.

    Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi ini lewat Google Play Store. Setelah Anda membuka aplikasi ini, Anda akan dihadapkan dengan menu utama. Jika Anda langsung ingin mengedit foto selfie Anda pada saat itu juga, Anda bisa pilih Camera. Namun, jika Anda ingin mengedit foto selfie yang sudah tersimpan di Gallery, pilihlah Gallery. Namun, kali ini kami akan menggunakan sampling wajah seperti yang sudah disediakan tim developer Perfect365 di aplikasi ini. (ir)

    Pertama kali Anda membuka `dapur kecantikan` Perfect365, Anda akan disuguhkan beberapa pilihan. Untuk icon (i) merupakan tutorial singkat dan penjelasan masing-masing dari efek yang disediakan di aplikasi ini. Sedangkan untuk icon (B|A) jika Anda sentuh, akan memperlihatkan perbandingan muka yang sudah di-make up dan yang belum di-make up nantinya. Anda pun bisa mencoba preset efek make up yang sudah disediakan secara otomatis dengan memilih kotak-kotak preset di bagian bawah. Yang Anda harus lakukan adalah sentuh icon (Edit) untuk langsung menggunakan perkakas kemolekan Anda.

    Namun, jika Anda termasuk orang yang `perfeksionis` dalam merombak penampilan fisik, Anda bisa menggunakan beberapa preset filter yang sudah disediakan. Mulai dari bagian mata, terdapat Eye Shadow, Eyelashes, Eye Liner, Eyebrows, Eye Color, dan Eyes. Semua bisa diatur secara manual dengan bar slider yang tersedia di kiri layar smartphone, sesuai dengan keinginan.

    Setelah Anda sentuh icon (Edit), Anda akan bertemu dengan beberapa efek filter, mulai dari Key Points, Hotstyles, Eye Shadow dan masih banyak lagi. Jika Anda `malas` memberikan efek make up secara mendetil, kami sarankan menggunakan preset efek Hotstyles. Terdapat beberapa efek make up tematik, mulai dari Everyday, Chic, Romantic, Glamour, dan Wild. Anda cukup kotak efek make up di bawah layar dan voila, wajah di foto selfie secara otomatis langsung berubah drastis.

  • 57

    TUTORIAL

    4

    Berikutnya, Anda bisa memilih preset Skin, dimana terdapat beberapa sub kategori efek make up untuk kulit wajah Anda, mulai dari Blemishes, Brighten Skin, Soften Skin, Foundation, dan Blush. Semua dapat diatur secara manual dengan menggunakan bar slider.

    Preset efek berikutnya adalah yang paling banyak digunakan banyak orang. Ya, preset Contour ini berfungsi untuk meniruskan wajah, meruncingkan hidung, dan memberikan kesan efek `operasi plastik` di foto selfie Anda.

    Jika sudah selesai, pilih ikon panah di atas kanan layar smartphone untuk proses lebih lanjut. Berikutnya, Anda bisa memilih beberapa pilihan untuk foto yang sudah berhasil diedit, mulai dari menambahkan efek, menyimpannya di galeri, hingga share ke jejaring sosial.

    Langkah terakhir, jika Anda ingin mengubah tampilan padanan rambut, Anda bisa menggunakan fitur preset Hair. Di sini, Anda berpeluang memilih jenis rambut sesuka hati, Anda bahkan bisa mengatur letak rambut tersebut agar terlihat pas dengan bentuk muka.

    Jangan lupakan bagian bibir. Di preset efek make up Lips, Anda bisa mengatur kapasitas warna lipstick Anda, memutihkan gigi, melebarkan senyum, bahkan memberikan sentuhan efek glossy di bibir agar terlihat lebih matang.

    5

    6

    7

    8

  • 58

    TUTORIAL

    HIJAB MAKE-UP SALONBerhijab Lebih Percaya Diri

    Developer: Moms Interactive

    OS: Android

    Price: Free

    Specification

    4.1 of 5

    Pada momen Ramadhan ini banyak wanita yang sebelumnya tidak berhijab, memantapkan diri untuk menutup auratnya lebih sempurna lagi dengan berhijab. Apalagi saat ini tren mode dan fesyen hijab tengah berkembang dan diganderungi Kaum Hawa di Tanah Air. Komunitas yang biasa memadukan fesyen hijab terkini sering disebut dengan hijabers.

    Seiring dengan makin maraknya mode muslimah tersebut, banyak developer aplikasi maupun game yang memanfaatkannya. Salah satu developer yang tak mau membuang kesempatan ini adalah Moms Interactive. Mereka membuat game casual bertema mix and match style dengan nama Hijab Make Up Salon.

    Setelah itu Anda bisa bisa merias model di game ini dengan beberapa jenis riasan, seperti warna kulit, warna bola mata, dan model alis.

    Selanjutnya Anda bisa menambahkan riasan eye shadow, maskara, lipstik, dan lain sebagainya.

    Saat Anda puas dengan bentuk hijab dan riasan yang Anda buat, Anda bisa menyimpan hasil riasan di memori smartphone atau membagikannya ke media social atau aplikasi pesan instan.

    Keunggulan dari game ini adalah tampilan visualnya yang nyaman di mata dan layout-nya pun sesuai dengan pasar yang dibidik yaitu perempuan. Game ini juga menyediakan banyak kostumisasi yang bisa Anda lakukan untuk merias model, termasuk juga kombinasi fesyen hijab yang bisa disesuaikan.

    Model hijab yang disediakan bahkan bisa dijadikan sebagai referensi bagi para hijabers untuk mencoba hijab model baru. Akan tetapi, kostumisasi yang ada masih terpaku pada template sehingga pengguna kurang bebas berkreasi.

    Melalui game ringan ini, Anda khususnya wanita muslimah yang baru mulai mengenakan hijab, dapat

    memadupadankan model hijab dengan make up wajah agar tampil lebih percaya diri dan terlihat anggun.

    Memainkan Hijab Make Up Salon terbilang sangat mudah. Pertama Anda hanya perlu memasangkan

    berbagai bentuk hijab, lalu atur warna hijab yang dikenakan pada sang model. (im)

    1 2

    3

    4

  • 59

    TUTORIAL

    Sulap Foto Bidikan Smartphone Jadi Sekualitas DSLR

    Bagi Anda yang belum memiliki kamera Digital Single-lens Reflex (DSLR) atau kamera beresolusi tinggi, jangan berkecil hati. Pasalnya, Anda bisa menyulap hasil foto bidikan smartphone menjadi seperti foto yang dihasilkan dari kamera DSLR, dengan hanya menggunakan aplikasi. Nama aplikasi tersebut adalah AfterFocus.

    Aplikasi smartphone ini memiliki banyak fitur, seperti Focus, Brightness/Contrast, Double Photo, dan masih banyak lagi. Selain itu AfterFocus juga menyediakan banyak filter, seperti B&W, Sepia, Xprocess, Vintage, Antique, Country, dan lainnya.

    Pada tutorial kali ini kami akan menyulap foto bidikan dari smartphone yang terlihat standar menjadi terlihat lebih dramatis dengan efek bokeh seperti yang dihasilkan dari kamera DSLR.

    Kami mencoba aplikasi ini dengan memilih Select from album. Lalu pilih metode area fokus Smart atau Manual. Dalam hal ini kami pun memilih metode Smart. Setelah itu seleksi obyek foto yang akan di fokuskan seperti gambar di bawah ini. Kemudian seleksi background foto yang akan dibuat blur.

    Untuk mengecek efek bokehnya, Anda bisa melakukan zoom-in obyek foto. Setelah selesai, tekan tombol Next yang ada pada bagian pojok kanan atas layar. Dan hasilnya langsung terlihat seperti gambar di bawah ini. Jika belum puas, Anda bisa memilih efek blur lain. Kami pun memilih efek Motion blur.

    Lalu kami menambahkan efek B&W. Jika Anda ingin menyimpan hasil karya Anda, pilih ikon Save yang terletak di atas layar dan tekan OK. Anda dapat memperoleh aplikasi besutan MotionOne ini secara cuma-cuma di Google Play Store. Bagi pengguna perangkat berbasis iOS, dapat mengunduhnya di Apple App Store, namun dikenakan biaya Rp 12.000. (im)

    Pertama-tama, download dan instal aplikasi AfterFocus. Setelah selesai, buka aplikasi ini dan pilih Take photo, Select from album atau Take two photo.

    1

    2

    3

  • 60

    TUTORIAL

    Setelah dinanti-nanti, akhirnya Microsoft mengumumkan akan meluncurkan Window 10 kepada publik pada 29 Juli 2015. Bagi pengguna yang menggunakan Windows 7, Windows 8.1, dan Windows Phone terbaru akan mendapatkan update Windows 10 secara gratis. Namun, update ini hanya gratis untuk pemakaian 1 tahun pertama, selanjutnya akan dikenakan biaya di tahun berikutnya.

    Windows 10 digadang-gadang akan menjadi sistem operasi pertama Microsoft yang mendukung multi-platform, baik di perangkat mobile maupun PC. Sistem operasi ini kabarnya akan hadir dalam 7 varian yaitu Windows 10 Home, Pro, Education, Enterprise, Mobile, Mobile Enterprise, dan Windows 10 IoT Core. (im)

    v Cara Instal Windows 10

    Technical Preview - Gratis

    Beberapa fitur baru yang bakal hadir di Windows 10 adalah Cortana, asisten pribadi digital yang mirip seperti Apple Siri atau Google Now. Windows 10 juga akan mengembalikan menu Start yang sebelumnya sempat menghilang di Windows 8 dan akan dipersenjatai browser baru bernama Spartan.

    Bagi Anda yang tidak sabar untuk mencoba sistem operasi ini, Anda bisa men-download dan menginstal Windows 10 Technical Preview secara gratis. Beberapa smartphone Windows Phone yang bisa mencicipi Windows 10 Technical Preview adalah Microsoft Lumia 430, Lumia 435 (termasuk versi dual SIM), Nokia Lumia 520, Nokia Lumia 525, Nokia Lumia 526, Nokia Lumia 530 (termasuk versi dual SIM), dan Microsoft Lumia 532 (termasuk versi dual SIM).Selanjutnya Microsoft Lumia 535 (termasuk versi dual SIM), Nokia Lumia 620, Nokia Lumia 625, Nokia Lumia 630 (termasuk versi dual SIM), Nokia Lumia 635, Nokia Lumia 636, Nokia Lumia 638, Lumia 640 Dual SIM, Nokia Lumia 720, Nokia Lumia 730 (termasuk versi dual SIM), Nokia Lumia 735, Nokia Lumia 810, Nokia Lumia 820, Nokia Lumia 822, Nokia Lumia 830, Nokia Lumia 920, Nokia Lumia 925, Nokia Lumia 928, Nokia Lumia 1020, Nokia Lumia 1320, dan Nokia Lumia 1520.

  • 61

    TUTORIAL

    Lalu bagaimana cara menginstal Windows 10 Technical Preview?

    Pertama-tama kunjungi toko aplikasi Windows Phone dan download aplikasi Windows Insider. Pastikan bahwa firmware smartphone Anda sudah up to date, terhubung ke koneksi Wi-Fi, dan baterai perangkat terisi penuh.

    Selanjutnya pilih Insider Slow atau Fast berdasarkan seberapa cepat Anda ingin mendapatkan update. Fast berarti sering dapat update, tetapi bisa jadi belum terlalu stabil. Sementara Slow berarti lambat dapat update, tetapi update yang diperoleh biasanya lebih stabil.

    Setelah Anda menerima syarat dan ketentuan yang berlaku, tekan Check for updates.

    Setelah update selesai, smartphone Anda akan reboot dan memindahkan beberapa data. Anda kemudian akan mendapatkan pesan Success, tapi tahap ini belum selesai. Biarkan aplikasi Windows Insider melakukan upgrade secara otomatis.

    Sebelum Anda menginstal Windows 10 pada smarphone, Anda harus menerima syarat dan ketentuan dari Insider Programme. Lakukan konfirmasi dengan klik Accept

    Setelah terinstal, buka aplikasi Windows Insider dan pilih Get preview builds.

    Sebelum Anda menginstal Windows 10 pada smarphone, Anda harus menerima syarat dan ketentuan dari Insider Programme. Lakukan konfirmasi dengan klik Accept

    1 2

    3 4

    5

    6

  • 62

    PLAYTIME

    Brave Frontier menjadi game yang cukup populer dalam beberapa minggu terakhir ini. Game bergenre Role Playing Game (RPG) besutan developer Gumi Inc. ini telah menjadi tren tersendiri di perangkat mobile. Jelas terlihat bahwa Brave Frontier mampu menjadi sorotan pecinta game mobile dan mampu diunduh oleh banyak orang hingga lebih dari 500 ribu kali unduhan. Maka tak heran bila Brave Frontier menjadi `primadona` di perangkat mobile. Hal ini karena sensasi, kesan, dan daya adiktif yang diberikan game ini sangat kuat. Meskipun adikitif, permainan ini justru lebih rumit karena mengusung genre RPG. (ir)

    Brave Frontier Untuk Pemula

    Developer: Gumi Inc. OS: Android | iOS Price: Free Ranking: 4.5 of 5Specification

    Ketika pertama kali memainkan game Brave Frontier, Anda terlebih dahulu harus membuat akun. Hal yang cukup mudah untuk pemula yang ingin memainkan game ini dengan membuat akun via Facebook. Setelah membuat akun, Anda harus memilih salah satu elemen yang nantinya menjadi summon (dalam dunia RPG, istilah ini mengacu pada kemampuan pemanggilan).

    Elemen yang tersedia adalah lima elemen dengan Star 2. Setelah itu pemain bisa memilih hero yang akan dimainkan. Ada banyak hero yang bisa dipilih. Dalam permainan ini sendiri, terdapat 200 hero yang bisa ditemukan. Dan tentunya, game ini memiliki banyak item yang bisa didapatkan, khas sebuah games RPG.

    Brave Frontier memiliki beragam fitur menarik yang membuat game ini semakin seru dimainkan. Fitur tersebut adalah fitur energy. Energy dalam game ini adalah kemampuan dalam melakukan perjalanan atau quest. Artinya, jika energy habis, maka karakter tidak bisa bertualang. Agar pulih kembali, maka sang karakter perlu menggunakan Gem untuk mengisi energy.

    Menariknya, ada cara lain untuk mengisi energy tanpa menggunakan Gem. Cara tersebut adalah dengan peningkatan experience. Layaknya game RPG, game ini juga menganut point experience yang berguna untuk menainkan level karakter yang dimainkan. Ketika karakter telah naik level, energy pun bisa pulih kembali.

    Hal lain yang menarik dari Brave Frontier adalah sistem kebebasan dalam bertarung. Saat pertarungan, karakter yang dipilih berjumlah enam dengan pilihan rencana menyerang yang beragam. Artinya, pertarungan bisa berlangsung satu lawan satu, semua lawan satu, dan sebagainya. Selain itu, karakter juga bisa menyerang musuh secara acak, tergantung keinginan dari pemainnya.

    Terdapat 200 hero Beragam fitur menarik

    6262

  • 63

    Dalam Brave Frontier ada dua istilah untuk menyebut pemilihan elemen squad. Yang pertama yaitu Rainbow, apabila squad Anda memakai berbagai macam elemen, dan

    yang kedua adalah Mono, apabila squad Anda hanya memakai satu elemen. Meskipun pemilihan squad mono dapat berguna pada akhirnya nanti, akan tetapi apabila masih baru memulai Brave Frontier, ada baiknya untuk memakai rainbow agar Anda bisa tahu unit mana saja yang bagus.

    Gem adalah satu kurs di Brave Frontier yang dapat Anda beli dengan uang asli. Gem sangatlah berharga karena dapat dipakai untuk berbagai macam hal, seperti mengembalikan energy menjadi penuh lagi, menambah slot unit dan item, menghidupkan kembali squad yang mati, dan sebagainya. Namun, kami menyarankan kepada Anda agar

    Seperti game free-to-play lainnya, Brave Frontier juga memakai daily login bonus, dimana para pemain akan mendapatkan hadiah apabila mereka login setiap hari. Namun di game ini, ada sistem dimana saat Anda login setiap hari, maka tingkat kelangkaan barang-barang yang bisa Anda dapatkan akan naik.

    Dan apabila Anda melewatkan itu maka tingkat kelangkaannya akan turun lagi menjadi 0. Barang-barang yang bisa Anda dapatkan apabila tingkat kelangkaannya sudah penuh akan sangat berguna untuk para pemain-pemain awal.

    Arena Battle adalah salah satu mode permainan yang ada di Brave Frontier. Dalam arena battle squad, Anda akan menghadapi squad pemain lain tanpa kontrol dari Anda. Jadi sepenuhnya adalah pergerakan komputer yang menggerakkan squad kita sendiri. Meskipun mode permainan ini cukup seru, ada baiknya bagi para pemula untuk menahan dulu untuk beberapa saat. Arena akan dapat Anda lewati dengan cepat ketika Anda sudah memiliki squad yang komplit. Dan kebanyakan hadiah-hadiah dari kenaikan level arena tidaklah sepadan.

    Salah satu yang paling kami suka dari Brave Frontier adalah dengan adanya daily dungeons. Daily dungeons berbeda setiap harinya, terkecuali pada hari sabtu dan minggu. Hari itu adalah Weekend Dungeon, dimana terdapat berbagai level untuk mendapatkan zel atau credit yang banyak. Selain itu, weekend dungeon juga dapat membuahkan XP yang mencukupi untuk para pemula.

    Selain penggunaan Gem, game Brave Frontier ini juga menghadirkan kota yang memungkinkan karakter untuk melakukan aktivitas seperti crafting. Selain itu, di lokasi kota, karakter juga bisa membuat Gear. Gear ini nantinya bisa berguna karena beberapa Gear bisa menghasilkan kemampuan. Salah satu Gear yang penting adalah Cure untuk pneyembuhan dan Revive untuk menghidupkan kembali karakter yang telah mati saat pertarungan.

    Nah, itu sekilas tentang game Brave Frontier yang perlu Anda ketahui. Kali ini, tim Redaksi Majalah MOS akan mengajak Anda khususnya para gamer pemula yang baru pertama kali memainkan Brave Frontier untuk melihat 5 (lima) tips yang perlu dilakukan agar membuat permainan terasa semakin lancer. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

    Tidak perlu mengincar squad mono

    Pakai Gem untuk Rare Summon

    Manfaatkan Daily Login Bonus

    Tak harus fokus ke Arena Gunakan Weekend Dungeon

    Lakukan berbagai aktivitas

    PLAYTIME

    menahan keinginan tersebut, karena semua itu tidak sepenting membangun squad komplit.Meskipun Gem bisa dibeli menggunakan uang asli, untuk mendapatkannya pun tidaklah susah. Hanya saja membutuhkan waktu yang cukup lama, dan untungnya dari pihak Gumi pun sering mengadakan even yang menghadiahkan gem. Jadi, kami tidak akan menyarankan untuk membeli gem.

    63

  • 64

    Sharp AquosCrystal SH825WiKualitas Atas Harga Pantas

    Setelah puas melanglang buana di negerinya sendiri, kini keindahan dan kecanggihan jawara

    smartphone terbaru Sharp berikut ini sudah bisa dinikmati oleh para pecinta smartphone di Tanah Air. Dan memang, begitu menyebut nama Aquos, pikiran Anda pasti akan langsung digiring pada salah satu lini penjualan Sharp, televisi. Namun itulah faktanya, gelar tersebut sekarang disematkan juga pada lini produk smartphone, Sharp Aquos Crystal SH825Wi. Sektor layar yang terlihat nyaris tanpa bazel, merupakan salah satu daya tarik utama dari perangkat berbasis Android 4.4.2 KitKat ini. Berbekal layar 5 inci dengan tingkat resolusi 720 x 1280 piksel dan teknologi HD LCD Silikon S-CG 5.0, membuat tampilan visual yang disajikan cukup sedap dipandang. Dengan begitu, aktivitas bermain game, menonton video ataupun sekadar browsing akan terasa menjadi lebih

    mengasyikkan. (tgh)

    Desain frameless, nyaman digenggam, kinerja jempolan.

    www.sharp-indonesia.com3.999.000 IDR

    Resolusi kamera masih terbilang kecil di kelasnya serta kapasitas ROM dan RAM tanggung.

    + -

    RAM 1,5GB, ROM 8GB, microSD hingga 128GB

    8MP & VGA, AF, LED flash,Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR, video 1080p @30fps

    4G LTE, WiFi, 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth 4.0, A2DP, LE, GPS with A-GPS, microUSB v2.0

    Quad-Core Qualcomm MSM8926 Snapdragon 400 1,2GHz, GPU Adreno 305

    Android 4.4.2 KitKat

    Li-Ion 2040mAh

    5 inci, HD LCD Silikon S-CG 5.0, res. 720 x 1280 piksel, frameless

    131 x 67 x 10 mm/141 gram

    Specification

    GADGET

    6464

  • 65

    HUAWEI P8 Lite

    Sementara itu, untuk menambahkan kenyamanan dan mencegah risiko terselip pada saat digenggam, Sharp merancang sisi punggung Aquos dengan aksen polkadot mirip kulit jeruk. Berbagai perintah yang Anda berikan juga dapat dijalankan dengan lancar dan stabil berkat dibenamkannya prosesor quad-core Qualcomm MSM8926 Snapdragon 400 berkecepatan1,2GHz dan RAM 1,5 GB. Gudang penyimpanan internalnya sendiri menyediakan ruang yang cukup lega, yakni berkapasitas 8 GB, dan masih bisa diekspansi lebih besar lagi menjadi 128 GB dengan bantuan kartu memori eksternal. Kualitas audio yang disemburkan juga terdengar bulat dan jernih, mengingat corong suara yang dibenamkan menggunakan speaker racikan Harman Kardon.

    Bergeser ke ranah imaging. Di sektor ini, bersemayam dua buah kamera, masing-masing beresolusi 8 megapiksel (MP) dan VGA. Selain untuk memotret, kamera tersebut juga dapat digunakan untuk merekam video berkualitad full HD 1080p pada kecepatan 30fps. untuk mendapatkan hasil jepretan yang berkualitas, tersedia juga fitur AF dan LED flash. Sedangkan sebagai jembatan penghubung menuju alam maya, Anda bisa memanfaatkan koneksi seluler yang sudah mendukung teknologi 4G LTE atau jalur WiFi berstandar 802.11 b/g/n. Sharing konten dengan perangkat lain juga terasa mudah dan cepat, karena Sharp sudah menyematkan koneksi Bluetooth 4.0 berkemampuan A2DP dan microUSB 2.0. Baterai jenis Li-Ion berkapasitas 2040mAh yang ditancapkan sanggup digeber hingga 13 jam.

    ASUS Zenfone Selfie ZD551KL

    VIVO X5Pro

    Monster Kamera

    Trendy And Fashionable

    Sesuai dengan nama yang dibawanya, perangkat berbasis Android 5.0 Lollipop ini hadir khusus untuk Anda yang suka membuat foto selfie. Longok saja kamera depannya, dengan resolusi mencapai 13 MP dan ditopang fitur AF serta dual LED flash - menciptakan foto selfie bersama teman atau keluarga tentunya jauh lebih mengasyikkan. Kinerjanya sendiri tidak perlu diragukan lagi, mengingat phablet ini sudah dipersenjatai dengan prosesor octa-core

    Seri terbaru Vivo ini hadir dengan memboyong teknologi audio akustik Hi-Fi , tampilan desain indah, dan kamera berteknologi tinggi. Diproduksi dengan material berkualitas tinggi, membuat tampilan X5Pro terlihat indah dan premium. X5Pro juga dilengkapi teknologi PDAF yang terdapat di dalam kameranya sehingga memberikan pengalaman baru bagi kaum urban penikmat fotografi. Dalam hal performa, X5Pro menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon octa-core 64-bit dan GPU Adreno 405. Untuk mempermudah

    Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615. Untuk menjelajahi alam maya, tersedia dua jalur yang bisa dilalui, yakni WiFi dan koneksi selular yang sudah mendukung teknologi 4G LTE. Layarnya sendiri memiliki bentang 5,5 inci berteknologi IPS dengan tingkat resolusi mencapai 1089 x 1920 piksel. Tersedia dua varian memori yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yakni 16 GB dengan RAM 2GB dan 32 GB dengan kapasitas RAM 3 GB.

    proses multi-tasking, X5Pro dilengkapi dengan RAM 2 GB yang mumpuni. Smartphone ini juga didukung sistem operasi Funtouch OS 2.1 berbasis Android 5.0 Lollipop. X5Pro juga dilengkapi SmartWake 2.0 yang memudahkan pengguna untuk membuka aplikasi hanya dengan menyentuh layar dan menulis huruf shortcut-nya sesuai pengaturan. Vivo X5 Pro menggunakan layar 5,2 inci Super AMOLED FHD yang dilapisi kaca tangguh dari Corning Glass2.5D

    asus.com

    vivoglobal.id

    To Be Announced

    +/- 5.000.000 IDR

    GADGET

    65

  • 66

    GADGET

    Perangkat tablet berbasis Android 4.4 KitKat ini hadir dengan membawa layar sentuh seluas 9,6 inci beresolusi 800 x 1280 piksel. Untuk mendongkrak kinerjanya, Samsung membenamkan prosesor quad-core berkecepatan 1,3GHz dan RAM sebesar 1,5 GB. Gudang penyimpanan internalnya sendiri menyediakan ruang hingga 8 GB dan masih dapat diekspansi menjadi 128 GB dengan bantuan microSD. Kamera beresolusi 5 MP dan 2 MP yang ditancapkan siap mengabadikan berbagai momen penting. Sebagai jembatan penghubung menuju jagat maya, Samsung hanya mempersenjatai Galaxy Tab E 9.6 dengan koneksi seluler.

    Salah satu kelebihan yang dibawa oleh kamera dari kelas prosumer ini adalah kemampuannya merekam video berkualias UHD atau 4K 3840 x 2160 piksel @30fps. Selain itu, Anda juga bisa mengatur kecepatan rana Cyber-shot RX10 II mulai dari 30 detik hingga 1/32000 detik. Lensa berukuran 24200 mm f/2.8 yang disematkan mampu melakukan zoom optik hingga 8,3 kali. Untuk merekam gambar dan mengolah hasil jepretan, bersemayam sensor BSI CMOS 1 berseolusi 20 MP dan prosesor Bionz X. Layar 3 inci berteknologi WhiteMagic TFT LCD yang dicangkokkan dapat difungsikan sebagai jendela bidik ataupun melihat hasil jepretan. Di sisi konektivitas, bercokol port USB 2.0, microHDMI, NFC, dan WiFi berstandar 802.11 b/g.

    Kurang puas dengan hasil jepretan iPhone Anda? Jangan khawatir, melalui kamera tambahan hasil racikan DxO Labs ini, iPhone Anda kini sanggup menciptakan foto-foto `setara` dengan kamera DSLR. Berbeda dengan kamera tempel kebanyakan yang memanfaatkan koneksi Bluetooth, DxO One justru menggunakan port Lightning sebagai penghubungnya. Meskipun tubuhnya berukuran 67 x 48 x 25 mm dengan bobot hanya 108 gram, namun DxO One sudah membenamkan sensor jenis BSI-CMOS 1 beresolusi 20 MP. Lensanya sendiri memikiki ukuran 32mm dengan bukaan diafragma hingga f/1.8-11. Dengan mengunduh aplikasi pendamping, berbagai fitur kamera professional, seperti pengaturan ISO, shutter speed, live view, dan masih banyak lagi, bisa Anda lakukan. DxO One sanggup merekam gambar bergerak dengan kualitas full HD 1080p @30fps. Tersedia juga slot kartu memori eksternal dan port USB 2.0 untuk sharing konten dengan perangkat lain.

    samsung.com

    sony.com dxo.com

    +/- 226 US$

    +/- 12.229 US$ 599 US$

    DxO One

    SONY Cyber-shot RX10 II

    Affordable Android

    Tablet

    DSLR Quality Camera In Your Pocket

    Super Zoom, Super Fast

    Samsung Galaxy Tab

    E 9.6

  • 67

    GADGET

    Untuk Anda yang gemar melakukan kegiatan outdoor atau menyukai olahraga ekstrim, kamera berbentuk drone besutan Lily Robotic ini sangat layak dimiliki. Berbeda dengan kamera drone kebanyakan, dimana Anda harus menggunakan remote control untuk mengaturnya, Lily Camera justru akan mengikuti Anda secara otomatis. Hal ini dimungkinkan mengingat dalam paket penjualannya, Anda akan mendapatkan sebuah tracker berbentuk jam tangan. Begitu Anda melemparkan Lily Camera ke udara, empat buah baling-baling yang disematkan langsung berputar secara otomatis, dan akan mengikuti semua pergerakan Anda.

    Berbeda dengan PC konvensional pada umumnya, Revo One hadir dengan desain yang simple dan minimalis, namun tidak mengorbankan elemen-elemen yang ada pada PC konvensional. Karena desainnya yang kecil, stylish, dan minimalis, Revo One dapat menyatu dengan perabotan atau perangkat lain tanpa mengurangi estetika desain interior rumah. Acer Revo One juga memiliki fungsi yang lebih dari sekadar PC, dimana perangkat ini bisa menyimpan semua file, baik file pekerjaan maupun memutar file multimedia seperti foto, musik, video, streaming hingga menjadi konsol gaming. Untuk menggunakan Revo One juga sangat mudah, cukup sambungkan ke perangkat display apapun melalui kabel HDMI dan perangkat ini dapat dijadikan sebagai komputer dengan sistem operasi Windows 8.1. Dalam bekerja, mini PC ini sudah dijejali prosesor Intel Celeron 2957U 1,4GHz, RAM 2 GB, 500 GB HDD, 2x USB 2.0, 2x USB 3.0, LAN port, HDMI, DisplayPort, dan jack audio 3,5 inci.

    lily.camera

    acer.com

    US$ 599 (pre-order hingga 15 Juli 2015)US$ 999 (retail)

    +/- 3.700.000 IDR

    DxO One Lily CameraFirst Throw And Shoot Camera.

    Mini PC Seukuran Toples

    Lily Camera sanggup merekam gambar bergerak berkualitas full HD pada kecepatan 60fps dan 40fps untuk kualitas HD, serta memotret dengan resolusi mencapai 12 megapiksel (MP). Kemampuan lainnya dari kamera drone ini adalah sanggup mengangkasa hingga ketinggian 15 meter dengan jarak terdekat dari Anda sejauh 1,75 meter, dan sanggup bergerak hingga kecepatan 40 Km/h. Uniknya, begitu Lily Camera berada di luar jangkaun, perangkat tersebut akan terbang statis dan tracker akan memberi isyarat berupa getaran. Baterai yang dibenamkan sanggup digeber selama 20 menit, dan sistem akan segera mendaratkan Lily Camera secara otomatis sebelum baterai benart-benar habis

    ACER Revo One RL85

  • 68

    IndovidgramKomunitas Video Instagram Terbesar di Tanah Air

    Berkembangnya dunia digital entertainment seperti mobile video pada masa kini bisa dibilang begitu pesat dan sangat masif dalam menjangkau para pengguna jejaring sosial.

    Tak heran, banyak sekali pengguna jejaring sosial berpindah jalur menikmati sajian hiburan digital yang tersaji di televisi ke media jejaring sosial Instagram, YouTube, Twitter dan masih

    banyak lagi - lantaran video-video yang diperlihatkan sarat dengan konten ringan - penuh humor bahkan terkesan `tidak penting` namun tetap bikin penasaran.

    Adalah Indovidgram yang rupanya mampu menjadi sebuah wadah yang mengusung konsep hiburan digital tersebut. Jika Anda sudah familiar dengan nama ini, tentunya Anda tahu Indovidgram itu apa. Ya, Indovidgram adalah sebuah komunitas video

    Instagram yang kerap meng-upload video-video lucu, unik, dan kreatif.

    Jika Anda ingin tahu lebih dalam mengenai Indovidgram dan seperti apa engagement yang dilakukan di akun Instagram-nya, berikut ini adalah wawancara ekslusif tim Redaksi Majalah MOS bersama founder Indovidgram, Vendryana Larasati dan Ardina Putri.

    Indovidgram merupakan komunitas video instagram pertama dan terbesar di Indonesia. Indovidgram terbentuk pada tanggal 6 April 2014. Dalam waktu lebih dari 1 tahun, Indovidgram sudah mencapai lebih dari 1,5 juta followers.

    Indovidgram singkatan dari Indonesia Video Instagram. Pada awalnya dipelopori oleh 8 orang yakni @benakribo, @marloernesto, @dhinoharyo, @ardinhai, @aulion, @chandraliow, @moinblog (@vendryana & @adtyaperdana) ,dan @devinaureel.

    Pada awalnya, kami selaku para inisiator rutin meng-upload video Instagram di akun kami masing-masing dengan menggunakan hashtag #indovidgram. Dalam waktu sekitar 1 bulan, ternyata banyak followers kami yang ikut bikin video dan upload dengan menggunakan #indovidgram. Saat itu terkumpul 5.000 konten di hashtag #indovidgram. Akhirnya, kami memutuskan untuk membuka akun @indovidgram dan juga mengadakan gathering komunitas. Komunitas Indovidgram pertama kali mengadakan gathering di Monas, Jakarta Pusat. Dengan total pendaftar sekitar 300 orang, namun karena saat itu keadaan masih sangat terbatas, Indovidgram hanya bisa mengajak sekitar 60 orang untuk bergabung di #IVGmeetup pertama kali.

    Indovidgram merupakan komunitas video Instagram Indonesia, bukan hanya komunitas video lucu-lucu. Setiap harinya, kami me-repost video dari anggota kami dan video yang kami buat sendiri. Semua inisiatir adalah kurator untuk video-video yang layak tayang di @indovidgram.

    Tujuan berdirinya Indovidgram adalah sebagai wadah/tempat untuk menyalurkan kreativitas anak muda Indonesia dan menjadikan anak Indonesia lebih kreatif. Kami ingin anak muda Indonesia tidak hanya jadi konsumen saja, tidak hanya komen saja, tapi juga berkreasi dengan menjadi seorang creator.

    Apa itu Indovidgram dan apakah ada arti atau singkatannya?

    Apa yang dilakukan saat pertama kali berdiri untuk memperkenalkan Indovidgram?

    Apa konsep Indovidgram secara keseluruhan? Tujuan dari berdirinya Indovidgram apa sih?

    PROFILE

    6868

  • 69

    Di Indovidgram ada dua macam kategori member, yaitu creator dan watcher. Creator adalah orang-orang yang suka bikin video di instagram dengan mention @indovidgram, menggunakan hashtag #indovidgram dan menggunakan hashtag sesuai kategori yang ada. Sedangkan watcher adalah orang-orang yang suka menikmati video-video yang ada di indovidgram, yaitu orang-orang yang sudah memfollow akun @indovidgram, nge-like, comment, share video-video yang ada di @indovidgram dan support kegiatan yang dilakukan Indovidgram.

    Seperti yang tadi dijelaskan, di Indovidgram ada dua macam kategori member. Ada creator dan watcher. Dalam komunitas Indovidgram ini sama sekali tidak ada kewajiban atau syarat apapun untuk bergabung ke Indovidgram. Audience bisa pilih mau jadi creator atau watcher.

    Sejak pertama kali berdiri pada tanggal 6 April 2014 indovidgram mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun sudah mencapai 1 juta followers. Pertumbuhan followers di akun @indovidgram sendiri sekitar 100.000-250.000 followers per bulannya.

    Kurang lebih 1,5 juta followers

    #IVGcomedy -> video comedy, lucu-lucuan#IVGselasart -> video artsy, stopmotion, hyperlapse, dance, makeup#IVGcommunity -> video dari komunitas daerah regional, contoh : @medanvidgram, @balividgram, @IVG_japan, @jogjavidgram, dan kota lainnnya. Saat ini ada 30 kota yang sudah diverifikasi, 28 dari Indonesia, 2 dari luar negri (Jepang & Bangkok)#IVGfood -> video tentang makanan, mulai dari resep,jalan-jalan kuliner#IVGtravel -> video dokumentasi traveling yang dikemas dengan menarik (travel)#IVGsundaymusic -> video cover musik, menyanyi, beatbox, atau bermain instrumen musik

    Target dari Indovidgram sebenarnya adalah anak muda Indonesia, tapi tidak menutup kemungkinan anak kecil bahkan sampai orang-orang tua juga menikmati video-video yang ada di Indovidgram.

    Awalnya yang mengidekan nama Indovidgram adalah@chandraliow dan @aulion. Dan pada awalnya Indovidgram hanya sebuah hashtag.

    Bagaimana dengan member Indovidgram, apakah dibagi-bagi? Lalu, apakah ada syarat atau kewajiban dalam pembuatan video?

    Bagaimana cara bergabung dengan Indovidgram?

    Sudah ada berapa follower Indovidgram hingga saat ini?

    Genre video yang diupload atau dikirim ke Indovidgram apa saja?

    Soal perkembangan follower Indovidgram bagaimana, bisa diceritakan sejak pertama kali berdiri? Pesatkah? Sebulan bisa bertambah berapa followers?

    Target dari Indovidgram siapa sih?Siapa yang mencetuskan nama Indovidgram?

    PROFILE

    69

  • 70

    PROFIL

    Segala hal yang berhubungan dengan video, terutama di dunia internet sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik di Indonesia maupun di dunia. Kami sebagai praktisi yang bergerak di bidang video, semakin memiliki banyak pilihan untuk berkreasi. Diantara semua, kami memilih video Instagram karena melihat koneksi internet di Indonesia yang masih tidak stabil, namun untuk buffering video Instagram tidak butuh waktu yang lama. Video singkat seperti ini bisa dinikmati kapan saja dan sangat mudah diakses dari smartphone. Jika internet di Indonesia semakin baik, kami rasa akan lebih seru lagi untuk dunia mobile video.

    Segala hal yang berhubungan dengan video, terutama di dunia internet sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik di Indonesia maupun di dunia. Kami sebagai praktisi yang bergerak di bidang video, semakin memiliki banyak pilihan untuk berkreasi. Diantara semua, kami memilih video Instagram karena melihat koneksi internet di Indonesia yang masih tidak stabil, namun untuk buffering video Instagram tidak butuh waktu yang lama. Video singkat seperti ini bisa dinikmati kapan saja dan sangat mudah diakses dari smartphone. Jika internet di Indonesia semakin baik, kami rasa akan lebih seru lagi untuk dunia mobile video.

    Kalau dari segi @Indovidgram, selain menjadi komunitas, kami juga berdiri sebagai media publikasi. Selain itu, karena kami sangat selektif untuk konten advertorial, kami juga memiliki tim produksi untuk konten-konten advertorial di Indovidgram.

    Jangan pernah paksakan diri kamu apabila sedang tidak ada ide. Kamu bisa cari inspirasi dari hal yang terdekat, yaitu keseharian kita. Selain itu, sangat penting untuk saling berkolaborasi antara creator. Dengan berkolaborasi, terjadi pertukaran audience dan juga percampuran dua ide yang bisa menjadi ide segar.

    Tanggapan orangtua, keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat sangat positif. Bahkan mereka mendukung dengan apa yang kami lakukan di dunia video instagram. Mungkin awalnya banyak yang memandang sebelah mata, tapi kami tidak menyerah. Selama tujuannya untuk hal yang positif, kenapa mesti malu?

    Aktivitas sehari-hari para founder biasanya kuliah. Aulion, Devina, Marlo, dan Chandra masih kuliah. Sedangkan Benakribo, Vendryana, Ardinhai, dan Dhinoharyo sudah bekerja. Bekerjanya pun masih tetap di dunia media social dan management Indovidgram.

    Menurut Anda, prediksi mobile video di masa depan bagaimana?

    Harapan ke depan agar akun Indovidgram ini terus berkembang, dan adakah rencana liar agar kebih dikenal lagi?

    Lalu adakah rencana lebih serius kedepannya, seperti membuat aplikasi atau membuat badan usaha sendiri?

    Bisa kasih saran atau tips kepada pembaca bagaimana cara menjadi vlogger biar tetap memiliki ide atau konsep yang segar dan kreatif?

    Bagaimana tanggapan dari orangtua, keluarga, sahabat, dan orang-orang terkasih terhadap apa yang Anda lakukan?

    Aktivitas sehari-hari dari para founder apa nih? Kuliah atau bekerja?

    By : @ardinhai & @vendryana

  • 7171

    TIPS & TRICKS

    Cara Cerdas Selamatkan iPhone yang Terendam Air

    Available at

    Menjatuhkan iPhone tanpa sengaja ke dalam toilet, laut, kolam renang, genangan lumpur dan lain sebagainya adalah beberapa hal yang kemungkinan pernah terjadi pada Anda. Hal itu tentunya menimbulkan kekhawatiran mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan. Berikut ini adalah cara memperbaiki dan mengeringkan iPhone yang basah karena terendam air.

    Secepat mungkin keluarkan iPhone yang terjatuh ke dalam air. iPhone memiliki pelindung bodi metal yang cukup rapat. Butuh waktu beberapa detik bagi air untuk bisa melewati pelindung tersebut dan masuk ke dalam komponen iPhone. Keluarkan kartu SIM sesegera mungkin untuk mencegah kerusakan dan biarkan hingga kering. Lalu matikan daya dan keringkan iPhone serta hilangkan air sebanyak mungkin dengan mengguncangkannya secara perlahan. Kemudian gunakan kain katun atau kertas tisu yang bisa menyerap air. (im)

    Jangan mengguncangkan iPhone terlalu sering saat sedang melakukan proses pengeringan, agar air yang ada di dalam tidak menyebar ke komponen lainnya. Hindari pula penggunaan hair dryer untuk mengeringkan ponsel. Pasalnya, hair dryer justru dapat mendorong kelembaban ke dalam celah-celah komponen ponsel hingga akhirnya merusak ponsel. Metode yang paling ideal untuk mengeringkan iPhone yang terendam air adalah dengan menggunakan kompresor udara bertekanan rendah atau vacuum cleaner. Gunakan vacuum cleaner kecil bila ada untuk mengeringkan dan menyedot kelembaban di bagian dalam ponsel. Arahkan ke bagian dalam ponsel melalui lubang charger selama sekitar 15 menit.

    Banyak pengguna smartphone yang menggunakan beras untuk mengeringkan handset yang basah. Masukkan iPhone ke dalam sebuah kantong plastik berisi beras. Cara lainnya, letakkan iPhone yang terendam air dalam sebuah mangkuk atau wadah, lalu masukkan beras ke dalamnya. Simpan iPhone dalam beras selama semalaman atau

    Bila langkah-langkah di atas telah dilakukan dan iPhone masih belum bisa menyala, bawalah iPhone kesayangan Anda ke dealer resmi atau service center. Jangan menyembunyikan fakta bahwa iPhone Anda benar-benar terendam air, agar mereka tahu apa yang harus dilakukan.

    Sebagai catatan, berhati-hatilah ketika menggunakan iPhone. Jangan pernah membawanya ke toilet, area sekitar kolam renang atau pantai. Jangan biarkan iPhone tergeletak di atas meja makan atau tempat yang kemungkinan bisa terkena air.

    Jangan Gunakan Hair Dryer

    Gunakan Beras/Silica Gel

    Bawa ke Service Center

    agar lebih maksimal selama 48 jam. Beras dipercaya dapat menyerap sisa-sisa kelembaban di bagian dalam iPhone. Beras juga bertindak sebagai pengering untuk menghilangkan air dari udara lembab dan membantu mengeringkan iPhone dari air dengan baik. Cara lain yang lebih efektif adalah dengan menggunakan silica gel sebagai pengganti beras. Silica gel dapat menyerap kelembaban dengan lebih baik. Masukkan ponsel ke dalam wadah kedap udara bersama beberapa sachet silica gel sampai menutupi seluruh bodi iPhone. Agar lebih maksimal, putar posisi iPhone setiap beberapa jam sekali agar sisa-sisa kelembabannya dapat terserap.

  • 72

    Tips Menghemat Baterai

    iPhone 6Apple telah melakukan banyak hal untuk membuat iPhone 6 dapat bekerja dengan sempurna, mulai dari meningkatkan chipset dan perangkat lunak agar konsumsi daya lebih efisien. Namun daya tahan baterai tetap menjadi hal yang paling utama untuk menjalankan setiap fitur yang Anda gunakan. iPhone 6 didukung dengan baterai non-removable berkapasitas 1810mAh, sedikit lebih besar dari baterai iPhone 5S dengan kapasitas 1560mAh.

    Jika iPhone 6 mulai kehabisan baterai, mungkin Anda bisa mengisi daya baterai iPhone 6 via port USB di laptop atau adaptor ke stop kontak listrik. Lalu bagaimana jika Anda jauh dari daya listrik dan tidak membawa powerbank saat bepergian? Ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang daya baterai sedikit lebih lama. (im)

    TIPS & TRICKS

    Available at

    Atur kecerahan layar

    Batasi Proses Pengunduhan

    Pangkas Fitur Location

    Matikan Auto Downloads

    Hentikan Notifikasi

    iPhone 6 dilengkapi layar LCD, bukan OLED, sehingga lebih menampilkan banyak cahaya. Untuk menghemat daya baterai, pilih Settings> Display & Brightness, nonaktifkan Auto-Brightness dan atur Brightness serendah mungkin.

    Jika Anda tidak memerlukan pembaruan aplikasi di latar belakang, pilih Settings> General> Background App Refresh dan pastikan jika aplikasi yang berjalan tidak memakan kuota data terlalu banyak. Semakin sering aplikasi berinteraksi dengan koneksi internet, maka akan semakin cepat baterai habis.

    Beberapa aplikasi di iPhone 6 mendukung fitur Location. Gunakan opsi `While using` untuk membuat fitur tersebut hanya aktif ketika aplikasi digunakan. Cara masuk ke Settings > Privacy > Location Services dan pilih Never. Atau cari beberapa aplikasi yang menggunakan fitur penanda lokasi yang dapat dimatikan karena tidak kruisial.

    Auto Downloads membuat iPhone selalu melakukan pembaruan aplikasi. Begitu mendapatkan koneksi internet, fitur ini akan menjalankan tugasnya. Hal ini tentunya dapat membuat daya baterai terkuras. Pergi ke Settings > iTunes & App Store lalu scroll ke bagian Automatic Download dan matikan pengaturan yang tidak diperlukan.

    Jika sudah melakukan semua langkah di atas dan baterai iPhone 6 Anda masih tetap boros, cobalah untuk melakukan restore. Langkah ini bisa dicoba untuk melakukan update iOS dengan metode OTA (Over The Air).

    Push Notifications tak hanya menghidupkan layar iPhone, tetapi juga mengaktifkan koneksi Wi-Fi atau data seluler sehingga dapat menguras baterai. Untuk menonaktifkannya, pilih Settings> Notification Center> nonaktifkan Show on Lock Screen atau Allow Notifications.

  • 7373

    Tips Melacak

    Android yang HilangMenyebalkan memang, jika Anda harus kehilangan

    smartphone Android kesayangan. Entah itu karena

    terjatuh secara tak sengaja di jalan atau dicuri oleh

    tangan-tangan jahil. Dan rasa menyesakkan kian menjadi

    manakala banyak tersimpan data penting dan berharga di

    handset tersebut. Kekhawatiran pun mulai muncul, takut

    data tersebut disalahgunakan. (tgh)

    TIPS & TRICKS

    Available at

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah unduh dan pasang aplikasi racikan Google, Android Device Manager. Tap Accept di setiap persetujuan, dan masuk menggunakan akun Google yang sama dengan perangkat Android yang ingin dipantau. Pilih merek smartphone yang hendak dipantau, jika sebelumnya Anda pernah menggunakan akun tersebut di beberapa perangkat. Dan aplikasi ini pun secara otomatis akan mendeteksi perangkat yang dipantau dengan menunjukkan lokasi melalui peta.

    Selain untuk memantau, aplikasi ini juga memiliki fitur Ring, yang akan mengaktifkan nada dering, sehingga Anda akan mengetahui keberadaanya. Hebatnya lagi, dengan hadirnya fitur Lock, memungkinkan Anda bisa mengunci perangkat yang hilang. Dengan begitu, orang lain mustahil dapat membuka perangkat tersebut, selama tidak mengetahui kata kuncinya. Data yang tersimpan juga dapat dihapus dari jarak jauh guna menghindari penyalahgunaan.

    1

    Tidak hanya itu, Anda juga harus bersusah payah mengumpulkan data tersebut satu per satu yang pastinya sangat melelahkan. Namun, berkat kian canggihnya teknologi smartphone beserta sistem operasi yang dibawanya, kini Anda bisa sedikit bernapas lega. Walaupun memerlukan beberapa syarat yang wajib dipenuhi, namun setidaknya Anda memiliki peluang yang patut dicoba.

    Tak hanya memantau lokasi terakhir dari ponsel pintar, tapi Anda juga bisa menghapus bahkan mengunci data yang tersimpan secara remote. Dengan kemampuan tersebut, Anda tentunya tidak perlu cemas lagi jikalau data-data yang tersimpan akan disalahgunakan.

  • 74

    Lebih Intim Dengan Windows Phone

    TIPS & TRICK

    Available at

    Hingga saat ini, Android masih menjadi sistem operasi favorit di dunia selain iOS. Nah, jika Anda ingin tampil beda, menggunakan sistem operasi lainnnya, seperti Windows Phone (WP) cukup layak untuk dicoba. Memang, Anda perlu sedikit usaha untuk mempelajarinya agar semua fitur yang dibawanya dapat difungsikan secara maksimal.

    Terlebih lagi jika Anda tergolong pemula, menggunakan sistem operasi besutan Microsoft ini, tentunya akan merasa sedikit kebingungan. Hal tersebut cukup beralasan, karena berbeda sistem operasi, maka berbeda pula cara pengoperasiannya. Berikut kami sajikan langkah apa saja yang perlu dipersiapkan. (tgh)

    Keamanan Perangkat Penyimpanan SkyDrive

    Kids Corner

    Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah soal keamanan perangkat, dimana Anda harus melengkapi perangkat Windows Phone Anda dengan kata kunci. Caranya cukup menuju menu Setting, pilih Lockscreen, dan aktifkan kata kunci.

    Back Up Data menjadi hal penting lainnya yang patut dicermati. Bagi pengguna Windows Phone 8, aplikasi, SMS, dan foto akan tersimpan di penyimpanan SkyDrive secara otomatis. Jika ingin mengubahnya, masuk saja ke Setting, System, lalu BackUp. Dan untuk Windows Phone versi 8.1, Anda bisa mengatur ukuran Live Tile menjadi kecil, medium, atau besar.

    Untuk melindungi anak dari konten yang tidak diinginkan, tersedia fitur Kids Corner. Fitur parental control ini memungkinkan anak hanya bisa mengakses aplikasi mana saja yang diperbolehkan. Jangan lupa untuk memaksimalkan fitur Cortana, yang dapat membantu Anda dalam melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, catatan, pengingat, alarm, dan melacak hal-hal yang diminati, seperti berita, cuaca atau lalu lintas. Sebagai pemula, ketahui juga bahwa Windows Phone sanggup memunculkan notifikasi

    Agar terlihat lebih menarik, tambahkan saja foto, Bing, Facebook, Live Wallpaper, dan photo editor sebagai background. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah urusan penggunaan kartu memori eksternal. Begitu Anda menancapkannya, perangkat Windows Phone akan segera mendeteksinya. Ketuk saja Yes, dan untuk melihat kondisi memory card tinggal akses menu Setting, lalu Storage.

    meskipun layar dalam keadaan terkunci. Untuk mengatifkannya, masuk saja ke Setting, Lockscreen, dan pilih notifikasi apa saja yang ingin ditampilkan di layar. Selamat mencoba!

    7474

  • 757575

    Maksimalkan Fitur Accesibility Pada Android

    TIPS & TRICK

    Available at

    Menarik Tapi Jarang Dilirik

    Magnification Gesture

    TalkBack Text-to-Speech

    Negative Colors dan Interaction Tools

    Bagi Anda para pengguna perangkat berbasis Android, fitur bawaan yang satu ini mungkin kerap terlewatkan. Hal ini cukup beralasan, mengingat setiap perangkat Android sudah disesaki dengan berbagai fitur menarik, yang sepertinya cukup menyita waktu jika dipelajari satu persatu. Padahal, Accesibility merupakan fitur yang sangat berguna untuk Anda, orang lain, bahkan akan membuat perangkat Android menjadi jauh lebih pintar dari sebelumnya. Lantas bagaimana cara memaksimalkan kemampuan yang dimiliki fitur ini? Berikut ulasannya. (tgh)

    Jika fitur ini diaktifkan, maka Anda dapat memperbesar atau memperkecil foto atau Google Maps hanya dengan men-tap layar sebanyak tiga kali. Nah, jika Anda menngetuknya sebanyak tiga kali lalu menahannya, maka Anda bisa menggeser-geser foto atau Google Maps. Untuk mengembalikannyan ke ukuran normal Anda cukup melepaskannya saja. Untuk mengaktifkan fir ini, Anda cukup masuk ke menu pengaturan, cari Accesibility, lalu tap Magnification Gesture.

    Untuk Anda yang memiliki masalah dengan penglihatan, fitur ini sangat sayang jika dilewatkan. Pasalnya, begitu Anda mengaktifkan fitur ini, maka apapun yang Anda sentuh akan dibacakan

    Dari semua fitur yang ada di Accesibility, Text-to-Speech merupakan fitur yang paling terkenal. Agar fitur ini bisa berjalan maksimal, Anda wajib memasang aplikasi Text-to-Speech yang bisa diunduh di

    Untuk Anda pengguna Samsung dan beberapa merek smartphone yang memiliki latar belakang gelap, Anda bisa mengubahnya menjadi warna putih hanya dengan mencentang Negative Colors di menu Accesibility. Namun perlu diingat, dengan mengganti background tersebut, akan berdampak pada performa perangkat. Bagi Anda yang tidak ingin ponselnya salah mengartikan ketika menyentuh bagian widget di area layar tertentu, bisa mengaktifkan Interaction Tools. Fitur yang tersedia di Samsung dan beberapaa merek ponsel Android ini juga memungkinkan Anda mengubah motion gesture dan screen timeout.

    Jangan lupa, sebelum mengaktifkan fitur ini, coba cek terlebih dahulu apakah fitur-fitur di atas memang tersedia di perangkat. Karena bisa saja pihak vendor mengganti namanya atau mengganti dengan fitur lain, tergantung kemampuan prosesor dan versi Android. Jika perangkat Anda sudah mengadopsi Android Lollipop, bisa dipastikan fitur-fitur tersebut tersedia.

    Play Store, lalu unduh bahasa yang diinginkan. Bila Anda ingin Google membacakan berita, Anda cukup mengunduh aplikasi pendamping tambahan bernama Pocket. Seru, seperti mendengarkan berita dari radio saja! Tidak hanya itu, Pocket juga memiliki kemampuan menyimpan artikel dari internet.

    secara keras. Fitur ini tetap dapat berjalan dengam baik, walaupun layar perangkat dalam kondisi terkunci. Agar fitur ini dapat berjalan dengan baik, maka sebelumnya Anda harus melakukan beberapa pengaturan, seperti volume, menggunakan sensor proximity hingga getaran.

    75

  • 76

    TIPS & TRICK

    Menjelang mudik, sebagian dari Anda mungkin ada yang rela berdesak-desakan dalam angkutan umum atau bermacet ria di jalanan hingga berjam-jam lamanya. Bahkan ada yang hingga berhari-hari demi dapat berkumpul di kampung halaman bersama keluarga atau sanak saudara tercinta.Mudik memang merupakan perjalanan yang sangat menantang dan melelahkan. Banyak hal yang bisa menjadi tantangan di tengah perjalanan. Kondisi jalanan yang rusak, kemacetan arus mudik, hingga perubahan jalan yang menyebabkan Anda tersasar dan membuat alur perjalanan mudik menjadi lebih sulit.

    Di samping itu, jangan sampai Anda lupa bahwa Anda bukan hidup di jaman batu. Di tengah pesatnya arus mudik yang dapat membuat Anda stres, Anda dapat memaksimalkan smartphone Anda untuk membuat perjalanan mudik terasa lebih menyenangkan dan dapat membantu di saat kesulitan. Kali ini kami akan memberikan tips sederhana agar bisa memaksimalkan smartphone Anda saat perjalanan mudik. (ir)

    Mudik Pintar Pakai Smartphone

    Smartphone Anda merupakan senjata ampuh yang bisa dimiliki selama perjalanan mudik.

    Maka, gunakanlah sebaik mungkin, terlebih jika Anda ingin menggunakan jejaring sosial sebagai wadah informasi perjalanan mudik. Beberapa aplikasi yang sudah tidak asing lagi adalah Twitter, Facebook, YouTube, Path dan masih banyak lagi. Mereka mampu memberikan update terkini terkait info perjalanan mudik Anda.

    Jika Anda tidak ingin mengandalkan jejaring sosial saja, maka unduhlah beberapa aplikasi penunjang perjalanan mudik yang dapat membantu Anda memberikan update lalu lintas terkini di jalur perjalanan mudik yang sedang Anda tempuh. Sebagai contoh, aplikasi Peta Mudik bisa diunduh secara gratis dan memberikan banyak fitur yang dapat membantu

    Manfaatkan jejaring sosial

    Gunakan aplikasi penunjang

    perjalanan mudik Anda semakin lancer. Mulai dari Rute Mudik, Info Terkini, Peta Interaktif, Berbagi Info sesama pemudik, dan lainnya.

    Untuk aplikasi Peta Mudik, kami sarankan menggunakan fitur Info Terkini untuk selalu meng-update informasi terbaru terkait jalur mudik yang sedang ditempuh. Info tersebut akan diolah secara real-time dari berbagai titik mudik di beberapa wilayah di Indonesia. Anda pun dapat melihat tracking mudik secara keseluruhan dari peta pulau Jawa yang tersedia di aplikasi ini.

  • 7777

    TIPS & TRICK

    Bagi Anda pemudik, khususnya yang pulang kampung melalui jalur darat, fitur Maps tentunya bisa diandalkan ketika Anda sedang menempuh perjalanan mudik. Kami sarankan menggunakan aplikasi Maps atau Waze. Sekiranya dua aplikasi peta ini dapat membantu Anda untuk mencari jalur alternatif ataupun menemukan titik kemacetan di wilayah tertentu. Anda pun juga dapat mengaktifkan fitur navigasi, khusus bagi Anda yang takut tersasar di sepanjang perjalanan mudik.

    Tidak bisa dipungkiri bahwa rasa bosan pasti akan dialami jika Anda stuck di tengah kemacetan arus mudik ataupun merasakan lamanya waktu perjalanan yang ditempuh. Gunakan smartphone Anda sebagai wadah pembunuh waktu dengan memanfaatkan

    Tak bisa terbayangkan jika Anda sedang stuck di tengah kemacetan mudik dan pada saat yang bersamaan waktu berbuka puasa telah tiba. Anda bisa mengakali hal tersebut dengan mengunduh aplikasi Restaurant Finder di smartphone. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mencari tempat makan terdekat hanya dengan mengetik alamat, kode pos atau mendeteksi lokasi keberadaan Anda pada saat di

    Maksimalkan fitur Maps Nikmati aplikasi hiburan

    Lapar? Gunakan aplikasi Restaurant Finder

    Tips yang terakhir, justru yang paling penting dari semuanya. Jika Anda tidak melakukan tips terakhir ini, maka otomatis Anda tidak akan bisa melakukan semua tips di atas. Ya, jangan lupakan baterai smartphone Anda. Banyak cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa `menjinakkan` daya baterai smartphone di perjalanan mudik ketika Anda sedang menggunakan banyak aplikasi. Anda bisa menggunakan power bank ataupun aplikasi Battery Saver. Aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi penggunaan aplikasi mana yang dapat membuat daya baterai semakin tersedot dan akan mencegahnya agar kondisi daya baterai smartphone tidak menurun drastis.

    Perhatikan baterai smartphone

    perjalanan dengan menggunakan fitur By Current Location. Secara otomatis, aplikasi ini akan langsung merekomendasikan deretan tempat makan yang terdekat untuk Anda. Tak hanya mencari tempat makan, fungsi Restaurant Finder juga memungkinkan Anda untuk melihat informasi dari tempat makan yang direkomendasikan, mulai dari jam buka, nomor telfon, menu bahkan sampai review para penggunanya yang telah pergi ke restoran tersebut.

    beberapa aplikasi hiburan, mulai dari game hingga music player. Dijamin, perjalanan mudik Anda akan terasa semakin singkat.

  • 78

    NEWS

    Samsung Galaxy J7 dan J5 Resmi Diluncurkan

    Telkomsel Sabet Gelar Operator Seluler Terbaik

    Smartphone yang Dilengkapi Flash LED Depan

    Setelah sejumlah bocoran fotonya beredar beberapa waktu

    lalu, Samsung akhirnya mengumumkan kehadiran

    Galaxy J5 dan J7 di Negeri Tirai Bambu.

    Keduanya merupakan smartphone pertama Samsung

    yang membenamkan flash LED di bagian depan, dengan kamera depan 5

    megapiksel (MP). Ada banyak kesamaan fitur di antara Galaxy J5 dan J7, termasuk konektivitas

    4G Long Term Evolution (LTE), dual SIM, RAM 1,5 GB, dan memori internal 16 GB. Selain itu juga terdapat kamera

    utama 13 MP.

    Galaxy J7 lebih premium dibandingkan J5. Smartphone ini menggunakan prosesor octa-core Snapdragon 615 dan memiliki layar lebih besar yaitu 5,5 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel dan baterai 3.000 mAh. Sedangkan Galaxy J5 memiliki layar 5 inci, prosesor quad-core 1.2 GHz dan baterai 2.600 mAh. Keduanya menjalankan sistem operasi Android 5.1 Lollipop. J7 dibanderol U$ 289 dan J5 U$ 225.

    Eduardo Saverin, Co-founder Facebook belum lama ini menyatakan akan melepas masa lajangnya bulan depan. Pria asal Brasil tersebut dilaporkan telah meminang seorang gadis Indonesia yang bertempat tinggal di Singapura. Wanita beruntung tersebut adalah Elaine Andriejanssen, wanita 31 tahun yang akan pergi ke Prancis pada bulan depan dan meninggalkan tempat tinggalnya di Singapura.

    Mereka sebelumnya diwartakan telah menggelar acara pertunangan mewah di Bali pada Mei 2015. Keduanya dikabarkan mengundang penyanyi dan pemenang Grammy Awards, John Legend sebagai salah satu pengisi acara. Kegembiraan Saverin yang telah meminang Elaine memang sudah diperlihatkan melalui akun Facebook pribadinya. Melalui media sosial terbesar itu, ia menceritakan betapa bahagianya ketika Elaine menerima lamarannya. She Said Yes!!! I am engaged to the love of my life. Excited for a life full of adventure, happiness and health, tulisnya.

    Telkomsel didapuk sebagai Asia Pacific Mobile Service Provider of the Year di acara Frost & Sullivan Asia Pacific ICT Awards 2015. Penghargaan ini adalah cerminan dari kerja keras, komitmen dan dedikasi seluruh karyawan Telkomsel, ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam siaran persnya. Ririek mengklaim bahwa fondasi yang telah dimiliki Telkomsel dalam proses

    transformasi perusahaan telah membuat Telkomsel menjadi lebih tangguh.

    Kami akan terus meningkatkan jaringan, berinvestasi dalam teknologi terbaru seperti yang telah kami lakukan dalam komersialisasi layanan 4G LTE yang pertama di Indonesia, serta dalam memberikan layanan berkualitas tinggi untuk semua pelanggan kami, tambah Ririek. Sementara Avinash Sachdeva, Senior Industry Analyst, ICT, Frost & Sullivan, Asia Pacific, mengatakan, Telkomsel adalah salah satu operator seluler terbesar di Asia-Pasifik dari sisi jumlah pelanggan. Melalui 2.0 growth program, Telkomsel secara efektif menerapkan strategi SMARTies sehingga mampu meraih banyak pelanggan, meningkatkan pendapatan, memperbaiki ARPU gabungan serta menambah profit.

    Co-founder Facebook Akan Nikahi Wanita Indonesia

  • 79

    Twitter Rilis 3 Hashflag Ramadan

    Spesifikasi LG G4 Pro Bocor di Internet

    Foto Canon PowerShot G3 X BeredarKamera Compact Dengan Lensa Super Zoom

    Beberapa foto beserta spesikasi yang tertanam di Canon PowerShot G3 X beredar di Internet. Ditilik dari panampakkan foto di atas, sepertinya Canon menargetkan fotografer yang menyukai lensa zoom panjang, namun tetap memiliki bodi yang compact. Kamera ini disebut akan dipersenjatai lensa 25x zoom dengan equivalent 24-600mm. Lensa yang ada memiliki bukaan diafragrma f/2.8-5.6.

    Spesifikasi lainnya, PowerShot G3 X akan ditopang sensor CMOS 1 inci yang dibungkus dengan bodi anti-air dan anti-debu. Selain itu kamera ini juga bakal membenamkan fitur WiFi dan NFC untuk memudahkan pengguna mentransfer foto ke perangkat mobile secara wireless. Canon PowerShot G3 X juga akan hadir dengan layar LCD yang bisa diputar, mampu merekam video Full HD, dan menyuguhkan mode kreatif. Namun sayang, untuk harga dan ketersediaan produk, Canon belum menginformasikannya.

    Tak mau kehilangan momen Bulan Suci, Twitter meluncurkan tiga hashflag baru bertema Ramadan. Tiga hashflag itu adalah #Ramadan, #BulanPuasa dan #BukaPuasa. Ketika pengguna mengetik ketiga hashflag tersebut, akan muncul ikon spesial berupa emoticon dalam tweet mereka, seperti kaligrafi arab bertuliskan Eid Mubarak untuk tagar #Eid dan #EidMubarak, gelas berisi air minum untuk tagar #Iftar (buka puasa), serta bulan sabit warna biru untuk tagar #Ramadan. Twitter juga telah mengumumkan tiga hashflag baru ini melalui akun resmi Twitter Indonesia.

    Di tahun 2014, Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak menggunakan Twitter selama bulan Ramadan, dibandingkan negara-negara lain di dunia. Sebagai apresiasi terhadap dukungan pengguna Indonesia, Twitter meluncurkan hashflags baru di Indonesia guna membantu pengguna kami merayakan Ramadan dengan lebih spesial, ujar Country Marketing Lead Twitter Indonesia, Didit Widiatmoko melalui keterangan resminya.

    Perusahaan asal Negeri Ginseng itu disebut tengah

    menyiapkan versi terbaru dari G4 dengan spesifikasi yang

    lebih gahar. Smartphone itu adalah LG G4 Pro, yang mana

    dikabarkan akan meluncur pada semester kedua 2015.

    Sejumlah spesifikasinya pun telah beredar di jagat maya.

    Smartphone ini dilaporkan memiliki layar berukuran 5,8 inci

    dengan resolusi 1440 x 2560 piksel. Selain itu juga terdapat

    prosesor Snapdragon, RAM 4GB, dan memori internal

    32/64GB.

    LG G4 Pro juga disebut-sebut akan memiliki kamera

    berkualitas tinggi. Smartphone tersebut menyematkan

    kamera belakang 27 megapiksel (MP) dan kamera depan

    8 MP. Sebagai produk premium, smartphone ini akan

    dibalut dengan material metal. Menurut informasi, LG akan

    memperkenalkan G4 Pro pada Oktober 2015. Dalam hal ini,

    LG belum menginformasikan berapa harga dari handset anyar

    ini.

    NEWS

  • 80

    Indosat Perkenalkan Surabaya Zoo

    Line Luncurkan Kampanye Lebih Dekat

    Evercoss Tab V Menyandang Tablet Lokal Terbaik

    Aplikasi Khusus Kebun Binatang Surabaya

    Indosat baru saja meluncurkan aplikasi baru yang bertujuan untuk memberikan informasi seputar kebun binatang. Aplikasi yang disebut Surabaya Zoo ini merupakan bentuk inovasi perusahaan untuk membantu Surabaya dalam meningkatkan wisatawan dan bentuk dukungan konservasi satwa. Herfini Haryono, Chief Information Officer Indosat mengungkapkan, Surabaya Zoo merupakan aplikasi mobile yang menyajikan berbagai informasi seputar Kebun Binatang Surabaya.

    Aplikasi ini diklaim sangat bermanfaat bagi pengunjung, seperti informasi binatang yang dimiliki, jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, permainan interaktif, serta berbagai fasilitas yang ada di area kebun binatang. Kami berharap aplikasi mobile edutainment ini menjadi sarana upaya

    Tak mau kalah dengan Twitter, aplikasi pesan instan Line juga menyambut datangnya bulan suci Ramadan dengan sesuatu yang spesial. Line meluncurkan sebuah kampanye bertemakan lebih dekat. Ada tiga hal yang diperkenalkan Line dalam kampanyenya kali ini, yakni pembukaan akun resmi Line Ramadan (@ramadhanoa), peluncuran stiker edisi animasi Ramadan, serta dua seri iklan televisi terbaru yang terinspirasi dari kisah nyata pengguna Line di Indonesia.Tahun ini, kami sangat senang karena punya banyak hal yang kami bungkus dalam sebuah kampanye bertema lebih

    pengumpulan dana yang transparan (auditable) untuk membantu konservasi serta sarana edukasi secara digital tentang kebun binatang, sekaligus

    mendorong dan meningkatkan minat masyarakat dan wisatawan untuk berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya melalui siaran persnya.

    NEWS

    dekat (closer) untuk para pengguna kami di Indonesia. Kami memilih tema ini karena pemahaman bahwa selama Ramadhan dan Lebaran, ujar Galuh Chandrakirana, Team Leader Marketing Line Indonesia dalam siaran persnya. Akun resmi @ramadhanoa sendiri adalah kanal yang dikhususkan untuk menyajikan sejumlah konten yang berhubungan dengan kegiatan puasa, mulai dari jadwal puasa harian, nasehat dan siraman rohani (Kultum) oleh Ustad Maulana, dan masih banyak lagi.

    Evercoss Tab V meraih penghargaan dari Indonesia Cellular Award (ICA) 2015 sebagai The Best Local Tablet. Penghargaan ini diumumkan sebagai rangkaian dari rentetan acara Indonesia Cellular Show (ICS) 2015 yang berlangsung 10-14 Juni 2015. Vaksiandra Nuryadin selaku Ketua Dewan Juri ICA 2015, mengatakan ada sekitar 1200 responden yang terlibat dalam penilaian. Untuk masuk dalam nominasi ICA, produk tersebut terlebih dahulu masuk dalam tahap seleksi panitia.Seleksi dilakukan dengan melakukan tes kualitas dan performa. Produk yang memiliki nilai di atas 7.5, berhak masuk dalam nominasi yang kemudian disebar kepada responden. Hasil ini merupakan bukti bahwa tablet besutan Evercoss diapresiasi pasar dengan cukup baik. Salah satu keunggulan Tab V dari Evercoss adalah memiliki fitur multi account. Dengan fitur tersebut penggunanya dapat memfilter beberapa aplikasi di dalamnya tanpa bisa diketahui orang lain.

  • 81

    Axis Tawarkan Program Iritology

    AMD Perkuat Jajaran All-in-one Thin-client Samsung

    BlackBerry Akan Luncurkan Smartphone Android?

    Layanan Serba Irit di Ramadan

    Untuk menyambut bulan penuh berkah tahun ini, Axis menerapkan konsep iritology alias serba irit. Konsep Iritology yang dimaksud terdiri dari Ngobrol Irit, Ngenet Irit, Awet Irit. Masing-masing dari layanan ini menawarkan manfaat untuk kebutuhan yang berbeda-beda, yaitu Ngobrol Irit dengan manfaat berupa Rp 0 (jam 00-17) menelepon dan kirim SMS untuk 20 menit dan 20 SMS pertama, selanjutnya Rp 59, Ngenet Irit Rp 0 (jam 00-17) internetan 10 MB pertama setiap hari, selanjutnya 0,5/Kb, dan Awet Irit dengan masa aktif lebih panjang.

    Selain ketiga layanan ini, Axis juga memiliki Paket Curhat gratis 100 menit menelepon dan 1000 SMS setiap hari yang dimulai dari Rp 1.500, serta Paket Bronet (browsing dan internet), yaitu paket dengan layanan menelpon plus SMS dan kuota data, mulai dari Bronet 1 hari/Rp 1500 hingga Bronet 60 hari/Rp 47.900. Jadi, apapun yang akan dibutuhkan, menelepon, SMS atau Akses data, pelanggan dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

    AMD mengumumkan bahwa Samsung Electronics telah memilih AMD Embedded G-Series SoC (system on chip) untuk semua jajaran all-in-one cloud monitor terbaru ber teknologi thin-client terintegrasi. Samsung TC222W 21.5 inch dan TC242W 23.6 inch ditenagai oleh AMD Embedded G-Series SoC yang merupakan pasangan komputasi dan kemampuan grafis berkinerja tinggi yang terintegrasi dalam desain rendah daya. Thin-client adalah pasar penting untuk AMD Embedded Solutions dan kami senang bahwa Samsung

    NEWS

    telah memilih bekerjasama dengan kami untuk jajaran produk baru mereka, kata Scott Aylor, Vice President dan General Manager, Embedded Solutions, AMD melalui keterangan resminya. Kolaborasi dengan Samsung membangun posisi nomor satu AMD di pasar yang terus menerus berkembang, menjadi lebih populer dalam instalasi komersial yang melayani berbagai pasar secara luas, tambahnya. Direncanakan produk tersebut akan tersedia mulai kuartal ketiga 2015.

    Kabar mengenai kehadiran smartphone BlackBerry rasa Android makin berhembus kencang. BalckBerry dikabarkan sudah memilih kode nama untuk smartphone berbasis sistem operasi (OS) Android tersebut. Smartphone itu memiliki kode nama BlackBerry Prague. Beredar laporan bahwa perusahaan asal Kanada itu akan memperkenalkan smartphone Android pada Agustus 2015. Smartphone ini diinformasikan tidak akan menjadi perangkat high-end, tapi perangkat low-end dengan desain mirip BlackBerry Z3.

    Sebelumnya, BlackBerry dikabarkan menyiapkan smartphone Android dengan kode nama Venice. Meskipun berbagai laporan telah beredar, sampai saat ini tidak ada satupun yang mendapat konfirmasi dari BlackBerry. Bahkan beberapa waktu lalu, BlackBerry dengan tegas menyatakan komitmennya dengan OS miliknya, BlackBerry 10. Kami tidak mengomentari rumor dan spekulasi. Kami akan tetap berkomitmen pada OS BlackBerry 10 yang menjamin keamanan dan produktivitas, demikian pernyataan BlackBerry beberapa saat lalu.

  • 82

    Aplikasi layanan antar-jemput ini menyediakan fasilitas helm, masker, dan penutup rambut.

    Sama dengan Go-Jek, namun GrabBike ditambah dengan fasilitas jas hujan.

    PERANG OJEKTembus Macet Dengan Ojek Digital

    VERSUS

    Go-Jek GrabBike

    Terjebak macet! Itulah salah satu momok yang cukup `menakutkan` bagi sebagian besar warga Jakarta dan berbagai kota besar lainnya pada saat akan menjalani rutinitas sehari-hari. Seperti penyakit kronis yang belum ditemukan

    obatnya, kondisi ini selalu terjadi setiap hari tanpa mengenal waktu, dari pagi hingga malam. Kesemerawutan kondisi lalu lintas ini sendiri lahir dari tidak sebandingnya jumlah kendaraan dengan rasio jalan yang tersedia, serta diperparah

    lagi dengan moda transportasi massal yang tidak layak.

    Maka dari itu tidaklah mengherankan jika di tengah kondisi lalu lintas yang amburadul tersebut, kehadiran jasa transportasi ojek dipercaya bisa diandalkan dalam menerobos setiap titik kemacetan guna sampai di tempat tujuan

    lebih cepat. Seiring kian majunya teknologi, layanan antar-jemput tersebut kini sudah bisa dipesan secara online dengan memanfaatkan aplikasi mobile. Setidaknya, ada dua aplikasi pemesanan ojek yang cukup menyedot perhatian

    masyarakat belakang ini, yakni Go-Jek dan GrabBike. Lantas apa saja kelebihan yang dibawa dari kedua aplikasi tersebut? Berikut kami uraikan untuk Anda!

    Selain menyediakan layanan antar-jemput, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan fitur

    kurir, belanja, dan pesan makanan.

    Kadang sulit menemukan posisi atau lokasi yang tepat, sehingga akan

    berdampak pada tarif yang dikenakan.

    Setelah memesan, Go-Jek akan mencari armada terdekat dari lokasi Anda berada,

    dan akan segera menghubungi begitu dapat pengemudi ojek.

    Hingga saat ini, Go-Jek sudah melayani beberapa kota besar, seperti JABODETABEK, Bandung, Surabaya, dan Bali.

    Untuk penghasilkan, diterapkan sistem bagi hasil, dimana pengemudi ojek

    mendapat 80 persen dan 20 persen untuk Go-Jek.

    Fasilitas

    Fitur

    Pemetaan

    Pemesanan

    Jangkauan

    Penghasilan

    Sedangkan GrabBike sendiri, selain antar-jemput juga tersedia fitur Share Me Ride yang memungkinkan orang lain dapat melihat perjalanan Anda.

    Lokasi keberadaan Anda dapat ditampilkan secara akurat, mengingat aplikasi ini masih berada di dalam naungan aplikasi GrabTaxi.

    Bila sampai tiga kali GrabBike gagal mencarikan armada ojek, maka aplikasi ini akan mengirimkan surat elektronik ke Anda yang berisi permintaan maaf.

    Sedangkan GrabBike sendiri baru melayani pesanan ojek di area Jakarta.

    Sama seperti Go-Jek, GrabBike juga mengadopsi bagi hasil. Hanya saja persentasenya berbeda, dimana pengemudi mendapat bagian 90 persen dan GrabBike mengantongi 10 persen.

    8282

  • 83

    APPS OF THE MONTHKami kembali menyuguhkan 10 aplikasi terbaik versi majalah MOS yang patut Anda coba di smartphone kesayangan Anda. Tentunya, masing-masing dari aplikasi ini memiliki kelebihan dan keunikan yang dapat ditonjolkan dalam efektivitas penggunaannya.Maka dari itu, jangan sampai Anda lewatkan untuk mengunduh kesepuluh aplikasi terbaik di edisi kali ini. Simak ulasannya berikut ini. (ir)

    Snap Me Up

    Aplikasi ini didesain khusus bagi orang-orang yang memiliki kesulitan bangun tidur. Oleh karena itu, Snap Me Up didesain untuk orang-orang yang malas bangun. Untuk mematikan alarm yang berbunyi, pengguna harus bangun dan melakukan selfie.

    Selfie yang dilakukan pun harus sesuai dengan metode yang diminta agar alarm aplikasi ini dapat mati. Anda harus membuka mata dengan lebar dan menyesuaikan muka Anda di frame selfie yang tersedia pada aplikasi ini agar terdeteksi.

    Mekanisme aplikasi ini hampir sama dengan cara kerja alarm default yang ada di smartphone pada umumnya. Anda bisa mengatur alarm reguler dan bahkan timer untuk mengatur waktu tidur Anda. Untuk fitur kamera selfie, terdapat deteksi built-in face yang mencegah Anda untuk mengambil selfie secara sembarangan. Anda juga bisa mengatur selfie dari kamera depan atau belakang.

    inovasi terbaru yang dihadirkan dengan rekognisi facial texture untuk mematikan alarm.

    Banyaknya varian artist dan lagu yang tersedia, mulai dari mainstream sampai sidestream (indie), adanya mode offline.

    Terkadang, alarm tidak mati meskipun facial recognition sudah pas dipindai.

    Antarmuka terlalu didominasi warna ungu, sebaiknya disertai pilihan tema.

    +

    +

    -

    -

    Developer: Dehun OS: Android Price: Free

    MixRadio

    MixRadio merupakan aplikasi layanan streaming musik yang baru saja menginjakkan kakinya di Indonesia. Kali ini, aplikasi yang juga bekerjasama dengan LINE tersebut menghadirkan katalog musik berisi lebih dari 35 juta lagu, yang disesuaikan dengan selera pengguna. Karena MixRadio baru masuk ke Indonesia, aplikasi ini telah mempersiapkan set

    playlist MixRadio yang sarat dengan konten musik Indonesia.

    Lewat aplikasi MixRadio, Anda tidak dapat menentukan secara spesifik lagu apa yang ingin diputar. Namun, Anda hanya bisa mendengarkan lagu secara acak layaknya mendengarkan radio (tentunya tidak ada jeda iklan). Bagi Anda penikmat layanan streaming music yang takut data internetnya tersedot, jangan khawatir, karena aplikasi ini dapat Anda gunakan dalam mode offline secara gratis.

    Developer: MixRadio Limited OS: Android | iOS Price: Free

  • 84

    Google Cardboard

    Spark

    Tak lama setelah pagelaran Google I/O 2015 berlangsung, Google Cardboard pun langsung jadi incaran para penggila gadget virtual reality. Aplikasi ini merupakan aplikasi pendukung yang memperlihatkan tampilan video virtual reality lewat

    beberapa video YouTube interaktif dengan pengalaman layaknya sedang berada di dalam bioskop, melihat sekeliling wilayah kota Paris lewat opsi street view, tur ke dalam istana Versailles, mengamati benda prasejarah secara 3D, dan masih banyak lagi beberapa hiburan interaktif virtual reality lainnya.

    Spark adalah aplikasi email pintar yang didesain khusus untuk iOS dengan mengusung konsep komunikasi email yang sarat dengan flekisibilitas dan intelijen. Developer aplikasi ini pun mengembangkan Spark dalam waktu 18 bulan hanya untuk mengedepankan tiga

    nilai yang harus `diadopsi` oleh aplikasi ini yakni integrasi, personalisasi, dan heuristik. Dengan menggabungkan fitur-fitur pintar dan juga desain yang begitu unik, Spark tampil sebagai aplikasi email yang terintegrasi dan selalu cepat tanggap dalam menerima email yang masuk. Dengan demikian, Anda tidak akan mengalami delay dalam penerimaan email.

    Fitur penerimaan dan pengiriman email yang begitu responsif, desain elegan.

    Tampilan virtual reality yang minimalis namun realistis

    Tidak tersedia untuk Android.

    Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus punya perangkat Google Cardboard terlebih dahulu

    +

    -

    +

    -

    Developer: Google Inc

    Developer: Readdle

    OS: Android | iOS

    OS: iOS

    Price: Free

    Price: Free

    TO{ TEN MOS

  • 85

    TOP TEN MOS

    Shoot now, focus later. Begitulah slogan yang diusung oleh Lumia. Ya, lewat aplikasi Refocus-nya ini, Anda tidak perlu repot-repot mengatur fokus ketika sedang membidik momen yang ingin dipotret. Aplikasi ini kompatibel dengan semua smartphone Lumia yang berjalan di sistem operasi

    Windows Phone 8. Mekanisme aplikasi ini pun terbilang begitu mudah. Nantinya, hasil jepretan foto Anda akan masuk ke dapur editing. Anda dapat mengatur range focus dan juga kadar blur background/foreground secara manual.

    Lumia Refocus

    Bundle

    SubscriptMe

    Bundle dirancang untuk dapat mengatur dan bahkan membagikan koleksi foto pribadi pengguna lewat sebuah galeri khusus yang hanya bisa diakses oleh orang-orang yang Anda pilih. Tenang saja, foto-foto yang Anda bagikan akan tersimpan di Cloud. Nantinya Anda akan diberikan pilihan, apakah mau menyimpan foto tersebut di Google Drive atau Drop Box. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang gemar berbagi foto dalam jumlah besar bersama keluarga dan juga teman.

    SubscriptMe merupakan aplikasi one-stop shop solusi yang secara otomatis dapat melakukan scan untuk layanan berbayar tanpa melakukan input informasi kartu kredit Anda. Aplikasi ini akan mengatur reminder tanggal tagihan Anda untuk subscriptions berikutnya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda untuk melihat sejauh mana proses spending yang telah Anda habiskan per bulannya.

    Fitur pengaturan fokus manual yang begitu praktis dan tidak bikin repot.

    Hanya tersedia di Windows Phone.

    +

    -

    Fitur sharing dan penyimpanan di Cloud yang dipastikan akan menjaga keamanan dan privasi.

    Antarmuka terlalu sederhana.

    +

    -

    Developer: Microsoft Mobile

    Developer: Bundle

    Developer: SubscriptMe, Llc

    OS: Windows Phone

    OS: Android

    OS: iOS

    Price: Free

    Price: Free

    Price: Free

    Terdapat deal dan penawaran ekslusif.

    Hanya tersedia di iOS.

    +

    -

  • 86

    Hasil foto terlihat begitu tematik dan unik

    Tidak bisa meng-edit foto dari Galeri

    +-

    Lenka

    Hola Launcher

    Mistaken Photo

    Bagi Anda pecinta fotografi Noir atau BW (black and white), Lenka merupakan aplikasi yang pas untuk Anda. Lenka secara khusus menghasilkan gambar hitam putih yang dibuat oleh Kevin Abosch, seorang fotografer terkenal dari Prancis. Aplikasi ini cocok bagi profesional maupun amatir yang ingin menghasilkan foto hitam putih menawan.

    Lenka dilengkapi dengan fitur auto focus. Cara mengaktifkannya pun sangat mudah yaitu dengan cara menekan tombol AF saat akan mengambil gambar. Selain itu Anda juga dapat mengatur kontras dengan mudah dan praktis.Fitur menarik lainnya adalah pengambilan foto ada dua opsi yang dapat digunakan dengan menekan tombol kuning besar dan juga volume up. Selain itu Anda juga bisa mengedit hasil foto yang telah dibuat, share ke Twitter, Facebook, BBM dan lainnya serta posting langsung ke Instagram.

    Hola Launcher adalah aplikasi launcher yang terbilang sangat dinamis di antara semua aplikasi launcher lain yang hadir di ranah Android. Bahkan, aplikasi ini hanya memakan 1MB ketika Anda sedang melakukan instalasi di smartphone. Ribuan tema, wallpaper, dan font yang tersedia pun bervariasi dan sangat unik. Launcher ini memiliki beberapa fitur, mulai dari Hola Box, Weather, Hola Customization, dan masih banyak lagi.

    Mistaken Photo merupakan aplikasi unik yang patut Anda coba. Bisa dibilang mirip dengan aplikasi Snapchat, namun menggunakan fitur foto dan hanya sekali dikirim saja. Mistaken Photo memungkinkan pengguna untuk mengambil foto secara random, lalu submit foto tersebut. Nantinya, foto yang Anda submit akan dilihat oleh orang secara acak. Sebagai gantinya, Anda akan mendapatkan foto secara acak dari orang lain, namun hanya memiliki waktu sekali saja untuk melihatnya.

    Banyaknya pilihan tema, wallpaper serta font yang begitu menarik dan artsy.

    Aplikasi ini cocok untuk mengulur waktu.Untuk mengunduh tema, harus ke Google Play terlebih dahulu. Hanya bisa sekali melihat foto yang diterima.

    ++

    --

    Developer: Abosch

    Developer: Holaverse Developer: Mike Mintz

    OS: Android | iOS

    OS: Android OS: Android

    Price: Free

    Price: Free Price: Free

    TOP TEN MOS

  • 87

  • 88